Jadwal Pelajaran Kelas 1,2,4 dan 5 SD | Kurikulum Merdeka

Contoh Jadwal Pelajaran Kelas 1,2,4 dan 5 SD Kurikulum Merdeka : Memasuki Tahun Pelajaran baru, kegiatan yang dilakukan guru adalah menyusun jadwal pelajaran. Terlebih dengan implemtasi kurikulum merdeka membuat banyak guru kesulitan dalam membuatnya. Hal ini membuat sekolah dan guru harus mempersiapkan jadwal pelajaran yang sesuai dengan struktur kurikulum.

Pada Tahun Pelajaran 2023/2024 ini rata-rata sekolah di Indonesia telah menerapkan Kurikulum Merdeka di kelas 1, 2, 4 dan 5, sedangkan untuk kelas 3 dan 6 masih menerapkan kurikulum 2013. Hal ini membutuhkan guru memiliki kemampuan menyusun jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka, diantaranya guru harus Memahami Struktur Kurikulum pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah yang dibagi menjadi 2 (dua) kegiatan utama, yaitu: 1) pembelajaran intrakurikuler; dan, 2) projek penguatan profil pelajar Pancasila. Kegiatan pembelajaran intrakurikuler untuk setiap mata pelajaran mengacu pada capaian pembelajaran. Kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila ditujukan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. Berikut Langkah langkah menyusun jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka SD kelas 1, 2, 4 dan 5.

Langkah Menyusun Jadwal Pelajaran Kelas 1, 2, 4 dan 5 Kurikulum Merdeka

Dalam menyusun jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka SD, guru perlu memperhatikan beberapa hal yang bekaitan dengan pembuatan jadwal tersebut yaitu :

  1. Identifikasi struktur kurikulum berdasarkan Lampiran 1 Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 262/M/2022
  2. Lakukan analisis alokasi jam pelajaran Intrakurikuler per Minggu disetiap mata pelajaran dan alokasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
  3. Analisis Kalender Pendidikan di tahun pelajaran yang sedang berjalan
  4. Tentukan alokasi waktu efektif / yang tersedia dalam satu semester ganjil dan genap
  5. Menganalisis jumlah jam projek per minggu dengan cara membagi jumlah jam per tahun.
  6. Perhatikan keberadaan guru Mata Pelajaran agar jadwal tidak salit bertabrakan di Setiap kelas.
  7. Sepakati bersama guru untuk penjadwalan proyek, dimana 3 bentuk pengaturan waktunya. Bisa mengambil waktu sehari dalam seminggu. Bisa disebar dalam beberapa hari dan bisa juga dengan kurun waktu 2 - 4 minggu
  8. Jangan lupa bahwa satuan Pendidikan dapat menambahkan muatan lokal yang ditetapkan oleh pemerintah daerah sesuai dengan karakteristik daerah. Satuan pendidikan dapat menambahkan muatan tambahan sesuai karakteristik satuan pendidikan secara fleksibel

Menyusun Jadwal P5 untuk Kelas 1,2,4 dan 5 SD | Kurikulum Merdeka

Dalam menyusun Jadwal P5 untuk Kelas 1,2,4 dan 5 SD | Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut. Setelah mengidentifikasi total alokasi jam projek profil, langkah berikutnya adalah menentukan pembagian durasi projek profil sejumlah tema yang dipilih di kelas tersebut. Durasi setiap tema projek profil dapat dirancang berbeda-beda tergantung tujuan dan kedalaman eksplorasi tema tersebut.

Pilihan Waktu Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila disesuaikan dengan kesiapan satuan Pendidikan. Satuan Pendidikan dapt memilih dari 3 alternatif diantaranya :

  1. Menentukan satu hari dalam seminggu untuk pelaksanaan projek profil (misalnya hari Jumat). Seluruh jam belajar pada hari itu digunakan untuk projek profil
  2.  Mengalokasikan 1-2 jam pelajaran di akhir hari, khusus untuk mengerjakan projek profil. Bisa digunakan untuk eksplorasi di sekitar satuan pendidikan sebelum peserta didik pulang.
  3. Mengumpulkan dan memadatkan pelaksanaan tema dalam satu periode waktu (misalnya 2 minggu atau 1 bulan - tergantung jumlah jam tatap muka yang dialokasikan pada setiap projek profil), di mana semua Tenaga Pendidik berkolaborasi mengajar projek profil setiap hari selama durasi waktu yang ditentukan.

Contoh Jadwal Pelajaran Kelas 1,2,4 dan 5 SD Kurikulum Merdeka

Untuk memudahkan bapak dan ibu guru, berikut contoh jadwal pelajaran kelas 1, 2, 4 dan 5 Kurikulum Merdeka dan jadwal pelajaran kelas 3 dan 6 untuk Kurikulum 2023. Selanjutnya sekolah atau guru dapat menyesuaikan dengan kondisi di satuan pendidikan masing-masing.

Jadwal Pelajaran Kurikulum Merdeka

Demikianlah contoh jadwal pelajaran kelas 1, 2, 4 dan 5 Kurikulum Merdeka untuk jenjang pendidikan SD. Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan guru hingga kebutuhan sekolah. Sebagai bahan referensi jadwal pelajaran kelas 1, 2, 4 dan 5 Kurikulum Merdeka dapat diunduh di bawah ini.

Contoh Jadwal Pelajaran Kelas 1 Kurikulum Merdeka SD
Contoh Jadwal Pelajaran Kelas 2 Kurikulum Merdeka SD UNDUH DISINI
Contoh Jadwal Pelajaran Kelas 4 Kurikulum Merdeka SD UNDUH DISINI
Contoh Jadwal Pelajaran Kelas 5 Kurikulum Merdeka SD UNDUH DISINI
Contoh Jadwal Pelajaran Kelas 3 Kurikulum 2013 SD UNDUH DISINI
Contoh Jadwal Pelajaran Kelas 6 Kurikulum 2013 SD UNDUH DISINI


Baca : Struktur Kurikulum Merdeka SD | Excel

0 comments:

Posting Komentar