Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran.
Capaian Pembelajaran (CP) merupakan tujuan akhir di setiap fase pembelajaran siswa. Capaian pembelajaran (CP) adalah kompetensi minimum yang harus dicapai peserta didik untuk setiap mata pelajaran. CP dirancang dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi
Tujuan Pendidikan Indonesia adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, Pemerintah menetapkan Kerangka Dasar Kurikulum yang terdiri dari Struktur Kurikulum, Capaian Pembelajaran, dan Prinsip Pembelajaran dan Asesmen.
Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran. Bagi peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual dapat menggunakan CP pendidikan khusus. Peserta didik berkebutuhan khusus tanpa hambatan intelektual menggunakan CP reguler dengan menerapkan prinsip modifikasi kurikulum.
Setiap CP suatu mata pelajaran memiliki beberapa elemen atau kelompok kompetensi esensial yang berlaku sama untuk semua fase pada mata pelajaran tersebut. Masing-masing elemen tersebut memiliki capaian per fasenya sendiri yang saling menunjang untuk mencapai pemahaman yang dituju. Elemen sebuah mata pelajaran mungkin saja sama atau berbeda dengan mata pelajaran lainnya. Contoh: Dalam CP Matematika terdapat elemen Bilangan, Aljabar, Pengukuran, Geometri, dan Analisis Data dan Peluang
Jika pembelajaran ibarat sebuah perjalanan, diperlukan
beberapa kompetensi esensial agar tepat waktu dan selamat mencapai tujuan.
Contohnya, jika ingin melakukan perjalanan dengan cara mengemudikan mobil, ada
beberapa elemen yang perlu dipelajari seperti mengenali bagian dan cara kerja
mobil, mengemudi, keselamatan mengemudi, navigasi dan pengendalian emosi.
Masing-masing elemen memiliki capaiannya sendiri yang saling menunjang agar seseorang
dapat memenuhi CP mengemudikan mobil.
Tentu saja jika perjalanan ditempuh dengan
menggunakan kendaraan umum, berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau berlayar,
elemen Capaian Pembelajarannya sangat mungkin berbeda dengan mengemudikan
mobil. Mungkin elemennya lebih sedikit/banyak, mungkin mirip atau sama.
Sebelum
menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Bapak ibu guru sebaiknya melakukan analisis
Capaian Pembelajaran (CP) yang memuat materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Langkah Analisis Capaian Pembelajaran sebagai berikut :
- Pilihlah Capaian Pembelajaran pada setiap elemen
- Tentukan daftar konten/topik materi yang terkandung dalam kalimat CP tadi
- Tentukan pula daftar kompetensi/keterampilan/kemampuan yang perlu dicapai siswa pada akhir fase, merujuk kalimat CP tadi
- Jangan lupa perhatikan secara khusus kata/frasa (bila ada, di luar konten dan kompetensi)
- Rumuskan kalimat tujuan pembelajaran dari hasil analisa tersebut
Berikut
contoh Analisis Capaian Pembelajaran Fase A Mata Pelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan Kompetensi dan ruang
lingkup materi DOWNLOADDI SINI
Selanjutnya
dari analisis Capaian Pembelajaran berdasarkan konten dan materi Bapak Ibu Guru
dapat menyusun Tujuan Pembelajaran, Mengurutkan menjadi Alur Tujuan
Pembelajaran, memilah berdasarkan kelas dan menentukan alokasi waktu.
0 comments:
Posting Komentar