Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase. Untuk Mata Pelajaran Matematika, capaian yang ditargetkan dimulai sejak Fase A dan berakhir di Fase F.
Apa Capaian Pembelajaran?
CP menjadi acuan untuk pembelajaran intrakurikuler. Sementara itu, kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila tidak perlu merujuk pada CP, karena lebih diutamakan untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang utamanya untuk mengembangkan dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila yang diatur dalam Keputusan Kepala BSKAP tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, CP digunakan untuk intrakurikuler, sementara dimensi profil pelajar Pancasila untuk Projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Sebagai acuan untuk pembelajaran intrakurikuler, CP dirancang dan ditetapkan dengan berpijak pada Standar Nasional Pendidikan terutama Standar Isi. Oleh karena itu, pendidik yang merancang pembelajaran dan asesmen Mata Pelajaran Matematika tidak perlu lagi merujuk pada dokumen Standar Isi, cukup mengacu pada CP. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran. Bagi peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual dapat menggunakan CP pendidikan khusus. Peserta didik berkebutuhan khusus tanpa hambatan intelektual menggunakan CP reguler ini dengan menerapkan prinsip modifikasi kurikulum dan pembelajaran.
Pemerintah menetapkan Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi yang ditargetkan. Namun demikian, sebagai kebijakan tentang target pembelajaran yang perlu dicapai setiap peserta didik, CP tidak cukup konkret untuk memandu kegiatan pembelajaran sehari-hari. Oleh karena itu pengembang kurikulum operasional ataupun pendidik perlu menyusun dokumen yang lebih operasional yang dapat memandu proses pembelajaran intrakurikuler, yang dikenal dengan istilah alur tujuan pembelajaran. Pengembangan alur tujuan pembelajaran dijelaskan lebih terperinci dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen.
Memahami CP adalah langkah pertama dalam perencanaan pembelajaran dan asesmen (Baca buku Panduan Pembelajaran danAsesmen). Untuk dapat merancang pembelajaran dan asesmen Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan baik, Analisis CP Matematika SD perlu dipahami secara utuh, termasuk rasional mata pelajaran, tujuan, serta karakteristik dari Mata Pelajaran Matematika. Dokumen ini dirancang untuk membantu pendidik pengampu Mata Pelajaran Matematika memahami CP mata pelajaran ini. Untuk itu, dokumen ini dilengkapi dengan beberapa penjelasan dan panduan untuk berpikir reflektif setelah membaca setiap bagian dari CP Mata Pelajaran Matematika.
Langkah Analisis CP Matematika SD
- Pahami pengertian CP secara umum
- Baca Keputusan Badan StandarKurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristej Nomor : 033/H/KR/2022 tentangPerubahan CP (1882 hal)
- Cermati CP pada setiap mata pelajaran di Fase yang di ampu
- Perhatikan bahwa Setiap CP mata pelajaran terdapat 1) CP secara umum, Elemen dan CP masing-masing elemen
- Lakukan Analisis CP Matematika SD tiap elemen (Apa Kontennya dan apa Ruang Lingkup Materinya)
Capaian Pembelajaran disampaikan dalam dua bentuk, yaitu (1) rangkuman keseluruhan elemen dalam setiap fase dan (2) capaian untuk setiap elemen pada setiap fase yang lebih terperinci. Saat membaca CP, gunakan beberapa pertanyaan berikut untuk memahami CP:
- Kompetensi apa saja yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase? Bagaimana kompetensi tersebut dapat dicapai?
- Adakah ide-ide pembelajaran dan asesmen yang dapat dilakukan untuk mencapai dan memantau ketercapaian kompetensi tersebut?
Berikut contoh Analisis CP Matematika SD lengkap format Word :
2. Contoh Analisis CP Matematika SD Fase B (Unduh DISINI)
3. Contoh Analisis CP Matematika SD Fase C (Unduh DISINI)
4. CP Matematika lengkap (Unduh DISINI)
0 comments:
Posting Komentar