DAFTAR ISI
COVER.................................................................................................................... i
KATA
PENGANTAR............................................................................................ ii
DAFTAR
ISI.......................................................................................................... iii
BAB
I PENDAHULUAN...................................................................................... 1
A. Latar
belakang................................................................................................
B. Tujuan.............................................................................................................
C. Hasil
kegiatan yang diharapkan ....................................................................
BAB
II RENCANA KEGIATAN OJL.................................................................. 3
A. Pengkajian
Dokumen KTSP...........................................................................
B. Merevisi
Dokomen KTSP..............................................................................
C. Pengkajian
Dokumen RPP.............................................................................
D. Merevisi
Dokomen RPP.................................................................................
BAB
III PELAKSANAAN KEGIATAN OJL...................................................... 6
A. Kegiatan
Pengkajian Dokumen KTSP...........................................................
B. Kegiatan
Merevisi Dokomen KTSP...............................................................
C. Kegiatan
Pengkajian Dokumen RPP..............................................................
D. Kegiatan
Merevisi Dokomen RPP.................................................................
BAB
IV KENDALA DAN SOLUSI PEMECAHAN.......................................... 9
A. Kendala
Penyempurnaan Dokumen KTSP....................................................
B. Kendala
Penyempurnaan Dokumen RPP.......................................................
C. Solusi
Pemecahan kegiatan penyempurnaan KTSP.......................................
D. Solusi
Pemecahan kegiatan penyempurnaan RPP................................
BAB
V PENUTUP................................................................................................ 12
A. Simpulan.........................................................................................................
B. Saran...............................................................................................................
LAMPIRAN.......................................................................................................... 15
1.
Foto Kegiatan.................................................................................................
2.
Hasil pengisian
Format-format LK dalam OJL…................................
3.
Dokumen yang menjadi
tagihan BPU .................................................
PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang
Pengelolaan
kurikulum akan dilakukan melalui serangkaian kegiatan mengkaji komponen dokumen
KTSP dan Rencana Pelaksanaan Pembe-lajaran (RPP).
Kemampuan
pengelolaan kurikulum ini pentng
agar kepala sekolah mampu merencanakan,
melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum
secara efektf, sehingga
dapat dijadikan panduan bagi guru dalam menerapkan kurikulum untuk menciptakan proses pembelajaran yang
mendidik, beragam, dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan prestasi
peserta didik. Dengan demikian, visi dan misi sekolah/madrasah dapat dipahami
serta diwujudkan ke dalam sikap, perilaku, kebiasaan, kinerja, dan profl
lulusan sekolah/madrasah yang mengacu
pada tuntutan masyarakat Indonesia
Baru: Cerdas dan Kompettf.
BPU
pengelolaan kurikulum meliput dua topik utama, yaitu: dokumen KTSP dan RPP yang
mengacu pada standar yang berlaku. Setiap
topik terbagi menjadi sub-sub topik yang masing-masing meliput pengenalan komponen dokumen, pengkajian dokumen, dan
revisi dokumen. Selanjutnya, pencapaian setap subtopik dilakukan melalui
kegiatan-kegiatan yang sesuai.
Kegiatan-kegiatan
ini dilakukan dalam tiga tahap, meliput : In-service
Learning 1 (In-1), On
the Job Learning
(On), dan In-service Learning
2 (In-2). Pada tahap In-1, Kepala
sekolah akan melakukan kegiatan berpikir refektf, diskusi, identfkasi, curah
pendapat (brainstorming), studi
kasus, bermain peran, simulasi, dan lain-lain. Pada tahap On di
sekolah/madrasah tempat Kepala Sekolah bertugas, kepala sekolah akan melakukan
praktik mengkaji dan merevisi dokumen
KTSP dan RPP berdasarkan
kurikulum yang berlaku. Pada tahap In-2, kepala sekolah memaparkan laporan
hasil kajian dan revisi terhadap dokumen KTSP dan RPP selama kegiatan On.
Pada kegiatan ON di SDN ...................... dilakukan
dengan berpedoman pada RTL yang telah kami buat pad kegiatan In 1. Kegiatan On
dimulai dengan mengumpulkan semua guru kemudian menjelaskan dst...... (dapat dikembangkan lagi oleh kepala
sekolah)
B.
Tujuan
Kegiatan
pembelajaran mengelola pengembangan kurikulum sesuai dengan arah dan Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor
13 Tahun 2007; maka kegiatan ini bertujuan untuk meningkakan kemampuan
kepala sekolah dalam mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran
sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.
C.
Hasil
kegiatan yang diharapkan
Setelah kegiatan on the Job
Learning dalam pengelolaan kurikulum diharapkan kepala sekolah memiliki :
1.
Dokumen KTSP;
2.
menyempurnakan dokumen RPP.
BAB II
RENCANA KEGIATAN OJL
A.
Pengkajian
Dokumen KTSP
Dalam rangka mengkaji dan merevisi dokumen KTSP, bersama
dengan Kepala Sekolah lain dan didampingi pengawas Pembina sebelumnya menetapkan kriteria dokumen KTSP yang baik
berdasarkan panduan penyusunan KTSP sebagaimana yang tercantum dalam
Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014. Untuk menetapkan kriteria tersebut,kita mengggunakan
LK7.
Setelah menetapkan kriteria dokumen KTSP yang baik, selanjutnya
mengkaji dokumen KTSP bersama pihak-pihak yang terlibat antara lain Kepala sekolah,
guru, Komite Sekolah
dst.................. yang selanjutnya disebut dengan Tim pengembang
KTSP. Dalam mengkaji dokumen ini Tim Pengembang menggunakan Instrumen Kajian
Contoh Dokumen KTSP pada (LK-14 ).
Adapun rencana pelaksanaan pengkajian dokumen KTSP secara
rinci seperti pada tabel berikut.
Tabel 1 : Agenda rencana
pelaksanaan pengkajian
No
|
Hari/Tanggal
|
Uraian Kegiatan
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
* Isi
sesuai kegiatan yang sudah dilakukan, usahakan sesuai dengan RTL yang telah
dibuat
Berdasar hasil kajian bersama Tim Pengembang KTSP, dibuatlah
rekomendasi perbaikan dokumen KTSP yang sesuai dengan kriteria yang baik.
Rekomendasi tersebut antara lain :
1
.................
2
.................
3
...........dst
B.
Merevisi
Dokumen KTSP
Berdasarkan rekomendasi perbaikan dokumen KTSP yang sesuai
dengan kriteria yang baik. Tim Pengembang KTSP dengan dibina pengawas selama
....kali, melakukan revisi dokumen KTSP.
Pada komponen-komponen KTSP yang direkomendasikan kemudian dilakukan perbaikan.
Revisi ini dilakukan dengan menulis ulang dokumen KTSP hasil revisi. Hal ini disebabkan karena
dokumen KTSP yang dibuat belum mengacu pada regulasi baru yaitu Permendikbu
Nomor 61 Tahun 2014. Dimana pada tahun Pelajaran 2014/2015 ini SD Negeri
................ masih menggunakan dua kurikulum yaitu .......................
untuk kelas .............. dan ......................... untuk kelas
................
Dst
......................Dokumen KTSP hasil revisi ini adalah dokumen yang akan
menjadi acuan pelaksanaan kurikulum di SD Negeri .................. Kecamatan
..................... Kabupaten JOMBANG
( menguraikan tentang rencana
merevisi dokumen KTSP yang meliputi pokok-pokok yang direvisi sesuai hasil
kajian, pihak-pihak yang dilibatkan dan agenda rencana pelakssanaan merevisi
dokumen KTSP)
C.
Pengkajian
Dokumen RPP
( menguraikan tentang rencana
pengkajian RPP yang meliputi pokok-pokok yang dikaji, guru-guru yang dilibatkan
dan agenda rencana pelakssanaan pengkajian RPP)
D.
Merevisi
Dokomen RPP
( menguraikan tentang rencana merevisi
dokumen RPP yang meliputi pokok-pokok yang direvisi sesuai hasil kajian,
guru-guru yang dilibatkan dan agenda rencana pelakssanaan merevisi dokumen
KTSP)
BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN
OJL
A.
Kegiatan
Pengkajian Dokumen KTSP
( menguraikan tentang pelaksanaan
pengkajian KTSP yang meliputi langkah-langkah pengkajian mulai dari persiapan,
pelaksanaan sesuai rencana yang dibuat)
B.
Kegiatan
Merevisi Dokomen KTSP
( menguraikan tentang pelaksanaan
merevisi KTSP yang meliputi langkah-langkah merevisi mulai dari persiapan,
pelaksanaan sesuai rencana yang dibuat)
C.
Kegiatan
Pengkajian Dokumen RPP
( menguraikan tentang pelaksanaan
pengkajian RPP yang meliputi langkah-langkah pengkajian mulai dari persiapan,
pelaksanaan sesuai rencana yang dibuat)
D.
Kegiatan
Merevisi Dokomen RPP
(menguraikan
tentang pelaksanaan merevisi KTSP yang meliputi langkah-langkah merevisi mulai
dari persiapan, pelaksanaan sesuai rencana yang dibuat)
BAB IV
KENDALA DAN SOLUSI PEMECAHAN
A.
Kendala
Penyempurnaan Dokumen KTSP
(menjelaskan kendala-kendala yang
dihadapi dalam proses penyempurnaan dokumen KTSP dari sisi personal, waktu, dan
sarana prasarana)
B.
Kendala
Penyempurnaan Dokumen RPP
(menjelaskan kendala-kendala yang
dihadapi dalam proses penyempurnaan dokumen RPP dari sisi personal, waktu, dan
sarana prasarana)
C.
Solusi
Pemecahan kegiatan penyempurnaan KTSP
(menjelaskan solusi pemecahannya
untuk mengatasi kendala dalam penyempurnaan dokumen KTSP)
D.
Solusi
Pemecahan kegiatan penyempurnaan RPP
(menjelaskan solusi pemecahannya untuk
mengatasi kendala dalam penyempurnaan dokumen RPP)
BAB V
PENUTUP
A.
Simpulan
(menyimpulkan tentang proses
kegiatan OJl ini merupakan aktivitas
yang mampu membentuk kompetensi KS dalam pengelolaan Kurikulum)
B.
Saran
(menyampaikan saran-saran pemanfaatan
pengalaman penyempurnaan pengelolaan kurikulum bagi lembaga dan lembaga lain,
termasuk strategi diseminasinya ke lembaga lain)
LAMPIRAN
1.
Foto Kegiatan
2.
Hasil pengisian
Format-format LK yang dikerjakan selama OJL
3.
Dokumen yang menjadi
tagihan
a. Dokumen KTSP (dijilid tersendiri)
b. Dokumen hasil revisi RPP
pak kami bisa minta laporan OJL kurikulumnya yang sudah sempurna
BalasHapuspak kami bisa minta laporan OJL kurikulumnya yang sudah sempurna
BalasHapusKalau boleh kami mohon untuk bisa kirim file lengkapnya di email ragilcellbonang@gmail.com
BalasHapuskalau boleh kami memohon untuk bisa kirim file sempurnanya. makasih sebelumnya pak
BalasHapus