Media Pembelajaran IPA | SD Kelas 6

MEDIA PEMBELAJARAN IPA

Nama Media                : Model Konduksi Panas
Nama Sekolah             : SD Negeri Karangan
Kelas/semester            : VI/1 
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi  : 5.  Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda.
Kompetensi Dasar     : 5.1. Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda.
Indikator                    : 1. Membuktikan perpindahan panas melalui benda logam
Rumusan Masalah    : Bagaimanakah proses terjadinya koduksi panas?

Model Alat Konduksi Panas

Berikut ini akan disampaikan hal-hal penting yang berkaitan dengan media untuk model Alat konduksi panas. Hal-hal tersebut meliputi cara pembuatan media, petunjuk cara penyampaian atau penggunaan media model Alat Konduksi, panduan diskusi dengan siswa berkaitan dengan penggunaan media dan konsep-konsep sains yang ingin ditanamkan kepada siswa berkaitan dengan penggunaan media.

Alat dan Bahan

Alat penjepit, Pipa baja bulat, Bola lilin, Sumber panas (lilin)

Cara Penyampaian/Penggunaan Media

1.      Mintalah siswa untuk merangkai alat tersebut seperti pada gambar. Kemudian menyalakan lilin dan meletakkannya pada ujung pipa baja/logam.
2.  Mintalah kepada siswa mengamati bulatan-bulatan plastisin selama ujung baja dipanasi. 
3.  Adapun hasil yang diharapkan adalah sebagai berikut.
  1. Plastisin berjatuhan secara bergantian dari plastisin di ujung dekat nyala api sampai plastisin yang dekat penyangga.

Diskusi

Konsep-konsep penting yang berkaitan dengan sifat hantaran panas melalui diskusi dengan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:

1.  Apa yang menyebabkan plastisin pada batang baja jatuh?
2. Plastisin mana yang jatuh lebih dulu? Plastisin yang terdapat pada ujung batang baja dekat nyala api.  Selanjutnya plastisin mana yang jatuh? Plastisin yang berada dekat plastisin yang telah jatuh atau plastisin  yang berada semakin jauh dari nyala api
3. Berdasarkan urutan jatuhnya plastisin, energi apa yang mengalami perpindahan pada batang baja tersebut? Energi panas.
4. Informasikan bahwa energi panas yang seperti percobaan tersebut adalah peristiwa konduksi.

Konsep-konsep yang Ditanamkan

1.      Energi panas
2.      Hantaran panas atau konduksi.


Kepala SDN Karangan


.....................................
               NIP. .................................                  
      Karangan, ..... Oktober 2012
Guru Kelas VI


..................................
NIP. ...............................

0 comments:

Posting Komentar