Lomba Budaya Mutu | Manajemen Berbasis Sekolah


LOGO 

LAPORAN KINERJA SEKOLAH DASAR
Lomba Budaya Mutu
ManajemenBerbasis Sekolah (MBS)

Disusun dalam rangka lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar
Tingkat Kabupaten Bojonegoro

Oleh :
Kabupaten
:
Bojonegoro
Kecamatan
:
Baureno
SD
:
SD Negeri Kadungrejo I
Alamat SD
:
Dusun Mandek, RT 16 RW 06
Desa Kadungrejo





SEKOLAH DASAR NEGERI KADUNGREJO I
KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO
PROVINSI JAWA TIMUR

2021



IDENTITAS SEKOLAH


1.      Nama Sekolah                                    :      SDN Kadungrejo 1 Baureno
2.      Kategori Sekolah                               :       SBI/RSBI/SSN/SPM *)
3.      NSS                                                    :      101050506018
4.      NPSN                                                 :      20540615
5.      Status                                                 :      Negeri/Swasta *)
6.      Terakreditasi                                      :      Ya/Tidak *)
7.      AlamatSekolah                                   :      Dsn Mandek
                                                           :      Desa Kadungrejo RT 14 RW 06
                                                           :      Kecamatan Baureno
                                                           :      Kab./Kota Bojonegoro
8.      NamaYayasan (bagi swasta)              :      -
9.      AlamatYayasan                                  :     
10.  Tahun didirikan/operasional               :      1954
11.  Jenjang Akreditasi                             :      -
12.     a. NamaKepalaSekolah                      :      SUKIS,S.Pd.
       b. NIP                                                :      19711006 199506 1 001
       c. Pangkat / Gol Ruang                      :      Pembina / IV a
       c. Nomor Telepon                              :      081330191500        
6. Status Tanah                                         :      Milik Pemda
7. a. Surat Kepemilikan Tanah Sertifikat/Akte        : -
    b. Lunas Tanah                                     :      1400 m2      
8. a. Status Bangunan                               :      Tembok ( Baik )
12.     b. Luas Bangunan                              :      304 m2

  
KATA PENGANTAR


Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT. Berkat curahan rahmat dan kasih sayang-Nya, sehingga Portofolio Sekolah Dasar Negeri Kadungrejo I yang didusun dalam rangka Lomba Budaya Mutu Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) ini dapat diselesaikan dengan baik
Laporan ini berjudul Kinerja Sekolah Dasar Lomba Budaya Mutu Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Tujuan laporan ini adalah 1) memberikan gambaran sekolah dalam Mewujudkan sekolah dasar yang memiliki budaya mutu dalam memberikan layanan prima dan menjadi benchmark (patok duga) bagi sekolah lain di sekitarnya dan acuan bagi pembinaan para pemangku kepentingan, 2) Menyiapkan panduan bagi kepala sekolah, guru dan pegawai sekolah, Memberikan rambu – rambu bagi kepala sekolah, guru dan pegawai sekolah dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat, 3) Memberikan gambaran tentang indikator kinerja yang harus dibangun dalam rangka penyelenggaraan pelayanan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Kadungrejo I.
Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Komite Sekolah, semua guru, Pengawas Sekolah dan Kepala UPTD Pendidikan yang telah membantu selesainya laporan ini.
Kami mohon saran dan kritik yang membangun demi sempurnanya laporan dan pelaksanaan Manejemen Berbasis Sekolah di sekolah kami. Kiranya laporan ini dapat bermanfaat, dan semoga segala bantuan, bimbingan dan dorongan yang diberikan oleh berbagai pihak, mendapat balasan dari Allah SWT, Amin

Bojonegoro, 8 September 2021
Penyusun


SUKIS, S.Pd
NIP. 19711006 199506 1 001



DAFTAR ISI
Halaman
I
PROFIL SEKOLAH


a.    Halaman Judul ……………...………………………………………….......


b.    Lembar Pengesahan………………………………………...………...........


c.    Identitas Sekolah………………...……………………………………........


d.   Kata Pengantar …………………………......………………………….......


e.    Daftar Isi .........………………………......……………………………......


f.     Daftar Lampiran ……………………………..…………………................


g.    Pendahuluan ..…………………………...…………...………...................


h.    Visi dan Misi Sekolah …………………………...…….............................


i.      Sturktur Organisasi Sekolah ..…………………………...........................

II
PROGRAM


a.    Program makro (Renstra) pengembangan budaya mutu di sekolah dalam 4 tahunan ..……………………..……………………..……………………..


b.    Program mikro (Rencana kegiatan tahunan/Rencana operasional sekolah dalam 1 tahunan) ..……………………..……………………..……………


c.    Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) dan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) ..…………..……………………..……………...


d.   Program ..……………………..……………………..…………….............
·      Pembelajaran
·      Kegiatan ekstrakurikuler
·      Manajemen berbasis sekolah
·      Perpustakaan sekolah

III
PELAKSANAAN


a.    Struktur organisasi dan penanggungjawab setiap jenis kegiatan pengembangan budaya mutu: ..……………………..……………..............
·      Pembelajaran
·      kegiatan ekstrakurikuler 
·      manajemen berbasis sekolah
·      perpustakaan sekolah


b.    Pelaksanaan setiap jenis kegiatan pengembangan budaya mutu: ..…………
·      Pembelajaran
·      kegiatan ekstrakurikuler 
·      manajemen berbasis sekolah
·      perpustakaan sekolah


c.    Laporan kegiatan setiap jenis kegiatan pengembangan budaya mutu: ...........
·      Pembelajaran
·      kegiatan ekstrakurikuler 
·      manajemen berbasis sekolah
·      perpustakaan sekolah


d.   Keterlibatan warga sekolah dan pihak lain mendukung kegiatan pengembangan mutu di sekolah ..………………...……………….................

IV
EVALUASI


a.    Hasil Evaluasi Diri Sekolah terhadap kegiatan : ..………………..………...
·      Pembelajaran
·      kegiatan ekstrakurikuler 
·      manajemen berbasis sekolah
·      perpustakaan sekolah


b.    Sekolah memiliki unit dan  prosedur  operasional standar dalam monitoring evaluasi untuk menjamin kualitas pelaksanaan seluruh jenis kegiatan pengembangan budaya mutu ..…………..………………...……………


c.    Sekolah menindaklanjuti hasil monitoring dan evaluasi terhadap seluruh jenis kegiatan pengembangan budaya mutu ..……………......………

V
PRESTASI (3 tahun terakhir)


a.    Akademik ..…………………………...…………...……….......................


b.    Non Akademik ..…………………………...…………...………...............
(Semua jenis prestasi yang dicapai oleh siswa, guru, KS atau sekolah yang relevan dengan pengembangan budaya mutu sekolah)

VI
PENUTUP

VI
LAMPIRAN-LAMPIRAN



DAFTAR LAMPIRAN

A
PEMBELAJARAN

1.    Perangkat Pembelajaran

a.       Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

b.      Bahan Pengayaan

2.    Pelaksanaan Pembelajaran

a.       Komponen Pembelajaran (bukti berupa daftar hadir siswa &guru, foto ruang kelas, jadual pelajaran, foto media pembelajaran yg digunakan, format evaluasi siswa untuk sikap, pengetahuan & keterampilan, daftar nilai, foto sumber bahan ajar)

b.      Program pendampingan (program remedial dan pengayaan) bukti berupa dokumen program remedial & pengayaan

c.       Pelaksanaan pembelajaran (pendahuluan, inti, penutup)

d.      Pembelajaran di dalam dan luar kelas

3.    Penilaian

a.       Dokumen penilaian siswa ( Contoh Rubrik Penilaian,  Contoh Raport (1 kelas)

b.      Dokumen penilaian evaluasi diri guru (bukti berupa daftar hadir guru, foto kegiatan guru/pendampingan siswa, foto KKG)

4.    Foto Pembelajaran di dalam dan luar kelas berbasis aktivitas

5.    Foto Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar

6.    Prestasi akademik (bukti berupa dokumen/foto piagam/sertifikat/piala internasional, nasional, provinsi dan kab/kota max 3 tahun terakhir)
B
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

1.    Program Ekstra kurikuler (memuat program ekskul yang ada di sekolah)
a.       Jenis program kegiatan
b.      Rencana strategi 4 tahunan
c.       Rencana strategi 1 tahunan
d.      Visi, misi ekskul (memuat program ekskul yang ada di sekolah)
e.       Struktur organisasi ekskul (Dokumen struktur dan, SK/Surat Tugas PenanggungJawab Kegiatan)
f.       Pembiayaan

2.    Pelaksanaan
a.       Tenaga Pendidik
b.      Peserta didik
c.       Jadual pelaksanaan
d.      Daftar hadir pembina/instruktur dan siswa
e.       Implementasi kegiatan Ekskul
f.       Keterlibatan warga sekolah dan stake holders
g.      Evaluasi kegiatan ekskul

3.    Sarana-Prasarana (Foto Sarana Prasarana) disesuaikan dengan ekskul yang dilaksanakan di sekolah

4.    Prestasi kegiatan ekskul ( daftar, sertifikat penghargaan/piagam/piala, foto tingkat Internasional, Nasional, Provinsi dan Kab/Kota max 3 tahun terakhir)

5.    Foto kegiatan Ekskul
C
MANAJEMEN BERNASIS SEKOLAH

1.    Perencanaan MBS bukti dokumen berupa: (surat undangan rapat kegiatan sekolah, notulen rapat, daftar hadir rapat, dll)

2.    Pengorganisasian MBS bukti dokumen berupa: (struktur organisasi sekolah, struktur komite sekolah, dll)

3.    Pelaksanaan 7 komponen MBS a.n:
a.       Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran; (bukti berupa dokumen pengembangan kurikulum dan pembelajaran melibatkan komite sekolah termasuk TOGA, TOMAS dan DUDI)
b.      Manajemen Peserta Didik (tata tertib kelas, dll)
c.       Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan (pembagian tugas PTK, dll)
d.      Manajemen Sarana-Prasarana (bukti berupa dokumen pengembangan sarpras tanpa dibantu Bansos)
e.       Manajemen Pembiayaan 
f.       Manajemen Hubungan Sekolah dan(bukti berupa dokumen melibatkan orangtua yang memiliki profesi tertentu sebagai pendamping guru dalam materi tertentu)
g.      Manajemen Budaya dan Lingkungan Sekolah (bukti berupa dokumen pembiasaan/habituasi budaya bersih sehat, dll)

4.    Penerapan Prinsip MBS:
a.       Kemandirian
b.      Keadilan
c.       Keterbukaan
d.      Kemitraan
e.       Partisipatif
f.       Efisiensi
g.      Akuntabilitas

5.    Kepemimpinan Sekolah :
a.       Perilaku Kebiasaan dan Kinerja Kepala sekolah sesuai dengan kompetensi kepribadian 
b.      Perilaku dan Kinerja Kepala sekolah sesuai dengan kompetensi manajerial dalam hal perencanaan
c.       Perilaku dan Kinerja Kepala sekolah sesuai dengan kompetensi  manajerial dalam pengelolaan sistem informasi
d.      Perilaku dan Kinerja Kepala sekolah sesuai dengan kompetensi  kewirausahaan
e.       Perilaku dan Kinerja Kepala sekolah sesuai dengan kompetensi  supervisi

6.    Foto kegiatan terkait MBS
D
PERPUSTAKAAN meliputi :

1.    Pengelolaan Perpustakaan;
a.       Visi dan Misi Perpustakaan
b.      Struktur Organisasi
c.       Program Kerja
d.      Anggaran

2.    Layanan Perpustakaan
a.       Jam Buka Perpustakaan
b.      Jenis Layanan
c.       Jadwal kunjungan masing-masing kelas bukti berupa daftar kunjungan siswa
d.      Promosi/sosialisasi perpustakaan sekolah (bukti berupa pengumuman penggunaan perpustakaan,dll)
e.       Kegiatan perpustakaan terintegrasi dengan pembelajaran( bukti berupa rpp dan tugas siswa, foto)
f.       Laporan kegiatan perpustakaan
g.      Kerjasama perpustakaan sekolah dengan instansi terkait (bukti berupa surat perjanjian kerjasama, hibah)

3.    Koleksi Perpustakaan
a.       Jenis Koleksi meliputi (daftar buku, terbitan berkala, audio visual, multimedia)
b.      Jumlah Koleksi
c.       Koleksi referensi Perpustakaan meliputi (buku teks pelajaran, buku panduan guru, buku pengayaan, kamus/ensiklopedi & sumber belajar lainnya)
d.      Penambahan koleksi (sumber penambahan koleksi;hibah, alumni, masyarakat,dll)
e.       Kegiatan penataan/penyusunan kembali koleksi perpustakaan yang telah selesai baca (bukti berupa foto kegiatan)
f.       Pemeliharaan dan perawatan Perpustakaan

4.    Tenaga Perpustakaan
a.       Jumlah tenaga 
b.      Kualifikasi tenaga perpustakaan
c.       Upaya peningkatan kompetensi /kapasitas petugas perpustakaan Daftar hadir petugas

5.    Sarana-Prasarana Perpustakaan
a.       Luas ruangan Perpustakaan (min 7x8m)
b.      Kelengkapan ruangan perpustakaan (area/sudut baca, area/sudut koleksi, area/sudut kerja)
c.       Sarana Perpustakaan: (kursi dan meja baca pengunjung, kursi dan meja kerja pustakawan, meja sirkulasi, dan meja multimedia, rak buku, rak majalah,katalog,dll)
d.      Untuk point b dan c bukti berupa dokumen inventaris di ruang perpustakaan) 
e.       Lokasi Perpustakaan (bukti berupa foto/denah)

6.    Foto kegiatan perpustakaan




PENDAHULUAN

Sekolah adalah salah satu institusi yang mempunyai fungsi srategis dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia. Sebab sekolah adalah lingkungan hidup anak untuk mendapatkan pendidikan yang terprogram dan sistematis. Sebagai institusi pendidikan, Sejak berdirinya SDN Kadungrejo I Kecamatan Baureno menghadapi berbagai kendala/hambatan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yang datang dari internal maupun eksternal sekolah. Rekonstruksi strategi merupakan langkah yang mesti dilakukan agar usaha peningkangkatan mutu lebih efektif dan terarah.
Membahas tentang potret mutu Sekolah Dasar Negeri Kadungrejo I, selayaknya kita memandang potret mutu pendidikan sekolah dasar di Indonesia saat ini khususnya daerah pedesaan yang setiap tahunnya menjadi langganan banjir. Berbagai kendala dan hambatan peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar tidak terlepas dari berbagai permasalahan mutu pendidikan sekolah dasar secara umum yang berakar pada mutu manajerial para pemimpin lembaga pendidikan, mutu guru, relevansi kurikulum, ketebatasan dana, sarana prasarana, fasilitas pendidikan dan yang tak kalah pentingnya kurangnya faktor dukungan dari pihak-pihak yang terkait.
Sejak berdirinya pada tahun 1954, Sekolah Dasar Negeri Kadungrejo I pernah mengalami kejayaan dengan jumlah murid ± 200 siswa, yang kemudian mengalami kemerosotan pada titik terbawah yaitu dengan jumlah murid 4 siswa pada tahun pelajaran 2009/2010. Kemerosotan jumlah murid ini tidak lain lebih disebabkan oleh kualitas (mutu) pelayanan yang dirasakan masyarakat sangat kurang memuaskan,
SD Negeri Kadungrejo I berada di tengah-tengah perkampungan Dusun Mandek dan diapit oleh 2 Dusun yaitu dusun Kadung dan Dusun Krandong. Letak yang sangat strategis ini seharusnya menjadi tujuan siswa usia 7 – 12 tahun menempuh pendidikan dasar. Namun dalam kenyataannya hanya sedikit orang tua yang menyekolahkan putra putrinya di SD Negeri Kadungrejo I, itupun hampir 100 % orang tuanya dari golongan ekonomi rendah.
Oleh karena itu dalam rangka menemukan masalah dan penyelesaiannya kami menyusun program HOME VISIT (kunjungan rumah) dengan tujuan menyelesaikan masalah yang ada di SD Kadungrejo I, yang kemudian kami tulis dalam sebuah artikel Non Penelitian yang berjudul “ Usaha mengatasi masalah dengan Program Kunjungan ke Rumah Siswa ( Home Visit ) ” dst ............



Unduh File Lomba Budaya Mutu Kategori Manajemen Berbasis Sekolah

9 komentar:

  1. bolehkah saya minta file nya pak?

    BalasHapus
  2. boleh minta tolong di kirimkan file lengkap nya ke email saya pak? sebagai referensi untuk membuat isi laporannya seperti apa.

    BalasHapus
  3. Matoh pak bis memberikan sumbangan dalam berpola pikir

    BalasHapus
  4. Terima Kasih Sangat membantu kalau boleh saya perlu filenya untuk perbandingan . terima kasih sebelumnya semoga Allah membalas kebaikan bapa yang telah berbagi Ilmu...

    BalasHapus
  5. bagus pak..minta file nya boleh ?

    BalasHapus
  6. Bapak ijin copas,untuk bahan inspirasi lomba mutu,hatur nuhun.

    BalasHapus
  7. boleh minta file nya tidak pak? sekolah saya mau lomba budaya mutu. terimakasih.

    BalasHapus
  8. file yang bs diunduh ada pak.....???? terima kasih.

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum... boleh minta file lengkapnya pak sebagai referensi... terima kasih... Kalo diijinkan boleh kirim ke email ayunurkholifah395@yahoo.com

    BalasHapus