Sistematika Laporan BPU Supervisi Akademik (SUPAK) OJL PKB KS/M (ProDEP) Tahun 2014

LAPORAN OJL SUPERVISI AKADEMIK
COVER.................................................................................................................... i
KATA PENGANTAR............................................................................................ ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................... 1
A.    Latar belakang................................................................................................
B.     Tujuan............................................................................................................
C.     Hasil kegiatan yang diharapkan ....................................................................
BAB II RENCANA KEGIATAN OJL.................................................................. 3
A.    Perencanaan Supervisi Akademik..................................................................
B.     Perencanaan Pelaksanakan Supervisi Akademik...........................................
C.     Perencanaan Analisis Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik......................
D.    Perencanaan Umpan Balik dan Rencana Tindak Lanjut................................
E.     Perencanaan Menyusun Laporan Hasil Supervisi Akademik ..............
BAB III PELAKSANAAN KEGIATAN OJL...................................................... 6
A.    Pelaksanaan pembuatan Perencanaan Supervisi Akademik...........................
B.     Pelaksanakan Kegiatan Supervisi Akademik.................................................
C.     Menganalisis Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik...................................
D.    Memberikan Umpan Balik dan Rencana Tindak Lanjut................................
E.     Menyusun Laporan Hasil Supervisi Akademik .............................................
BAB IV KENDALA DAN SOLUSI PEMECAHAN.......................................... 9
A.    Kendala Membuat Perencanaan Supervisi Akademik dan Solusi Pemecahan                      
B.     Kendala Pelaksanakan Supervisi Akademik dan solusi pemecahan..............
C.     Kendala Menganalisis Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik Solusi Pemecahan               
D.    Kendala Memberikan Umpan Balik dan Rencana Tindak Lanjut Solusi Pemecahan           
E.     Kendala Menyusun Laporan Hasil Supervisi Akademik......................
BAB V PENUTUP................................................................................................ 12
A.    Simpulan........................................................................................................
B.     Saran..............................................................................................................
LAMPIRAN.......................................................................................................... 15
1.      Foto Kegiatan................................................................................................
2.      Hasil pengisian Format-format LK dalam OJL…................................
3.      Dokumen yang menjadi tagihan BPU ................................................. 

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Supervisi akademik adalah  tugas utama kepala  sekolah/madrasah dalam menentukan kualitas  pendidikan  di  sekolah/madrasah.  Kepala  sekolah/madrasah  harus  memiliki komitmen  bersama  untuk  menggerakkan  guru  dan  peserta  didik    berpikir  krits, berkreasi,  berinovasi,  memecahkan  masalah  dan  menciptakan  pembelajaran  efektf.
Pelaksanaan supervisi akademik secara terprogram, berkesinambungan, akan tercapai layanan proses pembelajaran bermutu. Pembelajaran yang dipimpin oleh guru yang berkualitas akan meningkatkan prestasi peserta didik.
Kepala  sekolah/madrasah  sebagai  pemimpin  harus  memastkan  bahwa  semua  guru mendapat  pelayanan  supervisi  akademik.  Setap  guru  harus  mendapatkan  layanan yang sama tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, status sosial ekonomi, dan yang berkebutuhan khusus. Layanan yang sama tanpa diskriminasi juga harus diberikan kepada para peserta didik dalam proses pembelajaran.
Bahan Pembelajaran Utama akan memandu Kepala sekolah sebagai kepala sekolah/madrasah untuk mengembangkan kompetensi Kepala sekolah dalam melaksanakan tugas supervisi akademik. Kepala sekolah akan melakukan pembelajaran melalui kegiatan In-1, On, dan  In-2. Pada  In-1 Kepala sekolah akan melakukan kegiatan pembelajaran melalui belajar bersama dengan  sesama  kepala  sekolah  dan  dipandu  oleh  fasilitator  baik  dengan  tatap muka maupun  memanfaatkan  teknologi.  Pada  On Kepala sekolah akan melakukan kegiatan pembelajaran melalui praktk lapangan di sekolah/madrasah tempat Kepala sekolah bertugas.
 (dapat dikembangkan lagi oleh kepala sekolah)
B.     Tujuan
Setelah OJL Pelaksanaan Supervisi Akademik ini, diharapkan kepala sekolah mampu:
1.      Menyusun perencanaan supervisi akademik
2.      Melaksanakan supervisi akademik
3.      Menganalisis hasil supervisi akademik
4.      Menentukan tindak  lanjut hasil supervisi akademik  terhadap guru dalam  rangka peningkatan profesionalisme guru.
5.      Menyusun laporan hasil supervisi akademik.
                
C.     Hasil kegiatan yang diharapkan  
Hasil yang diharapkan dari kegiatan OJl Supervisi Akademik ini adalah :
1.      Program perencanaan supervisi akademik
2.      Program pelaksanakan supervisi akademik
3.      Program analisis hasil supervisi akademik
4.      Program tindak lanjut hasil supervisi akademik
5.      Dokumen laporan hasil supervisi akademik

BAB II
RENCANA KEGIATAN OJL
A.    Perencanaan Supervisi Akademik
(menguraikan tentang beberapa hal terkait dengan : )
1.      Perencanaan Mengidentifikasi Permasalahan Pembelajaran
2.      Perencanaan Menentukan Tujuan Supervisi Akademik
3.      Perencanaan Membuat Jadwal Supervisi Akademik
4.      Perencanaan Memilih Teknik Supervisi Akademik
5.      Perencanaan Memilih Instrumen Supervisi Akademik
                
B.     Perencanaan Pelaksanakan Supervisi Akademik
(menguraikan tentang beberapa hal terkait dengan : )
1.      Perencanaan Melaksanakan Supervisi Perangkat Pembelajaran
2.      Perencanaan Melaksanakan Supervisi Proses Pembelajaran
3.      Perencanaan Melaksanakan Supervisi Penilaian Pembelajaran

C.     Perencanaan Analisis Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik   
(menguraikan tentang beberapa hal terkait dengan : )
1.      Perencanaan Melaksanakan Analisis Hasil Supervisi Akademik di Sekolah/Madrasah
2.   Dst
D.    Perencanaan Umpan Balik dan Rencana Tindak Lanjut
(menguraikan tentang beberapa hal terkait dengan : )
1.      Perencanaan Menyusun Rencana Umpan Balik
2.      Perencanaan Proses Pembelajaran Guru di Sekolah/Madrasah
3.      Perencanaan Menyusun Rencana Tindak Lanjut Perbaikan
          
E.     Perencanaan Menyusun Laporan Hasil Supervisi Akademik
(menguraikan tentang beberapa hal terkait dengan : )
       Perencanaan Menyusun Laporan Hasil Supervisi Akademik pada Sekolah/Madrasah

7 komentar:

  1. artikelnya bagus kalau boleh memohon minta file lengkapnya tentang laporan OJL BPU Supak ke email fatur75@yahoo.com terma kasih

    BalasHapus
  2. mohon untuk bisa dikirim file lengkapnya ke ragilcellbonang@gmail.com

    BalasHapus
  3. mohon untuk bisa dikirim file lengkapnya ke ragilcellbonang@gmail.com

    BalasHapus
  4. mudah-mudahan berkenan mengirimkan yg lengkapnya ke asday44@yahoo.co.id. terimakasih banyak

    BalasHapus
  5. mohon dikirim file yang yang lengkap untuk berbagi ilmu dengan teman-teman yang se profesi. Tks

    BalasHapus
  6. mohon kirim file yang lengkap untuk berbagi ilmu dengan teman-teman yang seprofesi. Tks

    BalasHapus
  7. Smg berkenan mengirimkan file lengkapnya ke amirbone@rocketmail.com

    BalasHapus