COVER.................................................................................................................... i
KATA
PENGANTAR............................................................................................ ii
DAFTAR
ISI.......................................................................................................... iii
BAB I
PENDAHULUAN...................................................................................... 1
A. Latar
belakang................................................................................................
B. Tujuan............................................................................................................
C. Hasil
kegiatan yang diharapkan ....................................................................
BAB
II RENCANA KEGIATAN OJL.................................................................. 3
A. Perencanaan
Supervisi Akademik..................................................................
B. Perencanaan
Pelaksanakan Supervisi Akademik...........................................
C. Perencanaan
Analisis Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik......................
D. Perencanaan
Umpan Balik dan Rencana Tindak Lanjut................................
E. Perencanaan
Menyusun Laporan Hasil Supervisi Akademik ..............
BAB
III PELAKSANAAN KEGIATAN OJL...................................................... 6
A. Pelaksanaan
pembuatan Perencanaan Supervisi Akademik...........................
B. Pelaksanakan
Kegiatan Supervisi Akademik.................................................
C. Menganalisis
Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik...................................
D. Memberikan
Umpan Balik dan Rencana Tindak Lanjut................................
E. Menyusun
Laporan Hasil Supervisi Akademik .............................................
BAB
IV KENDALA DAN SOLUSI PEMECAHAN.......................................... 9
A. Kendala
Membuat Perencanaan Supervisi Akademik dan Solusi Pemecahan
B. Kendala
Pelaksanakan Supervisi Akademik dan solusi pemecahan..............
C. Kendala
Menganalisis Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik Solusi Pemecahan
D. Kendala
Memberikan Umpan Balik dan Rencana Tindak Lanjut Solusi Pemecahan
E. Kendala
Menyusun Laporan Hasil Supervisi Akademik......................
BAB V
PENUTUP................................................................................................ 12
A. Simpulan........................................................................................................
B. Saran..............................................................................................................
LAMPIRAN.......................................................................................................... 15
1.
Foto Kegiatan................................................................................................
2.
Hasil pengisian
Format-format LK dalam OJL…................................
3.
Dokumen yang
menjadi tagihan BPU .................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Supervisi
akademik adalah tugas utama kepala sekolah/madrasah dalam menentukan kualitas pendidikan
di sekolah/madrasah. Kepala
sekolah/madrasah harus memiliki komitmen bersama
untuk menggerakkan guru
dan peserta didik
berpikir krits, berkreasi, berinovasi,
memecahkan masalah dan
menciptakan pembelajaran efektf.
Pelaksanaan
supervisi akademik secara terprogram, berkesinambungan, akan tercapai layanan
proses pembelajaran bermutu. Pembelajaran yang dipimpin oleh guru yang
berkualitas akan meningkatkan prestasi peserta didik.
Kepala sekolah/madrasah sebagai
pemimpin harus memastkan
bahwa semua guru mendapat
pelayanan supervisi akademik.
Setap guru harus
mendapatkan layanan yang sama
tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, status sosial
ekonomi, dan yang berkebutuhan khusus. Layanan yang sama tanpa diskriminasi
juga harus diberikan kepada para peserta didik dalam proses pembelajaran.
Bahan
Pembelajaran Utama akan memandu Kepala sekolah sebagai kepala sekolah/madrasah untuk
mengembangkan kompetensi Kepala sekolah dalam melaksanakan tugas supervisi
akademik. Kepala sekolah akan melakukan pembelajaran melalui kegiatan In-1, On,
dan In-2. Pada In-1 Kepala sekolah akan melakukan kegiatan
pembelajaran melalui belajar bersama dengan
sesama kepala sekolah
dan dipandu oleh
fasilitator baik dengan
tatap muka maupun
memanfaatkan teknologi. Pada
On Kepala sekolah akan melakukan kegiatan pembelajaran melalui praktk
lapangan di sekolah/madrasah tempat Kepala sekolah bertugas.
(dapat
dikembangkan lagi oleh kepala sekolah)
B. Tujuan
Setelah OJL
Pelaksanaan Supervisi Akademik ini, diharapkan kepala sekolah mampu:
1. Menyusun perencanaan supervisi akademik
2. Melaksanakan supervisi akademik
3. Menganalisis hasil supervisi akademik
4. Menentukan tindak lanjut hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
5. Menyusun laporan hasil supervisi
akademik.
C. Hasil kegiatan yang diharapkan
Hasil yang diharapkan dari kegiatan
OJl Supervisi Akademik ini adalah :
1. Program perencanaan supervisi akademik
2. Program pelaksanakan supervisi akademik
3. Program analisis hasil supervisi
akademik
4. Program tindak lanjut hasil supervisi
akademik
5. Dokumen laporan hasil supervisi akademik
BAB
II
RENCANA
KEGIATAN OJL
A. Perencanaan Supervisi Akademik
(menguraikan tentang beberapa hal
terkait dengan : )
1. Perencanaan Mengidentifikasi
Permasalahan Pembelajaran
2. Perencanaan Menentukan Tujuan Supervisi
Akademik
3. Perencanaan Membuat Jadwal Supervisi
Akademik
4. Perencanaan Memilih Teknik Supervisi
Akademik
5. Perencanaan Memilih Instrumen Supervisi
Akademik
B. Perencanaan Pelaksanakan Supervisi
Akademik
(menguraikan
tentang beberapa hal terkait dengan : )
1. Perencanaan Melaksanakan Supervisi
Perangkat Pembelajaran
2. Perencanaan Melaksanakan Supervisi
Proses Pembelajaran
3. Perencanaan Melaksanakan Supervisi
Penilaian Pembelajaran
C. Perencanaan Analisis Hasil Pelaksanaan
Supervisi Akademik
(menguraikan
tentang beberapa hal terkait dengan : )
1. Perencanaan Melaksanakan Analisis Hasil
Supervisi Akademik di Sekolah/Madrasah
2. Dst
D. Perencanaan Umpan Balik dan Rencana
Tindak Lanjut
(menguraikan
tentang beberapa hal terkait dengan : )
1. Perencanaan Menyusun Rencana Umpan Balik
2. Perencanaan Proses Pembelajaran Guru di
Sekolah/Madrasah
3. Perencanaan Menyusun Rencana Tindak
Lanjut Perbaikan
E. Perencanaan Menyusun Laporan Hasil
Supervisi Akademik
(menguraikan
tentang beberapa hal terkait dengan : )
Perencanaan Menyusun
Laporan Hasil Supervisi Akademik pada Sekolah/Madrasah
artikelnya bagus kalau boleh memohon minta file lengkapnya tentang laporan OJL BPU Supak ke email fatur75@yahoo.com terma kasih
BalasHapusmohon untuk bisa dikirim file lengkapnya ke ragilcellbonang@gmail.com
BalasHapusmohon untuk bisa dikirim file lengkapnya ke ragilcellbonang@gmail.com
BalasHapusmudah-mudahan berkenan mengirimkan yg lengkapnya ke asday44@yahoo.co.id. terimakasih banyak
BalasHapusmohon dikirim file yang yang lengkap untuk berbagi ilmu dengan teman-teman yang se profesi. Tks
BalasHapusmohon kirim file yang lengkap untuk berbagi ilmu dengan teman-teman yang seprofesi. Tks
BalasHapusSmg berkenan mengirimkan file lengkapnya ke amirbone@rocketmail.com
BalasHapus