RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Berdasarkan Permendikbud No. 57 Tahun 2014)
KELAS/SMT : I/I
TEMA 4 : Keluargaku
SUB TEMA 4 : Kebersamaan dalam Keluarga
Pembelajaran : 3 (Tiga )
1. Pemetaan
Kompetensi Dasar
2. RPP
3. Materi
Ajar
4. Lembar Pengamatan/Observasi
5. Lembar
Kerja Siswa
6. Media
Pembelajaran
NAMA :
Ning Suci, S.Pd.
Unit Kerja : SD Negeri Kadungrejo I
Kecamatan Baureno
Kabupaten Bojonegoro
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Satuan
Pendidikan : SD Negeri Kadungrejo I
Kelas/Semester :
I/I
Tema
: Keluargaku
Sub
Tema : 4 Kebersamaan dalam keluarga
Alokasi
Waktu : 1 Pertemuan (5 x 35 menit)
Pembelajaran :
3
Hari/Tanggal : Rabu, 3 Desember 2014
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dalam keluarga, teman dan guru
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya dirumah, sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi
Dasar
PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat
gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.3 Mengetahui
konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
2.8
Mempraktikkan
pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional
SBDP
1.1 Merasakan keindahan alam
sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri
dalam mengolah karya seni
3.1 Mengenal
pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih
memahami isi lagu
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
PJOK
1.1.3 Mensyukuri
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
2.7.3 Menunjukkan
sikap Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.3. Menjelaskan konsep gerak dasar
manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai
bentuk permainan tarik tambang
4.3.2 Melakukan
gerak dasar manipulatif melalui permainan
SBDP
1.1.4 Mensyukuri
kegembiraan bersama keluarga
2.1.4 Menunjukkan
rasa percaya diri berekspresi menyanyikan lagu “ Ayo Bernyanyi “
3.1.4 Menyanyikan lagu “Ayo Bernyanyi”
menggunakan alat musik ritmis
4.7.1 Menyanyikan
lagu “Ayo Bernyanyi”
4.7.2 Menjawab
pertanyaan tentang isi lagu
D.
Deskripsi
Materi Pembelajaran
-
Nyanyian Lagu “ Ayo Bernyanyi ”
Ciptaan Ibu Sud, kemudian menjawab pertanyaan isi yang terkandung dalam lagu
-
Cerita permainan tradisional “
Tarik Tambang “ (Materi terlampir)
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran
b.
Guru membuka pelajaran
dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
c.
Guru mengajak siswa untuk
berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.
d.
Membaca Pancasila bersama-sama
e.
Guru melakukan apersepsi
dengan mengajak siswa untuk menyanyi lagu gembira sambil gerakan sesuai dengan
syair lagu kemudian diajak mensyukuri akan nikmat yang diberikan tuhan
f.
Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru
kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai
dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami
2
Kegiatan
Inti (145 menit)
a.
Siswa mengamati gambar keluarga
Udin yang sedang melakukan tarik tambang (mengamati)
b.
Guru mengajak siswa untuk
mencoba bermain tarik tambang dengan teman-teman (mengkomunikasikan)
c.
Siswa berkumpul dilapangan dan
dibagi menjadi 4
kelompok
d.
Siswa diajak melakukan
pemanasan terlebih dulu
e.
Tentukan garis pemisah antar 2
kelompok untuk menunjukkan wilayah masing-masing
f.
Jika ada pemain yang masuk ke
wilayah lawan, maka kelompok tersebut dinyatakan kalah dan permainan berakhir
g.
Setelah permainan selesai siswa
diajak masuk kelas kembali
h.
Siswa dibagi menjadi 3 kelompok
yang terdiri dari 3-4 siswa
i.
Siswa diajak berdiskusi
mengenai hasil permainan yang telah dilakukan dengan menggunakan lembar kerja
siswa (mengumpulkan informasi dan menalar)
j.
Perwakilan kelompok
mengkomunikasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas.
k.
Siswa mengikuti guru membaca
teks pada buku siswa
l.
Siswa mendengarkan “Lagu
Gembira”.
m. Siswa
bernyanyi sambil melakukan gerakan bertepuk tangan dan bersorak seperti yang
ditujukan pada syair. (mengkomunikasikan)
•
Bersorak..........( horee ).
•
Bertepuk..........(bertepuk
tangan).
n.
Siswa mengulang-ulang lagu
sampai hafal dan dapat menyanyikan lagu tersebut.
o.
Guru bertanya tentang isi lagu,
misalnya: (menanya)
·
Apa yang diceritakan lagu
tersebut?
·
Bagaimana bersorak itu?
·
Bagaimana perasaanmu saat
berkumpul bersama keluarga?
·
Apa yang biasa kamu lakukan
saat berkumpul bersama keluarga?
p.
Siswa secara bergantian
menyanyikan lagu
sambil bertepuk tangan (mengkomunikasikan)
3
Kegiatan
Penutup (15 menit)
a.
Melakukan refleksi dengan
menyanyikan lagu “ ayo bernyanyi “
b.
Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil
pembelajaran pada pertemuan hari itu.
c.
Guru melakukan evaluasi
d.
Guru memberikan tindak
lanjut dengan menyampaikan pesan
moral untuk senantiasa mensyukuri akan nikmat
yang telah diberikan tuhan kepada manusia
e.
Pembelajaran diakhiri dengan
do’a dan salam
F.
Penilaian
1.
Prosedur penilaian
a.
Penilaian proses (terlampir)
-
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir
2.
Instrumen penilaian
a.
Penilaian proses
-
Penilaian kinerja
-
Penilaian produk (Hasil LK)
-
G.
Media/Alat, Bahan dan Sumber
Pembelajaran
Media/Alat
·
Tali
·
Peraga lagu “ Ayo Bernyanyi”
·
Gambar anak bermain tarik
tambang
Bahan
·
Buku paket Siswa Tema 4
·
Buku Paket Guru Tema 4
·
Teks Lagu “ Ayo Bernyanyi “
Ciptaan Ibu Sud yang sudah digubah disesuaikan dengan kondisi siswa
·
Lembar Kerja Siswa
Sumber Pembelajaran
·
Lingkungan sekolah (Halaman)
Mengetahui
Kepala Sekolah
SUKIS, S.Pd
NIP. 19711006
199506 1 001
|
Kadungrejo, 3
Desember 2014
Guru Kelas I
NING SUCI, S.Pd
NIP.
|
Lembar
Pengamatan/Observasi
Berilah
tanda (√) pada kolom kriteria apabila siswa telah terlihat memiliki kemampuan
1, 2, 3, dan 4 dan berilah tanda ( - ) apabila belum terlihat!
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria
|
Ketr
*)
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
AHNAF
DZAKWAN FAHREZI
|
|||||
2
|
ALFI
SAIDATIN
|
|||||
3
|
NINDYA
MUTIARA QOLBI
|
|||||
4
|
ARINI
KAMILA PUTRI
|
|||||
5
|
LUKY JULI SETIAWAN
|
|||||
6
|
LESTARI RAHAYU
|
|||||
7
|
MUHAMMAD DHANI HAFIDZ MUZZAKYY
|
|||||
8
|
MOCH. HASYIM ASY’ARI
|
|||||
9
|
MOCH. NAJIH ALI
|
|||||
10
|
SHINTA FEBY ARUM PARAWANSA
|
|||||
11
|
EVA TANIA
|
|||||
12
|
Keterangan
:
- Siswa mampu menyanyikan lagu
- Siswa mampu menceritakan isi lagu
- Antusias dalam permainan tarik tambang
- Kekompakan dalam permainan
*) Terlihat atau belum terlihat
Kadungrejo, 3
Desember 2014
Guru Kelas I
NING SUCI, S.Pd
NIP.
|
LEMBAR KERJA SISWA
Petunjuk
!
Berkelompoklah
bersama temanmu !
Diskusikan
kegiatan tarik tambang yang telah kalian lakukan bersama temanmu!
Tulislah hasil
diskusi kalian pada kolom yang disediakan!
1
|
Bagaimana
perasaanmu saat bermain tarik tambang?
|
...........................................................
...........................................................
|
2
|
Apakah
timmu berhasil memenangkan lomba?
|
...........................................................
...........................................................
|
3
|
Apa
yang harus dilakukan agar timmu menang?
|
...........................................................
...........................................................
|
4
|
Bagaimana
sikapmu ketika memenangkan pertandingan?
|
...........................................................
...........................................................
|
5
|
Bagaimana
sikapmu jika kalah dalam pertandingan?
|
...........................................................
...........................................................
|
Kelompok : .............................
Nama Anggota :
1. ........................................
2. ........................................
3. ........................................
MEDIA
PEMBELAJARAN
Syair Lagu “ Ayo Bermain “
Karya Ibu Sud dengan beberapa gubahan
Where to Bet on Sports To Bet On Sports In Illinois
BalasHapusThe best sports bet titanium ring types and 바카라사이트 bonuses available in Illinois. The most common sports betting options available. www.jtmhub.com Bet $20, 1xbet login Win $150, 토토사이트 Win $100 or