LAPORAN
OJL PENGELOLAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
COVER.................................................................................................................... i
KATA
PENGANTAR............................................................................................ ii
DAFTAR
ISI.......................................................................................................... iii
BAB
I PENDAHULUAN...................................................................................... 1
A. Latar belakang................................................................................................
B. Tujuan............................................................................................................
C. Hasil kegiatan yang diharapkan ....................................................................
BAB
II RENCANA KEGIATAN OJL.................................................................. 3
A. Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan........................................
B. Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan....................................
BAB III PELAKSANAAN KEGIATAN OJL.................................................... 6
A. Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan........................................
B. Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan....................................
BAB
IV KENDALA DAN SOLUSI PEMECAHAN.......................................... 9
A. Kendala Pengelolaan PTK dan Solusi
Pemecahan........................................
B. Kendala pemberdayaan PTK dan Solusi
Pemecahan....................................
BAB
V PENUTUP................................................................................................ 12
A. Simpulan........................................................................................................
B. Saran..............................................................................................................
LAMPIRAN.......................................................................................................... 15
1. Foto Kegiatan................................................................................................
2. Hasil pengisian Format-format LK dalam
OJL…................................
Dokumen yang menjadi
tagihan BPU
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Keterampilan kepala sekolah/madrasah dalam
mengelola dan memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah
berdampak pada kualitas kinerja sekolah/madrasah. Kepemimpinan kepala sekolah/ madrasah
dalam mendorong peningkatan kemampuan profesi pendidik dan tenaga kependidikan,
membangun kolaborasi dan kerjasama antarstaf, mengkaji dan mengevaluasi kinerja
staf merupakan contoh-contoh pemberdayaan pendidik dan
tenaga kependidikan. Upaya memberdayakan pendidik
sangat penting dilakukan sebagai
salah satu upaya mendukung layanan prima pendidik dan tenaga kependidikan
kepada semua peserta didik agar mampu meningkatkan prestasi belajar mereka masing-masing
secara signifkan.
Pada
kegiatan OJL ini, Kepala sekolah akan mengkaji program Pengelolaan Pendidik dan
Tenaga Kependidikan (PPTK),
memahami
permasalahan-permasalahan tentang pendidik dan tenaga kependidikan,
merevisi program PPTK, memetakan kualitas dan kinerja pendidik dan tenaga
kependidikan, serta melakukan reposisi personalia dan revisi struktur
organisasi sekolah/madrasah sesuai, situasi, kondisi, dan kebutuhan
sekolah/madrasah dengan mempertmbangkan aspek sosial inklusi, dengan tdak
bersikap diskriminatf terhadap
perbedaan individu. Kegiatan OJL ini,
diharapkan Kepala sekolah dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan
keterampilan dalam mengelola pendidik dan tenaga kependidikan, memudahkan
mengerjakan tugas-tugas sekolah/madrasah, dan
mengem-bangkan ide-ide inovatif kepada teman sejawat khususnya tentang
pengelolaan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan. PPTK pentng
dilakukan sebagai salah satu upaya mendukung layanan pembelajaran yang bermutu dan dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran bagi tap peserta didik.
(dapat dikembangkan lagi oleh kepala
sekolah)
B. Tujuan
Setelah
kegiatan OJL ini, diharapkan
kepala sekolah/madrasah mampu:
1. Merencanakan
program pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan.
2. Memberdayakan
pendidik dan tenaga kependidikan secara optmal.
C. Hasil kegiatan yang diharapkan
Setelah
kegiatan OJL ini, diharapkan
kepala sekolah/madrasah memiliki:
1. Program perencanaan
pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan.
2. Program pemberdayaan
pendidik dan tenaga kependidikan secara optmal.
BAB
II
RENCANA
KEGIATAN OJL
A. Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1. Analisis Kebutuhan Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
2. Melakukan Perekrutan dan Seleksi
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
3. Memetakan Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
4. Melakukan Penempatan dan Pembagian Tugas
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
5. Melakukan Evaluasi Penilaian Kinerja
6. Melakukan Penilaian Diri pada Pemberian
Kompensasi
7. Menyusun Program Pengembangan Karir
8. Menyusun Program Pelatihan
9. Mengkaji Ulang Program PPTK
10. Menyempurnakan Program PPTK
B. Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1. Mengidentfkasi Diskripsi Tugas Pendidik
dan Tenaga Kependidikan
2. Mengkaji Struktur Organisasi
3. Menyusun Struktur Organisasi
BAB
III
PELAKSANAAN
KEGIATAN OJL
A. Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1. Analisis Kebutuhan Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
2. Melakukan Perekrutan dan Seleksi
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
3. Memetakan Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
4. Melakukan Penempatan dan Pembagian Tugas
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
5. Melakukan Evaluasi Penilaian Kinerja
6. Melakukan Penilaian Diri pada Pemberian
Kompensasi
7. Menyusun Program Pengembangan Karir
8. Menyusun Program Pelatihan
9. Mengkaji Ulang Program PPTK
10. Menyempurnakan Program PPTK
B. Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1. Mengidentfkasi Diskripsi Tugas Pendidik
dan Tenaga Kependidikan
2. Mengkaji Struktur Organisasi
3. Menyusun Struktur Organisasi
BAB
IV
KENDALA
DAN SOLUSI PEMECAHAN
A. Kendala Pengelolaan PTK dan Solusi
Pemecahan
B. Kendala pemberdayaan
PTK dan Solusi Pemecahan
0 comments:
Posting Komentar