Upacara Bendera

Instilling Love for the Motherland through a Flag Ceremony at SD Negeri Ngemplak II Baureno Bojonegoro.

The creativity of SDN Ngemplak II students in the “Kriya Anyam” competition

Motto : SD Negeri Ngemplak II Cerdas, Aktif, Kreatif, Educative dan Peduli.

Sekolah Penggerak Angkatan III

Pengembangan hasil belajar siswa secara holistic, mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, yang diawali dengan SDM yang unggul.

PRAKTIK BAIK

Pengalaman baik yang diangkat dari aktivitas guru dan siswa dalam program sekolah.

KOMBEL GEN CAKEP SDN NGEMPLAK II

Sarana Belajar dan berbagi baktik Baik serta Refleksi Pembelajaran.

Hujan Meteor Paseid : Bagaimana Cara Melihatnya?

Apa hujan meteor Perseid? Hujan meteor Perseid adalah salah satu hujan meteor yang terjadi setiap tahun pada bulan Agustus. Hujan meteor Perseid terkenal karena menghasilkan sejumlah besar meteor yang terlihat di langit, dan sering dianggap sebagai salah satu hujan meteor paling spektakuler dalam setahun.

Jadwal Pelajaran Kelas 1 Kurikulum Merdeka Excel

Hai sobat Pendidik, Tahun Pelajaran 2024/2025 banyak sekolah di seluruh Indonesia telah melaksanakan Kurikulum Merdeka. Hal pertama yang harus dilakukan para guru dalam memasuki tahun pelajaran baru adalah menyusun jadwal pelajaran. Untuk membantu bapak ibu guru kelas 1, kami akan berbagi contoh jadwal pelajaran kelas 1 kurikulum merdeka format excel.

Jadwal CPNS 2023 Segera dibuka |Cek Jadwal Pendaftarannya!

Jadwal CPNS 2023 Segera dibuka Cek Jadwal Pendaftarannya. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah resmi mengirimkan surat kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan Nomor surat 7948/B-KS.04.01/SD/K/2023, yang telah ditandatangani oleh Plt, Kepala BKN tertanggal 10 Agustus 2023.

KKTP Kurikulum Merdeka SD / MI

Untuk mengetahui apakah peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran, pendidik perlu menetapkan kriteria atau indikator ketercapaian tujuan pembelajaran. Kriteria ini dikembangkan saat pendidik merencanakan asesmen, yang dilakukan saat pendidik menyusun perencanaan pembelajaran, baik dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran ataupun modul ajar.

KKTP Kurikulum Merdeka SD / MI ini juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih/membuat instrumen asesmen, karena belum tentu suatu asesmen sesuai dengan tujuan dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. 

SKP Terbaru Tahun 2021-2022 | Berdasarkan Permenpan RB Nomor 3 Tahun 2021

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada tanggal 3 Februari 2021 menerbitkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2021 tentang Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai dan Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil Tahun 2021. Maksud diterbitkannya SE tersebut adalah sebagai kebijakan transisi/peralihan dari ketentuan pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil ke ketentuan pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 ,tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil yang akan diberlakukan 2 (dua) tahun setelah diundangkan. Adapun tujuan dari SE tersebut adalah:

  1. Untuk memberikan pedoman bagi instansi pemerintah dalam penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai dan penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil pada periode penilaian kinerja Tahun 2021
  2. Untuk memberikan waktu bagi Instansi Pemerintah dalam melakukan penyesuaian terkait implementasi ketentuan pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil.

Dalam SE tersebut dijelaskan bahwa penyusunan SKP Tahun 2021 terbagi atas 2 periode, yaitu:

  1. Bulan Januari-Juni: teknis penyusunan SKP dan format SKP berdasarkan Peraturan Kepala BKN No. 1 Tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil. SKP ditetapkan paling lambat akhir bulan Januari 2021.
  2. Bulan Juli-Desember: teknis penyusunan SKP dan format SKP berdasarkan ketentuan pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil. SKP ditetapkan paling lambat akhir bulan Juli 2021.

Penilaian Kinerja PNS Tahun 2021 terbagi juga dalam 2 periode:

  1. Bulan Januari-Juni: penilaian atas SKP (60%) dan penilaian perilaku kerja (40%) yang dilakukan paling lambat akhir bulan Juli 2021 untuk menilai capaian dalam kurun waktu Januari – Juni dan dilakukan berdasarkan Peraturan Kepala BKN No. 1 Tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil.
  2. Bulan Juli-Desember: penilaian atas SKP (60%) dan penilaian perilaku kerja (40%) bagi Instansi Pemerintah yang menerapkan penilaian perilaku kerja dengan mempertimbangkan pendapat rekan kerja setingkat dan bawahan langsung, atau penilaian atas SKP (70%) dan penilaian perilaku kerja (30%) bagi Instansi Pemerintah yang belum menerapkan penilaian perilaku kerja dengan mempertimbangkan pendapat rekan kerja setingkat dan bawahan langsung. Penilaian berdasarkan ketentuan pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil, paling lambat akhir Bulan Januari Tahun 2022. 

Perbedaan SKP Terbaru dengan SKP Sebelumnya

SKP terbaru yang berdasarkan Permenpan RB Nomor 3 Tahun 2021 memiliki beberapa perbedaan dengan SKP sebelumnya, di antaranya:

  1. Penilaian Kinerja dilakukan berdasarkan capaian kinerja dan kompetensi yang relevan dengan tugas dan tanggung jawab jabatan.
  2. Penilaian Kinerja dilakukan secara objektif, transparan, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan.
  3. SKP terbaru memiliki 5 butir penilaian yang meliputi orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, dan kerjasama.

Selain itu, SKP terbaru juga memiliki beberapa perubahan dalam pengisian dan penggunaan SKP, seperti penggunaan SKP sebagai salah satu dasar dalam penilaian prestasi kerja, penentuan kenaikan pangkat, dan penetapan tunjangan kinerja.

Cara Menghitung Nilai SKP pada Sistem Yang Baru

Sistem penghitungan SKP (Sasaran Kerja Pegawai) pada tahun 2021-2022 mengalami perubahan berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 3 Tahun 2021. Berikut ini cara menghitung nilai SKP pada sistem yang baru:

  1. Hitung nilai Capaian Hasil Kerja (CHK) dengan rumus: CHK = (Realisasi / Target) x Bobot
  2. Hitung nilai Perilaku Kerja (PK) dengan rumus: PK = (Jumlah perilaku baik / Jumlah perilaku total) x 100%
  3. Hitung nilai SKP dengan rumus: SKP = CHK + PK

Unsur-Unsur Yang Dinilai Dalam SKP Terbaru

Dalam SKP terbaru berdasarkan Permenpan RB Nomor 3 Tahun 2021, terdapat empat unsur yang dinilai, yaitu:

  1. Orientasi Pelayanan
  2. Integritas
  3. Komitmen
  4. Disiplin

Setiap unsur memiliki indikator-indikator kinerja yang menjadi acuan dalam penilaian SKP. Orientasi Pelayanan mencakup indikator seperti kecepatan pelayanan, kepuasan pelanggan, dan kualitas pelayanan. Integritas mencakup indikator seperti kejujuran, tanggung jawab, dan anti-korupsi. Komitmen mencakup indikator seperti produktivitas, inisiatif, dan kerjasama. Sedangkan Disiplin mencakup indikator seperti kehadiran, ketaatan pada aturan, dan ketepatan waktu.

Demikian cara menghitung nilai SKP pada sistem yang baru. Semoga bermanfaat!.

Berikut petunjuk dan materi Penyusunan SKP dan contoh Aplikasi SKP Tahun 2021 dapat di unduh di bawah ini

  1. SE Menteri PANRB No. 03 TAHUN 2021
  2. SE MENPANRB NO. 03 TAHUN 2021 Tentang SKP
  3. Sosialisasi Penyusunan Penilaian Prestasi Kerja tahun 2021
  4. Aplikasi SKP Terbaru 2021 PERMENPAN Nomor 08 Tahun 2021_JFT_Juli_Des 2021

Jadwal Pelajaran Kelas 1,2,3,4,5,6 SD | Kurikulum Merdeka

Contoh Jadwal Pelajaran Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 SD Kurikulum Merdeka : Memasuki Tahun Pelajaran baru, kegiatan yang dilakukan guru adalah menyusun jadwal pelajaran. Terlebih dengan implemtasi kurikulum merdeka membuat banyak guru kesulitan dalam membuatnya. Hal ini membuat sekolah dan guru harus mempersiapkan jadwal pelajaran yang sesuai dengan struktur kurikulum.

Langkah Analisis Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran.

Memahami Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan tujuan akhir di setiap fase pembelajaran siswa. Capaian pembelajaran (CP) adalah kompetensi minimum yang harus dicapai peserta didik untuk setiap mata pelajaran. CP dirancang dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi

Tujuan Pendidikan Indonesia adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai  tujuan tersebut, Pemerintah menetapkan Kerangka Dasar Kurikulum yang terdiri dari Struktur Kurikulum, Capaian Pembelajaran, dan Prinsip Pembelajaran dan Asesmen.

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran. Bagi peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual dapat menggunakan CP pendidikan khusus. Peserta didik berkebutuhan khusus tanpa hambatan intelektual menggunakan CP reguler dengan menerapkan prinsip modifikasi kurikulum.

Elemen Dalam Capaian Pembelajaran (CP)

Setiap CP suatu mata pelajaran memiliki beberapa elemen atau kelompok kompetensi esensial yang berlaku sama untuk semua fase pada mata pelajaran tersebut. Masing-masing elemen tersebut memiliki capaian per fasenya sendiri yang saling menunjang untuk mencapai pemahaman yang dituju. Elemen sebuah mata pelajaran mungkin saja sama atau berbeda dengan mata pelajaran lainnya.  Contoh: Dalam CP Matematika terdapat elemen Bilangan, Aljabar, Pengukuran, Geometri, dan Analisis Data dan Peluang

Jika pembelajaran ibarat sebuah perjalanan, diperlukan beberapa kompetensi esensial agar tepat waktu dan selamat mencapai tujuan. Contohnya, jika ingin melakukan perjalanan dengan cara mengemudikan mobil, ada beberapa elemen yang perlu dipelajari seperti mengenali bagian dan cara kerja mobil, mengemudi, keselamatan mengemudi, navigasi dan pengendalian emosi. Masing-masing elemen memiliki capaiannya sendiri yang saling menunjang agar seseorang dapat memenuhi CP mengemudikan mobil.

Tentu saja jika perjalanan ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum, berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau berlayar, elemen Capaian Pembelajarannya sangat mungkin berbeda dengan mengemudikan mobil. Mungkin elemennya lebih sedikit/banyak, mungkin mirip atau sama. 

Langkah Analisis Capaian Pembelajaran

Sebelum menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Bapak ibu guru sebaiknya melakukan analisis Capaian Pembelajaran (CP) yang memuat materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Langkah Analisis Capaian Pembelajaran sebagai berikut :

  1. Pilihlah Capaian Pembelajaran pada setiap elemen
  2. Tentukan daftar konten/topik materi yang terkandung dalam kalimat CP tadi
  3. Tentukan pula daftar kompetensi/keterampilan/kemampuan yang perlu dicapai siswa pada akhir fase, merujuk kalimat CP tadi
  4. Jangan lupa perhatikan secara khusus kata/frasa (bila ada, di luar konten dan kompetensi)
  5. Rumuskan kalimat tujuan pembelajaran dari hasil analisa tersebut

Berikut contoh Analisis Capaian Pembelajaran Fase A Mata Pelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan Kompetensi dan ruang lingkup materi DOWNLOADDI SINI

Selanjutnya dari analisis Capaian Pembelajaran berdasarkan konten dan materi Bapak Ibu Guru dapat menyusun Tujuan Pembelajaran, Mengurutkan menjadi Alur Tujuan Pembelajaran, memilah berdasarkan kelas dan menentukan alokasi waktu.

Analisis CP Bahasa Indonesia SD Lengkap

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase. Untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, capaian yang ditargetkan dimulai sejak Fase A dan berakhir di Fase F.

Latihan Soal Kompetisi Sains Nasional Tahun 2023 Mata Pelajaran Matematika Online

Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu, melalui kegiatan KSN SD ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif.

Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu, melalui kegiatan KSN SD ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif.

Untuk menguji kemampuan kalian berikut latihan soal OSN/KSN Mata Pelajaran Matematika

 

Research methods | Application Of Powtoon Audio Visual Learning Media

Increasing The Learning Outcomes Of Class V Students Through The Application Of Powtoon Audio Visual Learning Media (by sukis, S.Pd)

Research methods

The type of research conducted in this research is classroom action research (CAR). The term in English is classroom action research (CAR), which is a research activity carried out in class. Classroom action research can be interpreted as a scientific activity carried out by the teacher in his own class by designing, implementing, observing and reflecting on the action through several cycles in a collaborative and participatory manner which aims to improve and improve the quality of the learning process in his class (Kunandar, 2011:46 ).

Based on the class action research above, that class action research is carried out through self-reflection to solve problems. In this case the researcher will carry out research on improving learning outcomes through the application of powtoon audio-visual learning media to students at SDN Ngemplak II.

In this classroom action research, the Kemmis and Mc Taggart Spiral model was chosen with four steps, namely planning, implementing, observing, and reflecting. Kemmis and Taggart explained that classroom action research begins with early-stage observations to find out problems in class, then improvements are made with the stages of planning, implementing, observing, and reflecting which will become one cycle. Improvement efforts are continued until the next cycle with revised plans so that problems in class can be corrected