Capaian
Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta
didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD. Untuk Pendidikan
dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran.
Memahami Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran (CP) merupakan tujuan akhir
di setiap fase pembelajaran siswa. Capaian pembelajaran (CP) adalah kompetensi
minimum yang harus dicapai peserta didik untuk setiap mata pelajaran. CP
dirancang dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi
  
  
  
Tujuan Pendidikan Indonesia adalah mengembangkan
potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,
dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk
mencapai  tujuan tersebut, Pemerintah
menetapkan Kerangka Dasar Kurikulum yang terdiri dari Struktur Kurikulum,
Capaian Pembelajaran, dan Prinsip Pembelajaran dan Asesmen.
Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi
pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari
Fase Fondasi pada PAUD. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk
setiap mata pelajaran. Bagi peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan
intelektual dapat menggunakan CP pendidikan khusus. Peserta didik berkebutuhan
khusus tanpa hambatan intelektual menggunakan CP reguler dengan menerapkan
prinsip modifikasi kurikulum.
  
  
  
Elemen Dalam Capaian Pembelajaran (CP)
Setiap CP suatu mata pelajaran memiliki beberapa elemen atau
kelompok kompetensi esensial yang berlaku sama untuk semua fase pada mata
pelajaran tersebut. Masing-masing elemen tersebut memiliki capaian per fasenya
sendiri yang saling menunjang untuk mencapai pemahaman yang dituju. Elemen sebuah mata pelajaran mungkin saja sama atau berbeda
dengan mata pelajaran lainnya.  Contoh: Dalam CP Matematika terdapat elemen
Bilangan, Aljabar, Pengukuran, Geometri, dan Analisis Data dan Peluang
Jika pembelajaran ibarat sebuah perjalanan, diperlukan
beberapa kompetensi esensial agar tepat waktu dan selamat mencapai tujuan.
Contohnya, jika ingin melakukan perjalanan dengan cara mengemudikan mobil, ada
beberapa elemen yang perlu dipelajari seperti mengenali bagian dan cara kerja
mobil, mengemudi, keselamatan mengemudi, navigasi dan pengendalian emosi.
Masing-masing elemen memiliki capaiannya sendiri yang saling menunjang agar seseorang
dapat memenuhi CP mengemudikan mobil. 
Tentu saja jika perjalanan ditempuh dengan
menggunakan kendaraan umum, berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau berlayar,
elemen Capaian Pembelajarannya sangat mungkin berbeda dengan mengemudikan
mobil. Mungkin elemennya lebih sedikit/banyak, mungkin mirip atau sama. 
  
  
  
Langkah Analisis Capaian Pembelajaran
Sebelum
menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Bapak ibu guru sebaiknya melakukan analisis
Capaian Pembelajaran (CP) yang memuat materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Langkah Analisis Capaian Pembelajaran sebagai berikut :
- Pilihlah Capaian Pembelajaran pada
setiap elemen
- Tentukan daftar konten/topik materi yang
terkandung dalam kalimat CP tadi
- Tentukan pula daftar
kompetensi/keterampilan/kemampuan yang perlu dicapai siswa pada akhir fase,
merujuk kalimat CP tadi
- Jangan lupa perhatikan secara khusus
kata/frasa (bila ada, di luar konten dan kompetensi)
- Rumuskan kalimat tujuan pembelajaran dari hasil analisa tersebut 
 
Berikut
contoh Analisis Capaian Pembelajaran Fase A Mata Pelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan Kompetensi dan ruang
lingkup materi DOWNLOADDI SINI
Selanjutnya
dari analisis Capaian Pembelajaran berdasarkan konten dan materi Bapak Ibu Guru
dapat menyusun Tujuan Pembelajaran, Mengurutkan menjadi Alur Tujuan
Pembelajaran, memilah berdasarkan kelas dan menentukan alokasi waktu.