Instrumen Validasi KOSP 2023 Kurikulum Merdeka
Manajemen Konflik dI Sekolah
Konflik dapat diartikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang dihadapkan dengan motif, keyakinan, nilai dan tujuan yang saling bertentangan. Konflik bisa dialami oleh siapapun dan di manapun, termasuk oleh komunitas di sekolah. Siswa, guru, atau pun kepala sekolah dalam waktu-waktu tertentu sangat mungkin dihadapkan dengan konflik.
Konflik yang dialami individu di sekolah dapat hadir dalam berbagai bentuk, bisa dalam bentuk individu dengan individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok. Misalnya, seorang guru berhadapan seorang guru, seorang guru berhadapan dengan sekelompok guru, sekelompok guru tertentu berhadapan dengan sekelompok guru lainnya., dan sejenisnya. Konflik yang terjadi diantara mereka bisa bersifat tertutup, terbuka atau bahkan menjadi konfrontasi.
Apabila konflik yang terjadi di sekolah tidak terkelola dan bersifat destruktif, maka selain dapat mengganggu kesehatan dan kualitas kehidupan seseorang, juga dapat mengganggu terhadap pencapaian efektivitas dan efisiensi pendidikan di sekolah secara keseluruhan.
Terkait dengan upaya mengelola konflik di sekolah, Daniel Robin (2004) dalam sebuah artikelnya menawarkan tujuh sikap yang diperlukan untuk mencairkan konflik.
1. Define what the conflict is about
Definisikan secara jelas konflik apa yang sedang berkembang. Tanyakan pada setiap orang “Ada issue apa?”, lalu tanyakan pula “Apa kepedulian Anda di sini? atau “Apa yang kamu rasakan dan manfaat dari pertengkaran ini”. Secara berkala tanyakan pula “Apa yang ingin Anda capai dan bagamana kita harus mengerjakannya?”
2. It’s not you versus me; it’s you and me versus the problem
3. Identify your shared concerns against your one shared separation.
Lakukan identifikasi orang-orang yang memiliki kepedulian yang sama dengan Anda dan orang–orang yang justru berseberangan dengan Anda. Jika dihadapkan pada suatu konflik, buatlah semacam kesepakatan dengan kelompok yang memiliki hubungan paling kuat (dimana Anda menyetujuinya), tidak dengan kelompok yang paling lemah. Ini akan lebih mudah dan juga lebih efektif, apabila Anda hendak mengalihkan hal-hal yang disetujui maupun tidak disetujui. Pahami sudut pandang mereka dan berikan penghargaan atas perbedaaan yang ada.
4. Sort out interpretations from facts.
Memilah interpretasi berdasarkan fakta. Jangan meminta suatu pendapat dari orang yang sedang berkonflik, karena hanya akan memperoleh pendapat dan penafsiran versi mereka. Tetapi sebaiknya ungkapkan “Apa yang telah kamu lakukan atau katakan?” pertanyaan semacam ini akan lebih menggiring pada fakta, yang selanjutnya dapat dijadikan dasar bagi pemecahan konflik
5. Develop a sense of forgieness.
Kembangkan rasa untuk memaafkan. Tidak mungkin terjadi rekonsiliasi tanpa belajar memaafkan kesalahan orang lain. Banyak orang melakukan perdamaian tetapi tidak bisa mengubur kejadian yang sudah-sudah sehingga pada hari kemudian memunculkan lagi pertengkaran. Oleh karena itu, setiap orang penting untuk dibelajarkan mau memaafkan orang lain secara tulus. Yang lalu biar berlalu, hari ini kenyataan dan esok hari adalah harapan!
6. Learn to listen actively
Belajar mendengar secara aktif. Putarlah paradigma dari ungkapan “ Ketika saya bicara, orang lain mendengarkan” menjadi “Ketika saya mendengarkan, orang lain berbicara kepada saya”. Mendengarkan dengan tujuan untuk memahami, bukan untuk menjawab Mulailah dengan berusaha memahami, kemudian menjadi dipahami. Setidaknya dengan cara ini, akan membantu melepaskan ego atau uneg-uneg yang bersangkutan (katarsis)
Terakhir, berusaha mensucikan hati. Hati yang bersih merupakan benteng utama dari berbagai serangan dari luar dan juga akan pembimbing kita dalam setiap tindakan. Anda tidak akan mendapatkan konflik atau kekerasan dari orang lain, jika dalam hati dan jiwa Anda bersemayam kebajikan. Rasa benci, iri dan dengki yang bercokol di hati kerapkali menjadi pemicu terjadinya konflik.
Struktur Kurikulum Merdeka SD Excel
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pelayanan ke dalam muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran dituangkan dalam kompetensi kompetensi yang dimaksud, terdiri atas standar Kompetensi, kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum.
Berdasarkan Lampiran 1 Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor : 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah telah menjelaskan bagaimana Struktur Kurikulum Merdeka dijelaskan sebagaimana berikut:
Struktur Kurikulum Merdeka PAUD
Struktur Kurikulum pada PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA), terdiri atas:
Struktur Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Dasar dan Menengah
Struktur Kurikulum pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah dibagi menjadi 2 kegiatan utama, yaitu:
Kegiatan pembelajaran intrakurikuler untuk setiap mata pelajaran mengacu pada capaian pembelajaran. Kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila ditujukan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan
Pemerintah mengatur beban belajar untuk setiap muatan atau mata pelajaran dalam Jam Pelajaran (JP) per tahun. Satuan pendidikan mengatur alokasi waktu setiap minggunya secara fleksibel dalam 1 (satu) tahun ajaran.
Satuan pendidikan menambahkan muatan lokal yang ditetapkan oleh pemerintah daerah sesuai dengan karakteristik daerah. Satuan pendidikan dapat menambahkan muatan tambahan sesuai karakteristik satuan pendidikan secara fleksibel, melalui 3 (tiga) pilihan sebagai berikut:
1. Mengintegrasikan
ke dalam mata pelajaran lain;
2. Mengintegrasikan
ke dalam tema projek penguatan profil pelajar Pancasila; dan/atau
3. Mengembangkan mata pelajaran yang berdiri sendiri
Struktur Kurikulum pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah sebagai berikut:
a. Fase A untuk kelas I dan kelas II;
b. Fase B untuk kelas III dan kelas IV; dan
c. Fase C untuk kelas V dan kelas VI.SD/MI dapat mengorganisasikan muatan pembelajaran menggunakan pendekatan mata pelajaran atau tematik. Proporsi beban belajar di SD/MI terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:
- Pembelajaran Intrakurikuler; dan
- Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dialokasikan sekitar 20% (dua puluh persen) beban belajar per tahun.
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik muatan maupun waktu pelaksanaan. Secara muatan, projek harus mengacu pada capaian profil pelajar Pancasila sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran. Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama.
Pada Tahun Pelajaran 2024/2025 hampir sebagian SD/MI telah melaksanakan Kurikulum Merdeka. Untuk membantu bapak ibu guru berikut contoh struktur Kurikulum Merdeka SD/MI Tahun 2024/2025.
Unduh Struktur Kurikulum SD Tahun Pelajaran 2024/2025.
Menciptakan Waktu Membaca
Tulisan ini terinspirasi dari Leo Babauta, penulis blog Zen Habits.
Tapi saya berusaha menciptakan waktu.Dari mana saya punya waktu?
Ciptakan waktu ....... !
Setiap orang tentu punya cita-cita besar. Ada yang ingin menulis buku, ada yang mau membuat blog. Ada yang ingin memperbaiki karir menjadi pengawai negeri, atau swasta yang sukses, adapula yang berencana membangun bisnis baru. Namun apa yang terjadi? Semuanya dibiarkan begitu saja. Rencana tinggal rencana.
Kita bercita-cita, tapi tidak berusaha mewujudkannya. Kita berharap apa yang diinginkan terjadi, tapi tak pernah menyediakan waktu mengerjakannya. Kita terus bermimpi semoga datang suatu hari di mana kita punya waktu luang yang begitu banyak sehingga bisa melakukan apa yang kita inginkan.
Percayalah bapak/ibu, waktu itu tidak akan datang. Kecuali Anda menciptakannya. Ya, ciptakan waktu untuk melakukan sesuatu yang Anda anggap penting. Ciptakan waktu agar Anda bisa mengerjakan apa yang seharusnya Anda lakukan.
Ketika Anda mengeluh sangat sibuk, lelah, banyak pekerjaan, tidak punya waktu, dan segudang alasan lain, maka yakinlah Anda tidak sedang menuju jalan yang dicita-citakan.
Ketika harus menulis di blog ini, saya memiliki pekerjaan full time, memiliki tiga orang anak kecil-kecil yang melelahkan dan butuh perhatian, belum lagi harus mengurus sebuah lembaga sekolah yang jumlah muridnya begitu besar, mengikuti berbagai organisasi, menyiapkan materi untuk sosialisasi BOS di Kecamatan, dan harus menyusun Jurnal ilmiah dll Sangat mudah mengatakan, saya sibuk. Saya tidak mungkin membuat blog dan mengisinya secara rutin.
Saya menulis halaman demi halaman sepulang kerja sehingga bisa menulis satu artikel setiap minggu dan bahkan setiap hari. Hari demi hari berlalu dan sekarang saya sudah memiliki Puluhan Artikel. Saya menulis paragraf demi paragraf, mencicilnya setiap hari, sehingga dalam sebulan jadilah sebuah referensi bahan bacaan. Saya merekam video demi video, membuat presentasi, menyiapkan buku kerja.
Sebagian saya ciptakan dari mematikan TV. Sebagian lagi saya dapatkan dengan mengurangi tidur dan bangun di tengah malam. Waktu yang berharga saya hemat dengan tidak sering-sering WA dan Facebook-an tanpa tujuan. Saya putus distraksi digital untuk membantu saya berkonsentrasi melakukan pekerjaan penting.
Saya manfaatkan waktu yang biasanya terbuang dalam perjalanan. Saya menghafalkan sesuatu yang harus aku hafalkan di atas motor ketika pulang pergi ke tempat kerja untuk mempertajam ingatan. Saya menyusun rencana dan mengumpulkan ide di atas motor, di dalam WC dan Kamar mandi. Saya menulis artikel di GASEBO saat termenung. Terkadang saya juga bisa menulis satu artikel ketika menunggu anakku yang sedang les di lembaga belajar.
Saya menciptakan waktu untuk melakukan sesuatu yang penting dan bermanfaat untuk saya lakukan. Dan saat ini, saya duduk santai di sekolah sambil menulis artikel ini agar memberi inspirasi buat Anda.
Lantas, apa yang Anda lakukan sekarang? Sudahkah bersahabat dengan waktu? Atau Anda terus menerus mengeluh tidak punya waktu?
Orang besar tidak pernah kehabisan waktu. Mereka mengelolanya. Waktu kita semua sama, punya 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
Ciptakan waktu buat diri Anda. Kerjakan apa yang Anda cita-citakan. Lakukan apa yang Anda yakin memberi maslahat buat diri Anda dan orang banyak.
Lomba Budaya Mutu | Manajemen Berbasis Sekolah
Tingkat Kabupaten Bojonegoro
Latihan Soal Kompetisi Sains Nasional Tahun 2023 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Online
Kompetisi Sains Nasional (KSN) diselanggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dan dilakukan secara rutin tiap tahunnya untuk dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta.
Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu, melalui kegiatan KSN SD ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif
Untuk menguji kemampuan kalian berikut latihan soal OSN/KSN Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Contoh Latihan Soal Kompetisi Sains Nasional sesuai kisi-kisi tahun 2023
Kompetisi Sains Nasional (KSN) diselanggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dan dilakukan secara rutin tiap tahunnya untuk dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu, melalui kegiatan KSN SD ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif.
Berikut Latiah soal OSN/KSN Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bisa di download DISINI
Latihan Soal OSN (KSN) Mapel IPA Tahun 2023 by sukis on Scribd
Untuk dapat mengikuti lomba KSN khususnya mata pelajaran Matematika, diperlukan persiapan yang matang. Belajar soal-soal KSN Matematika SD/MI dengan cara membeli buku soal latihan maupun dengan cara unduk kumpulan soal-soal KSN beserta pembahasannya, mulai dari latihan soal Matematika seleksi tingkat Kecamatan, Kabupaten sampai ke tingkat Nasional.
Contoh soal KSN Mata Pelajaran Matematika bisa di download DISINI
Soal Latihan Kompetisi Siswa Nasional Mapel Matematika by sukis on Scribd
Laporan Pengembangan Diri Bimbingan Teknis (Bimtek) Seri AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) 2023
Lomba Budaya Mutu (LBM) Pembelajaran
Budaya mutu sekolah merupakan
faktor penting dalam pendidikan untuk membentuk siswa menjadi manusia yang
berakhlak mulia, jujur, bertanggungjawab, optimis, berani, terampil,
berperilaku kooperatif, ulet, disiplin, dan berintegritas. Kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi telah membawa dampak perubahan dalam berbagai aspek
kehidupan manusia, untuk itu perlu diupayakan penguasaan serta peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi .
Sekolah yang memiliki keunggulan budaya mutu dapat dilihat dari beberapa
variabel yang mempengaruhinya, yaitu manajemen sekolah, proses pembelajaran,
kegiatan ekstrakurikuler, kinerja
perpustakaan, dan pelayanan kesehatan melalui usaha kesehatan sekolah. Untuk
mewujudkan sekolah berbudaya mutu,
faktor penting yang perlu mendapat perhatian, adalah
1)
perencanaan yang terukur,
2)
pengorganisasian yang jelas,
3)
pelaksanaan yang efektif dan efisien,
4)
melakukan monitoring dan evaluasi kemajuan secara berkelanjutan
Pendidik dan Tenaga Kependidikan SD Negeri Banjaran Baureno Bojonegoro
![]() |
| SUKIS, S.Pd Kepala SD Negeri Banjaran |
We are not “Just Teachers”, we are the managers of the world’s greatest resource: children!
|
| ||
Siti Sumarti, S.Pd
Guru Kelas VI |
Hj. Nanik Sri A, S.Pd
Guru Kelas I
|
Hj. Suhartatik, S.Pd
Guru Kelas IIa
|
|
|
| |
Sutomo, S.Pd
Guru Kelas Va |
Moch Ghofar, S.Pd.I
Guru PAI
|
Sumiati, S.Pd.SD
Guru Kelas IV
|
|
|
|
|
Ari Noviyanto, S.Pd
Guru PJOK
|
Cicik Dian F, S.Pd
Guru Kelas Vb & OPS
|
Andri Nur Utomo
Guru PAI & PKB Aisber
|
|
| ||
Siti Mu'jiyah, S.Pd.SD
Guru Kelas IIb
|
Abdul Wakhid
Staf Khusus KS
|























