Upacara Bendera

Instilling Love for the Motherland through a Flag Ceremony at SD Negeri Ngemplak II Baureno Bojonegoro.

The creativity of SDN Ngemplak II students in the “Kriya Anyam” competition

Motto : SD Negeri Ngemplak II Cerdas, Aktif, Kreatif, Educative dan Peduli.

Sekolah Penggerak Angkatan III

Pengembangan hasil belajar siswa secara holistic, mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, yang diawali dengan SDM yang unggul.

PRAKTIK BAIK

Pengalaman baik yang diangkat dari aktivitas guru dan siswa dalam program sekolah.

KOMBEL GEN CAKEP SDN NGEMPLAK II

Sarana Belajar dan berbagi baktik Baik serta Refleksi Pembelajaran.

Cara Gabung atau Join Kelas di Google Classroom


Kegiatan Ekstakurikuler Pramuka SDN Banjaran-Baureno-Bojonegoro "Contoh Program Eksrakurikuler"

Kegiatan kepramukaan di Gugus Depan 141-142 Pangkalan SD Negeri Banjaran dilaksanakan setiap hari Sabtu. Kegiatan diselenggarakan melalui kegiatan ekstrakurikuler bertujuan untuk memberi wadah pengembangan nilai–nilai kepribadian, kebangsaan, budi pekerti luhur, kewiraan, keterampilan sosial, nilai-nilai cinta diri sendiri dan lingkungan sekitar melalui hidup bersih bagi peserta didik agar terbentuk sikap dan karakter yang cerdas, berani, bertanggung jawab, jujur, disiplin, setia kawan, terampil, dan mandiri serta memiliki semangat kebangsaan

Proses pembelajarannya diselenggarakan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah dalam bentuk  latihan rutin, mengikuti even–even di luar seperti kegiatan lomba kepramukaan, penjelajahan dan sebagainya. Dalam kegiatan lomba kepramukaan ditargetkan pencapaian prestasi minimal terlaksananya jambore pramuka dua tahun sekali.

Kegiatan Kepramukaan ini diikuti oleh Pramuka Siaga dan Pramuka Penggalang dari kelas I sampai dengan VI.


Gambar Kegiatan Ekstakurikuler Pramuka SD

Gambar Kegiatan Ekstakurikuler Pramuka SD

Gambar Kegiatan Ekstakurikuler Pramuka SD

Launching Gerakan Gosok Gigi pada Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka 

Pengarahan KAMABIGUS tentang Pentingnya membiasakan Gosok Gigi

Kakak Pembina Gudep SDN Banjaran mengenalkan Permainan Tradisional

Gambar Kegiatan Ekstakurikuler Pramuka SD

Gambar Kegiatan Ekstakurikuler Pramuka SD

Gambar Kegiatan Ekstakurikuler Pramuka SD

Selalu ada yang baru "Inovasi Kak TOMO dalam sela-sela kegiatan Launching Gosok Gigi 5 menit sebelum Pelajaran dimulai 
Kak Tomo dkk  mengajak adik adik pramuka Penggalang memainkan Permainan Tradisional (Gapyak)

Adik-adik Pramuka Gudep SDN Banjaran dibekali dengan Ketrampilan Seni Patung dari bahan Tanah Liat dan Plastisin

Download Program Ekstrakuler Pramuka 

Contoh Laporan Pengembangan Diri untuk keperluan usul DUPAK/PANGKAT

Salah satu kegiatan yang dapat diperhitungkan angka kreditnya bagi guru adalah kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), salah satunya adalah Pengembangan Diri. 

Bukti Fisik Akreditasi SD/MI Lengkap

Akreditasi sekolah/madrasah merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

Dalam proses akreditasi sekolah ada beberapa dukumen atau administrasi yang harus disiapkan, dokumen tersebut meliputi 8 standar pendidikan nasional.
Selengkapnya : Baca Draf instrumen akreditasi satuan pendidikan IASP 2020 jenjang SD/MI, Download Disini

Berikut ini adalah beberapa daftar dokumen bukti fisik yang harus disiapkan dalam akreditasi sekolah/ madrasah:


Administrasi Akreditasi Sekolah Lengkap

Cintai Apa Yang Engkau Kerjakan dan Kerjakan Apa Yang Engkau Cintai

Pepatah mengatakan, rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri. Pekerjaan orang lain terlihat lebih menarik daripada pekerjaan sendiri. Itulah yang terpampang di setiap perempatan perkotaan, sebuah sponsorsif dari sebuah merk rokok yang kusukai. 2 menit berdiri di perempatan Pasar Babat menjadi inspirasi tulisan ini.

Ayo Andalkan Diri Sendiri (Motivasi Jilid 1)

Dalam memulai sesuatu pekerjaan atau hal baru, hal yang biasanya dianggap kendala bagi guru adalah tidak memiliki cukup dana, kurang tenaga PNS, tidak ada dukungan dll. Pemikiran itu tentu akan menjadi penghambat bapak ibu untuk memulai pekerjaan dan berkarya dalam rangka menuju tujuan yaitu SUKSES

Belajar Mengendalikan Hati Agar Hidup Lebih Bahagia Dan Bermakna

"Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan (kesusahan)" (QS ath-Thalaq [65]:7)


Pernahkan merasa kesal karena merasa diperlakukan tidak adil oleh teman atau siapapun di sekitar kita? Pernahkah merasa menjadi orang yang menderita karena sesuatu yang kurang menyenangkan terjadi pada kita? Yah, mungkin sebagian dari kita pernah merasakan perasaan-perasaan demikian.

Inspirasi Desain Minimalis Air Mancur Di Taman SD Negeri Banjaran Menyejukkan Sekolah yang Ramah Lingkungan

Air menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia, sebagai sumber kehidupan yang menyejukkan dan memberikan ketenangan batin. Bagi sekolah ramah lingkungan yang mengutamakan fungsi setiap elemen penghuninya, keberadaan air yang diikutsertakan dalam desain taman sekolah, juga harus berfungsi optimal.

Silabus Kurikulum 13 SD Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 Revisi 2019-Terbaru

Silabus SD
Pengertian SILABUS

Pengertian Silabus adalah Sebuah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), Materi Pokok/Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator Pencapaian Kompetensi, Penilaian, Alokasi Waktu, dan Sumber Belajar.
Nah itu pengertian silabus yang baku, artinya jika silabus yang kita buat memenuhi 8 kriteria silabus di atas maka anda telah benar dalam membuat silabus secara standar minimal.
Tapi jika anda ingin mengembangkan lebih jauh maka ada baiknya jika silabus yang anda buat memperhatikan prinsip pembuatan silabus.


Adapun Prinsip Pengembangan Silabus:
Ilmiah
Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
Relevan
Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik.
Sistematis
Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
Konsisten
Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
Memadai
Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
Aktual dan Kontekstual
Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
Fleksibel
Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
Menyeluruh
Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).
Prinsip silabus ada 7 yaitu: Ilmiah, Relevan, Sistematis, Konsekuen, Memadai, Aktual dan Konstektual, Pleksibel, dan menyeluruh.


Di bawah ini ada beberapa Silabus Kelas I s.d. VI  hasil penjabaran dari prinsif pengembangan silabus, 
Baca selengkapnya DOWNLOAD..


EMPAT LANGKAH MENJAMIN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah, dalam hal ini Kemendikbud mendorong setiap satuan pendidikan untuk melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMI) agar dapat mencapai Standar Nasional Pendidikan (SNP). Adapun yang menjadi payung hukumnya  adalah Permendikbud Nomor 28 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) Dasar dan Menengah.