EMPAT LANGKAH MENJAMIN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah, dalam hal ini Kemendikbud mendorong setiap satuan pendidikan untuk melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMI) agar dapat mencapai Standar Nasional Pendidikan (SNP). Adapun yang menjadi payung hukumnya  adalah Permendikbud Nomor 28 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) Dasar dan Menengah.

Pada pasal 1 ayat 3 disebutkan bahwa "Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah adalah suatu kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi, kebijakan, dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah yang saling berinteraksi secara sistematis, terencana dan berkelanjutan.

Lalu pasal 1 ayat 4 menyatakan bahwa "Sistem Penjaminan Mutu Internal Pendidikan Dasar dan Menengah, yang selanjutnya disingkat SPMI-Dikdasmen adalah suatu kesatuan unsur yang terdiri atas kebijakan dan proses yang terkait untuk melakukan penjaminan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dasar dan satuan pendidikan menengah untuk menjamin terwujudnya pendidikan bermutu yang memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan."

Agar implementasi SPMI di sekolah dapat berjalan maka perlu diperhatikan 4 langkah Siklus SPMI yang terdiri atas: (1) Penetapan mutu sebagai acuan, (2) Pemetaan mutu, (3) Penyusunan rencana pemenuhan mutu, (4) Pelaksanaan pemenuhan mutu, dan (5) Evaluasi/audit mutu. Siklus tersebut harus dilakukan secara berurut dan berkesinambungan.

Download SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS)

0 comments:

Posting Komentar