Belajar Mengendalikan Hati Agar Hidup Lebih Bahagia Dan Bermakna

"Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan (kesusahan)" (QS ath-Thalaq [65]:7)


Pernahkan merasa kesal karena merasa diperlakukan tidak adil oleh teman atau siapapun di sekitar kita? Pernahkah merasa menjadi orang yang menderita karena sesuatu yang kurang menyenangkan terjadi pada kita? Yah, mungkin sebagian dari kita pernah merasakan perasaan-perasaan demikian.

Namun, sesungguhnya tidak ada penderitaan dalam hidup ini, kecuali kita yang sendiri yang membuat diri kita menderita. Tidak ada kesulitan sebesar dan seberat apa pun di dunia ini, kecuali hasil dari buah pikiran kita sendiri. Kitalah yang menentukan mau dibawa ke mana kehidupan ini. Mau dibawa sulit, niscaya segalanya akan menjadi sulit. Mau dibawa rumit pastilah hidup ini akan senantiasa terasa rumit. Pada akhirnya semua akan tampak hasilnya dan tidak bisa tidak, hanya kita sendiri yang harus merasakan dan menanggung akibatnya.

Sekiranya kehidupan yang terasa sempit menghimpit hendak dibuat menjadi lapang, segala yang tampak rumit dan sulit hendaknya dibuat menjadi sederhana, dan segala yang kelihatannya buram, kelabu, bahkan pekat gulita dibuat menjadi bening dan terang benderang, maka cobalah rasakan dampaknya. Kita akan terkejut teman ketika menyadari bahwa ternyata dunia ini tidak lagi tampak sempit menghimpit, dan carut marut. Memandang kehidupan ini terasa seperti berdiri di puncak menara lalu menatap langit biru nan luas membentang bertaburkan bintang yang bersinar terang, dengan semburat cahaya rembulan yang lembut menebar, menjadikan segalanya tampak lebih indah, lebih lapang, dan amat mengesankan.

 Benar bahwa: "Sesungguhnya Allah tidak berbuat zalim kepada manusia sedikit pun, tetapi manusia itulah yang berbuat zalim terhadap diri mereka sendiri" (QS Yunus [11]:44).

Padahal Dia telah tegas-tegas memberikan jaminan melalui firman-Nya, "Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan (kesusahan)" (QS ath-Thalaq [65]:7).

0 comments:

Posting Komentar