LK 1 Refleksi Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

LK 1 Refleksi Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai pembelajaran berbasis projek?

  • Sebuah pembelajaran yang menekankan pada proses, kegiatannya dikembangkan dari isu yang sedang dieksplorasi dan umumnya perlu dilakukan dengan waktu yang cukup memadai yaitu beberapa pertemuan untuk setiap tahapan alur.

Jelaskan peran masing-masing aktor berikut dalam perancangan dan penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah Bapak/Ibu dalam semester ini.

Peran Kepala Sekolah

  1. Membentuk tim projek profil dan turut merencanakan projek profil.
  2. Mendampingi jalannya projek profil dan melakukan pengelolaan sumber daya satuan pendidikan secara transparan dan akuntabel.
  3. Membangun komunikasi untuk kolaborasi antara orang tua peserta didik, warga satuan pendidikan, dan narasumber pengaya projek profil: masyarakat, komunitas, universitas, praktisi, dsb.
  4. Mengembangkan komunitas praktisi di satuan pendidikan untuk peningkatan kompetensi pendidik yang berkelanjutan
  5. Melakukan coaching secara berkala bagi pendidik
  6. Merencanakan, melaksanakan, merefleksikan, dan mengevaluasi pengembangan aktivitas dan asesmen projek profil yang berpusat pada peserta didik

Peran Guru

  1. Perencana projek - Melakukan perancangan tujuan, alur kegiatan, strategi pelaksanaan, dan asesmen projek secara berkelanjutan.
  2. Fasilitator - Memfasilitasi peserta didik dalam menjalankan projek yang sesuai dengan minatnya, dengan pilihan cara belajar dan produk belajar yang sesuai dengan preferensi peserta didik.
  3. Pendamping - Membimbing peserta didik dalam menjalankan projek, menemukan isu yang relevan, dan mengarahkan peserta didik dalam merencanakan aksi yang berkelanjutan.
  4. Supervisor dan konsultan - Mengawasi dan mengarahkan peserta didik dalam pencapaian projek, memberikan saran dan masukan secara berkelanjutan untuk peserta didik, dan melakukan asemen performa peserta didik selama projek berlangsung.
  5. Moderator -Memandu peserta didik dalam berbagai aktivitas diskusi

Peran Murid

  1. Mengasah komitmen untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah disepakati.
  2. Mengembangkan kemandirian untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran sesuai minat dan kemampuan yang dimiliki.
  3. Melakukan refleksi secara konsisten dan berkelanjutan untuk memahami potensi diri dan mengoptimalkan kemampuan

Sumber daya apa saja yang saat ini sudah dimiliki oleh sekolah sebagai sumber belajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila?

  1. Kompetensi guru yang memadai baik kualitas maupun kuantitas
  2. Anggaran yang tersedia dan terencana dalam RKAS serta pengeloan yang transparan dan akuntabel
  3. Sarana dan prasarana yang cukup memadai untuk pelaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila contoh untuk tema projek Gaya Hidup Berkelanjutan dengan topik/isu projek Memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah/sekolah dengan tanaman produktif
  4. Tersedia narasumber dari lingkungan sekitar khususnya orangtua siswa

Apa tantangan dan kendala yang dihadapi dalam dalam perancangan dan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah saat ini?

  1. Ketika projek profil sudah berjalan, ternyata masih ada perbedaan pemahaman pendidik tentang beberapa komponen projek profil, sehingga terjadi kebingungan dalam pelaksanaan
  2. Pendidik tidak dapat memenuhi alokasi waktu yang telah disepakati karena faktor eksternal/ tak terduga (kegiatan kedinasan dan lain-lain).

0 comments:

Posting Komentar