Kegiatan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah yang ditujukan kepada guru dengan tujuan memberikan bantuan profesional. Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan pada satuan pendidikan diperlukan berbagai faktor yang urgen untuk dibina dan dikembangkan secara aktif inovatif, diantaranya tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan staf serta faktor pendukung lain yaitu sarana dan prasarana dan sebagainya. Guru yang kurang memahami tugas pokok dan fungsi secara jelas.
Eksistensi Kepala
Sekolah merupakan bagian integral dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.
Bersama guru dan staf lainnya berkolaborasi secara aktif, kreatif, inovatif,
dan variatif membina dan mengembangkan mutu Pendidikan pada sistem satuan
pendidikan.
Salah satu tugas
pokok Kepala Sekolah adalah melaksanakan fungsi-fungsi supervisi akademik
maupun supervisi manajerial kelas. Supervisi akademik adalah kegiatan membina
dan membantu guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran/bimbingan dan
kualitas hasil belajar siswa. Sedangkan supervisi manajerial kelas adalah
proses kegiatan memberikan pembinaan, penilaian dan bantuan/bimbingan dalam
kaitannya dengan administrasi kelas, misal: kesiswaan, sarana, program 5K,
BP/BK di kelas, dll.
Dalam konteks di atas untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan amatlah diperlukan program supervisi sekolah yang terpola secara sistematis, akuntabel, dan berkelanjutan.
Tujuan Program Supervisi Kepala Sekolah
Tujuan dari program supervisi kepala sekolah adalah untuk meningkatkan kualitas Pembelajaran di sekolah. Dengan melakukan supervisi, kepala sekolah dapat mengevaluasi kinerja guru dan staf sekolah, mengidentifikasi kebutuhan pengembangan profesional, dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu, program supervisi juga dapat membantu kepala sekolah dalam mengambil keputusan strategis dan memastikan bahwa sekolah berfungsi dengan efektif dan efisien.
Jenis Supervisi yang dilakukan Kepala Sekolah
Supervisi Akademik
Supervisi akademik dilakukan untuk memastikan bahwa proses pembelajaran di sekolah berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kepala sekolah akan memantau kegiatan belajar mengajar, melakukan evaluasi terhadap guru dan siswa, serta memberikan masukan untuk perbaikan mutu pendidikan.
Supervisi Manajerial
Supervisi manajerial dilakukan untuk memastikan bahwa semua aspek manajemen sekolah berjalan dengan baik. Kepala sekolah akan memantau kegiatan administrasi, keuangan, dan sumber daya manusia di sekolah. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa semua kegiatan di sekolah dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
Supervisi Kepribadian
Supervisi kepribadian dilakukan untuk memantau perkembangan kepribadian siswa dan guru di sekolah. Kepala sekolah akan memperhatikan aspek-aspek seperti sikap, nilai-nilai, dan kedisiplinan siswa serta guru. Tujuannya adalah untuk membantu siswa dan guru mengembangkan kepribadian yang baik dan positif.
Supervisi Instruksional
Supervisi instruksional dilakukan untuk memastikan bahwa guru mengajar dengan baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kepala sekolah akan memantau proses pembelajaran di kelas, memberikan masukan untuk perbaikan mutu pengajaran, serta memberikan bimbingan kepada guru yang membutuhkan
Sistematika Program Supervisi Kepala Sekolah
Sistematika Program Supervisi Kepala Sekolah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN.
BAB II. TUGAS POKOK, FUNGSI DAN PRINSIP SUPERVISI
BAB III. STRATEGI DAN PENDEKATAN
BAB IV. PROGRAM SUPERVISI
- Perencanaan Pembelajaran
- Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran
- Penilaian Aktifitas Siswa dalam Pembelajaran
- Peniliaian Kelengkapan Sarana Ruang Pembelajaran
BAB V PENILAIAN
BAB VI PENUTUP
LAMPIRAN
Contoh Program Supervisi Kepala Sekolah secara lengkap seperti di bawah ini
0 comments:
Posting Komentar