Upacara Bendera

Instilling Love for the Motherland through a Flag Ceremony at SD Negeri Ngemplak II Baureno Bojonegoro.

The creativity of SDN Ngemplak II students in the “Kriya Anyam” competition

Motto : SD Negeri Ngemplak II Cerdas, Aktif, Kreatif, Educative dan Peduli.

Sekolah Penggerak Angkatan III

Pengembangan hasil belajar siswa secara holistic, mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, yang diawali dengan SDM yang unggul.

PRAKTIK BAIK

Pengalaman baik yang diangkat dari aktivitas guru dan siswa dalam program sekolah.

KOMBEL GEN CAKEP SDN NGEMPLAK II

Sarana Belajar dan berbagi baktik Baik serta Refleksi Pembelajaran.

SISTEMATIKA LAPORAN BPU PPTK OJL PKB KS/M ProDEP Tahun 2014



LAPORAN OJL PENGELOLAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

COVER.................................................................................................................... i
KATA PENGANTAR............................................................................................ ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................... 1
A.    Latar belakang................................................................................................
B.     Tujuan............................................................................................................
C.     Hasil kegiatan yang diharapkan ....................................................................
BAB II RENCANA KEGIATAN OJL.................................................................. 3
A.    Pengelolaan  Pendidik dan Tenaga Kependidikan........................................
B.     Pemberdayaan  Pendidik dan Tenaga Kependidikan....................................
  BAB III PELAKSANAAN KEGIATAN OJL.................................................... 6
A.    Pengelolaan  Pendidik dan Tenaga Kependidikan........................................
B.     Pemberdayaan  Pendidik dan Tenaga Kependidikan....................................
BAB IV KENDALA DAN SOLUSI PEMECAHAN.......................................... 9
A.    Kendala Pengelolaan PTK dan Solusi Pemecahan........................................
B.     Kendala pemberdayaan PTK dan Solusi Pemecahan....................................
BAB V PENUTUP................................................................................................ 12
A.    Simpulan........................................................................................................
B.     Saran..............................................................................................................
LAMPIRAN.......................................................................................................... 15
1.      Foto Kegiatan................................................................................................
2.      Hasil pengisian Format-format LK dalam OJL…................................
Dokumen yang menjadi tagihan BPU            



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
 Keterampilan kepala sekolah/madrasah dalam mengelola dan memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah berdampak pada kualitas kinerja sekolah/madrasah. Kepemimpinan kepala sekolah/ madrasah dalam mendorong peningkatan kemampuan profesi pendidik dan tenaga kependidikan, membangun kolaborasi dan kerjasama antarstaf, mengkaji dan mengevaluasi kinerja staf merupakan contoh-contoh pemberdayaan pendidik  dan  tenaga  kependidikan.  Upaya memberdayakan  pendidik  sangat  penting dilakukan sebagai salah satu upaya mendukung layanan prima pendidik dan tenaga kependidikan kepada semua peserta didik agar mampu meningkatkan prestasi belajar mereka masing-masing secara signifkan.
Pada kegiatan OJL ini, Kepala sekolah akan mengkaji program Pengelolaan Pendidik  dan  Tenaga  Kependidikan  (PPTK),  memahami  permasalahan-permasalahan tentang pendidik dan tenaga kependidikan, merevisi program PPTK, memetakan kualitas dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, serta melakukan reposisi personalia dan revisi struktur organisasi sekolah/madrasah sesuai, situasi, kondisi, dan kebutuhan sekolah/madrasah dengan mempertmbangkan aspek sosial inklusi, dengan tdak bersikap diskriminatf  terhadap perbedaan  individu. Kegiatan OJL ini, diharapkan Kepala sekolah dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam mengelola pendidik dan tenaga kependidikan, memudahkan mengerjakan  tugas-tugas  sekolah/madrasah,  dan  mengem-bangkan  ide-ide  inovatif  kepada teman sejawat khususnya tentang pengelolaan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan. PPTK pentng dilakukan sebagai salah satu upaya mendukung  layanan pembelajaran yang bermutu dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bagi tap peserta didik.
(dapat dikembangkan lagi oleh kepala sekolah)

B.     Tujuan
     Setelah  kegiatan OJL  ini,  diharapkan  kepala sekolah/madrasah mampu:
1. Merencanakan program pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan.
2. Memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optmal.

C.     Hasil kegiatan yang diharapkan  
     Setelah  kegiatan OJL  ini,  diharapkan  kepala sekolah/madrasah memiliki:
1. Program perencanaan pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan.
2. Program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optmal.



BAB II
RENCANA KEGIATAN OJL
A.    Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan          
1.      Analisis Kebutuhan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
2.      Melakukan Perekrutan dan Seleksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
3.      Memetakan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
4.      Melakukan Penempatan dan Pembagian Tugas Pendidik dan Tenaga Kependidikan
5.      Melakukan Evaluasi Penilaian Kinerja
6.      Melakukan Penilaian Diri pada Pemberian Kompensasi
7.      Menyusun Program Pengembangan Karir
8.      Menyusun Program Pelatihan
9.      Mengkaji Ulang Program PPTK
10.  Menyempurnakan Program PPTK
    
B.     Pemberdayaan  Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1.      Mengidentfkasi Diskripsi Tugas Pendidik dan  Tenaga Kependidikan
2.      Mengkaji Struktur Organisasi
3.      Menyusun Struktur Organisasi


BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN OJL
A.    Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan          
1.      Analisis Kebutuhan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
2.      Melakukan Perekrutan dan Seleksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
3.      Memetakan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
4.      Melakukan Penempatan dan Pembagian Tugas Pendidik dan Tenaga Kependidikan
5.      Melakukan Evaluasi Penilaian Kinerja
6.      Melakukan Penilaian Diri pada Pemberian Kompensasi
7.      Menyusun Program Pengembangan Karir
8.      Menyusun Program Pelatihan
9.      Mengkaji Ulang Program PPTK
10.  Menyempurnakan Program PPTK
    
B.     Pemberdayaan  Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1.      Mengidentfkasi Diskripsi Tugas Pendidik dan  Tenaga Kependidikan
2.      Mengkaji Struktur Organisasi
3.      Menyusun Struktur Organisasi



BAB IV
KENDALA DAN SOLUSI PEMECAHAN
A.    Kendala Pengelolaan PTK dan Solusi Pemecahan
  B. Kendala pemberdayaan PTK dan Solusi Pemecahan

Sistematika Laporan BPU Supervisi Akademik (SUPAK) OJL PKB KS/M (ProDEP) Tahun 2014

LAPORAN OJL SUPERVISI AKADEMIK
COVER.................................................................................................................... i
KATA PENGANTAR............................................................................................ ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................... 1
A.    Latar belakang................................................................................................
B.     Tujuan............................................................................................................
C.     Hasil kegiatan yang diharapkan ....................................................................
BAB II RENCANA KEGIATAN OJL.................................................................. 3
A.    Perencanaan Supervisi Akademik..................................................................
B.     Perencanaan Pelaksanakan Supervisi Akademik...........................................
C.     Perencanaan Analisis Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik......................
D.    Perencanaan Umpan Balik dan Rencana Tindak Lanjut................................
E.     Perencanaan Menyusun Laporan Hasil Supervisi Akademik ..............
BAB III PELAKSANAAN KEGIATAN OJL...................................................... 6
A.    Pelaksanaan pembuatan Perencanaan Supervisi Akademik...........................
B.     Pelaksanakan Kegiatan Supervisi Akademik.................................................
C.     Menganalisis Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik...................................
D.    Memberikan Umpan Balik dan Rencana Tindak Lanjut................................
E.     Menyusun Laporan Hasil Supervisi Akademik .............................................
BAB IV KENDALA DAN SOLUSI PEMECAHAN.......................................... 9
A.    Kendala Membuat Perencanaan Supervisi Akademik dan Solusi Pemecahan                      
B.     Kendala Pelaksanakan Supervisi Akademik dan solusi pemecahan..............
C.     Kendala Menganalisis Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik Solusi Pemecahan               
D.    Kendala Memberikan Umpan Balik dan Rencana Tindak Lanjut Solusi Pemecahan           
E.     Kendala Menyusun Laporan Hasil Supervisi Akademik......................
BAB V PENUTUP................................................................................................ 12
A.    Simpulan........................................................................................................
B.     Saran..............................................................................................................
LAMPIRAN.......................................................................................................... 15
1.      Foto Kegiatan................................................................................................
2.      Hasil pengisian Format-format LK dalam OJL…................................
3.      Dokumen yang menjadi tagihan BPU ................................................. 

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Supervisi akademik adalah  tugas utama kepala  sekolah/madrasah dalam menentukan kualitas  pendidikan  di  sekolah/madrasah.  Kepala  sekolah/madrasah  harus  memiliki komitmen  bersama  untuk  menggerakkan  guru  dan  peserta  didik    berpikir  krits, berkreasi,  berinovasi,  memecahkan  masalah  dan  menciptakan  pembelajaran  efektf.
Pelaksanaan supervisi akademik secara terprogram, berkesinambungan, akan tercapai layanan proses pembelajaran bermutu. Pembelajaran yang dipimpin oleh guru yang berkualitas akan meningkatkan prestasi peserta didik.
Kepala  sekolah/madrasah  sebagai  pemimpin  harus  memastkan  bahwa  semua  guru mendapat  pelayanan  supervisi  akademik.  Setap  guru  harus  mendapatkan  layanan yang sama tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, status sosial ekonomi, dan yang berkebutuhan khusus. Layanan yang sama tanpa diskriminasi juga harus diberikan kepada para peserta didik dalam proses pembelajaran.
Bahan Pembelajaran Utama akan memandu Kepala sekolah sebagai kepala sekolah/madrasah untuk mengembangkan kompetensi Kepala sekolah dalam melaksanakan tugas supervisi akademik. Kepala sekolah akan melakukan pembelajaran melalui kegiatan In-1, On, dan  In-2. Pada  In-1 Kepala sekolah akan melakukan kegiatan pembelajaran melalui belajar bersama dengan  sesama  kepala  sekolah  dan  dipandu  oleh  fasilitator  baik  dengan  tatap muka maupun  memanfaatkan  teknologi.  Pada  On Kepala sekolah akan melakukan kegiatan pembelajaran melalui praktk lapangan di sekolah/madrasah tempat Kepala sekolah bertugas.
 (dapat dikembangkan lagi oleh kepala sekolah)
B.     Tujuan
Setelah OJL Pelaksanaan Supervisi Akademik ini, diharapkan kepala sekolah mampu:
1.      Menyusun perencanaan supervisi akademik
2.      Melaksanakan supervisi akademik
3.      Menganalisis hasil supervisi akademik
4.      Menentukan tindak  lanjut hasil supervisi akademik  terhadap guru dalam  rangka peningkatan profesionalisme guru.
5.      Menyusun laporan hasil supervisi akademik.
                
C.     Hasil kegiatan yang diharapkan  
Hasil yang diharapkan dari kegiatan OJl Supervisi Akademik ini adalah :
1.      Program perencanaan supervisi akademik
2.      Program pelaksanakan supervisi akademik
3.      Program analisis hasil supervisi akademik
4.      Program tindak lanjut hasil supervisi akademik
5.      Dokumen laporan hasil supervisi akademik

BAB II
RENCANA KEGIATAN OJL
A.    Perencanaan Supervisi Akademik
(menguraikan tentang beberapa hal terkait dengan : )
1.      Perencanaan Mengidentifikasi Permasalahan Pembelajaran
2.      Perencanaan Menentukan Tujuan Supervisi Akademik
3.      Perencanaan Membuat Jadwal Supervisi Akademik
4.      Perencanaan Memilih Teknik Supervisi Akademik
5.      Perencanaan Memilih Instrumen Supervisi Akademik
                
B.     Perencanaan Pelaksanakan Supervisi Akademik
(menguraikan tentang beberapa hal terkait dengan : )
1.      Perencanaan Melaksanakan Supervisi Perangkat Pembelajaran
2.      Perencanaan Melaksanakan Supervisi Proses Pembelajaran
3.      Perencanaan Melaksanakan Supervisi Penilaian Pembelajaran

C.     Perencanaan Analisis Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik   
(menguraikan tentang beberapa hal terkait dengan : )
1.      Perencanaan Melaksanakan Analisis Hasil Supervisi Akademik di Sekolah/Madrasah
2.   Dst
D.    Perencanaan Umpan Balik dan Rencana Tindak Lanjut
(menguraikan tentang beberapa hal terkait dengan : )
1.      Perencanaan Menyusun Rencana Umpan Balik
2.      Perencanaan Proses Pembelajaran Guru di Sekolah/Madrasah
3.      Perencanaan Menyusun Rencana Tindak Lanjut Perbaikan
          
E.     Perencanaan Menyusun Laporan Hasil Supervisi Akademik
(menguraikan tentang beberapa hal terkait dengan : )
       Perencanaan Menyusun Laporan Hasil Supervisi Akademik pada Sekolah/Madrasah