Tugas Belajar Di Rumah melalui Online yang Membahagiakan Siswa

Saat ini siswa telah memasuki pekan ketiga pembelajaran dari rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Setiap sekolah memiliki teknik dan cara yang berbeda-beda dalam pelaksanaannya. Ada yang mengirim tugas melalui grup WhatsApp kelas, memanfaatkan aplikasi pembelajaran online.

Di tengah mengantisipasi penyebaran Covid-19 ini SD Negeri Banjaran berusaha memberikan tugas yang membahagiakan siswa? Langkah yang dilakukan sekolah adalah :

1. Kepala sekolah bersama guru telah mengkalkulasi sebaran tugas untuk setiap mata pelajaran di setiap kelas. Sebagai manajer kepala sekolah telah mendesain siklus tugas yang diberikan guru.
2. Tugas diberikann secara bertahap Pemberian tugas secara bertahap menjadikan pembelajaran lebih dimengerti oleh anak. Kemungkinan anak mengerti lebih dalam pada setiap bahasan yang lebih besar. Pemberian tugas secara bertahap juga membuat guru lebih mudah dalam menggorganisasi materi dan pengecekan secara rutin.
3.  Melalui pembelajaran online guru berusaha menarik empati siswa dan orangtua untuk bersma-sama mendidik dengan hati sehingga tidak menjadi beban siswanya. Guru telah memgajak siswa melakukan refleksi pembelajaran di rumah. Terutama untuk mendapat masukan dan memperbaiki proses pembelajaran di rumah melalui komentar balikan
4. Guru dan orangtua berusaha membantu pemerintah agar para siswa tetap sehat di tengah wabah Covid 19. Social distancing membuat mereka tidak bisa belajar bersama, guru harus mendesain tugas agar siswa bisa merasa sedang rekreasi di rumah sendiri. Misalnya, ganti tugas meringkas dengan membuat peta pikiran. Membuat peta pikiran akan membelajarkan siswa memaknai bacaan tanpa dipaksa. Imajinasi dan kreativitas siswa akan berkembang dan bisa membuat mereka bahagia.
Semoga layanan yang kami berikan, dapat meninkatkan kualitas guru, siswa dan orangtua.
Sebagai bahan latihan, bacaan dan soal yang telah dikerjakan siswa dapat di unduh di laman https://sukisspd.blogspot.com/

KELAS I
Tugas 1. Mengenal Gejala Corona Download
Tugas 2. Matematika Download
Tugas 3. Bahasa. Indonesia Download


0 comments:

Posting Komentar