RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Kelas
/ Semester : I / I
Tema : Diriku
Subtema
1 : Aku dan Teman
Baru
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang di anutnya
2. Memiliki
perilaku jujur , disiplin , tanggung jawab , santun , peduli , dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga , teman , dan guru
3. Memahami
pengetahuan factual dengan cara mengamati ( mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang di
jumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyanyikan
pengetahuan factual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASARss
AGAMA
1.1 Terbiasa
berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S Al-
Fatihah
PPKn
4.2 Melaksanakan
tata tertib dirumah
BAHASA
INDONESIA
4.4 Menyampaikan teks cerita diri / personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
SBDP
4.1
Menggambar ekspresi dengan mengolah
garis,warna dan,bentuk berdasarkan hasil
pengamatan dilingkungan
PJOK
4.3
mempraktekkan pada gerak dasar
manipulative yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan permainan tradisional
C. INDIKATOR
AGA MA
1.1.1
Mengulang bacaan do’a
sebelum belajar
1.1.2
Megulang bacaan do’a
sesudah belajar
1.1.3
Menyatakan dalam sikap
berdo’a sebelum belajar
PPKn
4.2.5 Melaksanakan sikap dan perilaku
patuh pada aturan / kebiasan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari disekolah
4.2.6 Melaksanakan
peraturan pada permainan di sekolah
SBDP
4.1.3 Membedakan warna pokok dan warna
sekunder
4.1.6 Memberi
hiasan pada kartu nama
PJOK
4.3.2 Melakukan gerakan melempar
4.3.3 Melakukan gerakan menangkap
D. TUJUAN
1. Setelah
mengikuti permaian lempar bola, siswa dapat memperkenalkan diri
dengan menyebutkan nama panggilan secara benar
2. Dengan
melakukan permaian siswa dapat
menyebutkan nama lengkap dengan benar
3. Setelah
mendengarkan penjelasan guru ,siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi
E. MATERI
1. Berdo’a
( Sebelum dan sesudah belajar )
2. Sikap
berdo’a yang baik
3. Sikap
dan perilaku patuh pada aturan dirumah dan disekolah
4. Memperkenalkan
diri nama panggilan dan nama lengkap
5. Menghias
dan mewarnai kartu nama
6. Melakukan
gerakan melempar dan menangkap
F. PENDEKATAN
/ METHODHE
a. Ceramah
b. Tanya
Jawab
c. Demonstrasi
d.
Penugasan
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing
2. Melakukan
komonikasi kehad iran siswa
3. Mengajak
semua siswa menyanyi “ Siapa namamu”
4. Bertanya
jawab tentang syair lagu
5. Menginformasikan
tujuan pembelajaran yang akan dibelajarkan
|
10
menit
|
Inti
|
1. Guru
memberi contoh cara memperkenalkan
diri
2. Guru
membimbing salah satu siswa untuk memperkenalkan diri
3. Siswa
memperagakan perkenalan diri dengan temannya melalui melempar menangkap bola
4. Guru
mengajak siswa bernyanyi sambil
mengingat kembali nama-nama teman
5. Siswa
membentuk posisi melingkar sambil
bernyanyi menepuk salah satu siswa,lalu siswa menyebutkan namanya begitu
seterusnya
6. Guru
membagikan kartu nama dengan nama masing-masing siswa
7. Siswa
dengan bimbingan guru menghias dan mewarnai kartu nama yang telah dibagikan
8. S
iswa bersama guru menempelkan hasil karya menghias dan mewarnai kartu nama
|
150
menit
|
Penutup
|
1. Guru
memberikan pemantapan materi
2. Memberikan
tugas / PR
3. Mengajak
semua siswa untuk bernyanyi
4. Mengajak
semua siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA
1. Diri Siswa
2. Bola
3. Kartu
Nama
4. Buku
Pelajaran
I. PENILAIAN
1. Prosedur
Penilaian
a. Penilaian
Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran
sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir
b. Penilaian
hasil belajar : Tes Lisan
2. Instrumen
Penilaian
a. Penilaian
proses : - Penilaian produk dan Penilaian Kinerja
b. Penilaian
hasil belajar : Isian singkat
Mengetahui Guru
kelas I
Kepala
Sekolah
SUKIS, S.Pd NING
SUCI, S.Pd
NIP. 19711006 199506 1 001 NIP
0 comments:
Posting Komentar