AYO ANDALKAN DIRI SENDIRI

Dalam memulai sesuatu pekerjaan atau hal baru, hal yang biasanya dianggap kendala bagi guru adalah tidak memiliki cukup dana, kurang tenaga PNS, tidak ada dukungan dll. Pemikiran itu tentu akan menjadi penghambat bapak ibu untuk memulai pekerjaan dan berkarya dalam rangka menuju tujuan yaitu SUKSES.

Ingatlah rumus dalam melaksanakan apapun adalah memulainya dari diri sendiri. Bukankah Agama juga telah memberi sebuah pelajaran “INDIVIUALISTIS” dimana digambarkan dalam kehidupan kelak setiap orang hanya mempertanggung jawabkan amalnya masing2. Satu sama lain sudah tidak bisa saling tolong menolong, karena sibuk dengan amalnya masing2. Begitulah di era modern ini, kita harus sungguh2 cakap dan berani mengandalkan diri sendiri. Namun ANDA harus bisa diandalkan dalam kerja TIM. Anda boleh mengandalkan orang lain,  Namun bersiaplah untuk kemungkinan kecewa.

Untuk mengandalkan diri sendiri ANDA harus percaya diri, dan agar ANDA percaya diri ANDA harus memenuhi diri dengan berbagai KEKUATAN. Kita harus menjadi diri yang terbaik dan diri yang dapat diandalkan. Jangan hanya karena banyak orang yang tidak setuju dengan kita, kemudian kita akan menjadi orang lain.
Ingat pesan JOHN F. KENEDY “Jika anda tidak punya musuh, menunjukkan anda adalah orang yang tidak berkarakter”

Untuk mengandalkan diri sendiri ANDA juga perlu mengetahui siapakah diri ANDA. TAHU DIRI adalah langkah awal ANDA untuk SUKSES dibidang apapun termasuk suksesnya lembaga SDN Kadungrejo I ini. TAHU DIRI jauh lebih penting dari sekedar PERCAYA DIRI. Coba inventarisasi daftar POTENSI dan KELEMAHAN anda, betapa kompleknya diri kita ini sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

Para Filosof mengatakan “ Al insanu alamus shogir “ manusia itu adalah alam semesta kecil. Bahkan ada yang mengatakan “ Al insanu alamul kabir “ manusia itu adalah alam semesta besar. Hingga Rosulullah bersabda “ Man Arofa Nafsah Faqod Arofa Robbah “ barang siapa yang mengetahui dirinya maka dia akan mengetahui Tuhannya. Sehingga harus kita yakini apabila kita mau menggunakan seluruh potensi pada diri kita maka kita akan menjadi seperti apapun yang kita inginkan.

Tak ubahnya seperti HP canggih, walaupun sudah dilengkapi dengan ratusan ribu fitures, namun jika hanya kita gunakan telephone, SMS maka HP itu akan sama dengan HP jadul lainnya.

Jawablah dengan bukti 

Kita sering mendapat komentar, olok-olok, cemoohan bahhkan hinaan saat mau memulai usaha, pekerjaan atau apapun yang akan kita lakukan di sekolah ini. Tenang saja .... Jangan ANDA balas dengan kata-kata, NAMUN balaslah dengan membuktikan kalau ANDA bisa. Pesan saya . . . . Kalau orang-orang di sekitar ANDA memberimu jeruk maka jadikan JUICE ISTIMEWA, kalo nasi sudah terlanjur jadi bubur, jadikan BUBUR SPESIAL

0 comments:

Posting Komentar