MEDIA MENGHAFAL JUZ AMMA
PERMAINAN COPI KARA SEBAGAI MEDIA MENGHAFAL JUZ AMMA
PADA SISWA SDN KADUNGREJO 1
Muhammad Zidnii
Nuron1, Nur Kholifatul
Fadhilah2, Retno Kurnia Putri 3, Nur Hidayah 4, Dian
Karismah5
1) Program Studi Pendidikan
Matematika STKIP PGRI Jombang
email: zidniinuron@gmail.com
2) Program Studi Pendidikan
Matematika STKIP PGRI Jombang
3) Program Studi Pendidikan
Matematika STKIP PGRI Jombang
4) Program Studi Pendidikan
Matematika STKIP PGRI Jombang
5) Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI
Jombang
email: dianfazha@gmail.com
PERMAINAN COPI KARA SEBAGAI MEDIA MENGHAFAL JUZ AMMA PADA SISWA SDN KADUNGREJO 1
PERMAINAN COPI KARA SEBAGAI MEDIA MENGHAFAL JUZ AMMA
PADA SISWA SDN KADUNGREJO 1
Muhammad Zidnii
Nuron1, Nur Kholifatul
Fadhilah2, Retno Kurnia Putri 3, Nur Hidayah 4, Dian
Karismah5
1) Program Studi Pendidikan
Matematika STKIP PGRI Jombang
email: zidniinuron@gmail.com
2) Program Studi Pendidikan
Matematika STKIP PGRI Jombang
3) Program Studi Pendidikan
Matematika STKIP PGRI Jombang
4) Program Studi Pendidikan
Matematika STKIP PGRI Jombang
5) Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI
Jombang
email: dianfazha@gmail.com
ABSTRAK
Inovasi dalam pengelolaan
pendidikan di maksudkan agar dapat membantu proses pendidikan dalam pencapaian
tujuan. Pendidikan
sebagai bagian dari kebudayaan merupakan sarana penerus nilai dan gagasan,
sehingga setiap orang mampu berperan serta dalam transformasi nilai demi
kemajuan bangsa dan negara. SDN
Kadungrejo 1 berada di wilayah paling utara kecamatan Baureno dan perbatasan
dengan kabupaten Tuban. Letak sekolah yang berada di pinggiran Bengawan Solo
mengakibatkan sekolah menjadi langganan banjir setiap tahunnya. Kondisi ekonomi
orang tua siswa rata-rata dalam kategori ekonomi lemah.
Pemanfaatan
permainan Congklak
Pintar Kartu Acak (Copi Kara) memiliki tujuan yaitu memberdayakan minat siswa SDN Kadungrejo 1
dalam menghafal Juz Amma dan memberikan pengetahuan baru tentang pemanfaatan
budaya permainan congklak sebagai alat
bantu pembelajaran menghafal Juz Amma. Permainan congklak sebagai media
belajar, dapat
mempermudah menghafal dan menumbuhkan semangat anak dalam mempelajari Juz Amma beserta makna
yang terkandung di dalamnya. Metode pelaksanaannya yakni siswa mempelajari ilmu
tajwid dalam Al Qur’an dengan bacaan yang benar dan fasih, kemudian pengajar
dapat mengkolaborasikan permainan Copi
Kara dalam menghafal. Selanjutnya dapat di
mainkan pada
setiap kelompok peserta didik untuk saling mempraktekkan hafalan dalam
permainan. Melalui pemanfaatan permainan Copi Kara pada siswa SDN Kadungrejo 1,
diharapkan minat siswa dalam menghafal Juz Amma dapat tumbuh dan
terealisasikan. Progam ini menggunakan metode yang rinci dan terjadwal mulai
dari persiapan awal sampai dengan praktik pelaksanaan pembelajaran dengan hasil
pembelajaran mandiri dan kreatif melalui pentas mandiri. Pada akhirnya,
permainan Copi Kara diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru
tentang pemanfaatan budaya permainan
congklak sebagai alat pembelajaran dalam menghafal Juz Amma.
Kata
Kunci : Juz Amma, papan congklak, kartu acak
ABSTRAC
Innovation in education management are intended to
help the process of education in achieving the goals. Education as part of the
culture is a means successor values and ideas, so that everyone can
participate in the transformation of values for the progression of the
nation. SDN Kadungrejo 1 located in the northern Baureno districts and border with
Tuban regency. The location of the school on the Bengawan Solo river result in
schools becoming flooded ever year. The economic condition of students parent
on average weak economy category. Utilization of game Smart Congklak Scramble
Card”Congklak Pintar Kartu Acak (Copi Kara)” has the goal of empowering
students' interest in memorizing SDN Kadungrejo 1 Juz Amma and provide new
knowledge about the use of culture congklak game as a learning tool to memorize
Juz Amma. Congklak games as a media of learning, it can make easy for
memorization and growing the spirit of a child in learning Juz Amma and also
the meaning in Juz Amma. Methods of implementation which students learn the
science of “Tajwid” of the Qur'an by reading the true and fluently, then
teachers can collaborate Copi Kara game in memorizing. Furthermore, it can be
played on any group of learners to practice memorizing in the game. Through the
utilization Copi Kara game of the student SDN Kadungrejo 1, expected students'
interest in memorizing Juz Amma can grow and realized. This program uses a
detailed method and the scheduled start from the frist preparation to the
implementation of learning practices with the results of independent and
creative learning through independent stage. In the end, the game Copi Kara is
expected to provide new knowledge about the use of culture congklak game as a
learning tool to memorize Juz Amma.
Keywords: Juz Amma, congklak board, scramble card
1.
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Revolusi
ilmu pengetahuan dan teknologi, perubahan masyarakat, pemahaman cara belajar
anak, kemajuan media komunikasi dan informasi dan lain sebagainya memberi arti
tersendiri bagi kegiatan pendidikan. Tantangan tersebut menjadi salah satu
dasar pentingnya inovasi dalam pengelolaan pendidikan dan pembelajaran yang di
maksudkan agar dapat membantu proses pendidikan dalam mencapai tujuan.
Disamping itu, pendidikan sebagai bagian dari kebudayaan merupakan sarana
penerus nilai-nilai dan gagasan-gagasan, sehingga setiap orang mampu berperan
serta dalam transformasi nilai demi kemajuan bangsa dan negara.
Laporan OJL ProDEP Tahun 2014 BPU Pilihan ( BPU Keuangan)
COVER.................................................................................................................... i
KATA
PENGANTAR............................................................................................ ii
DAFTAR
ISI.......................................................................................................... iii
BAB
I PENDAHULUAN...................................................................................... 1
A. Latar belakang................................................................................................
B. Tujuan............................................................................................................
C. Hasil kegiatan yang diharapkan ....................................................................
BAB
II RENCANA KEGIATAN OJL.................................................................. 3
A. Perencanaan Mengidentifikasi Sumber
Pendapatan dan Menyusun Rencana Usaha Peningkatan Sumber Pendapatan
Sekolah/Madrasah......................................................................
B. Perencanaan Mereview RKA-S/M dan
Menyusun RKA-S/M Perubahan
C. Perencanaan Melakukan Perencanaan
Pembelanjaan dan Pembukuan..........
D. Perencanaan Membuat Laporan Pertanggungjawaban
Keuangan Sekolah/Madrasah
BAB
III PELAKSANAAN KEGIATAN OJL...................................................... 6
A. Mengidentifikasi Sumber Pendapatan dan
Menyusun Rencana Usaha Peningkatan Sumber Pendapatan Sekolah/Madrasah..........................................................................................
B. Mereview RKA-S/M dan Menyusun RKA-S/M
Perubahan.........................
C. Melakukan Perencanaan Pembelanjaan dan
Pembukuan...............................
D. Membuat Laporan Pertanggungjawaban
Keuangan Sekolah/Madrasah
BAB
IV KENDALA DAN SOLUSI PEMECAHAN.......................................... 9
A. Kendala Mengidentifikasi Sumber
Pendapatan dan Menyusun Rencana Usaha Peningkatan Sumber Pendapatan Sekolahdan
solusi Pemecahan....................................................
B. Kendala Mereview RKA-S/M dan Menyusun
RKA-S/M Perubahan dan solusi pemecahan
C. Kendala Melakukan Perencanaan
Pembelanjaan dan Pembukuan dan Solusi
Pemecahan
D. Kendala Membuat Laporan Pertanggungjawaban
Keuangan Sekolahdan Solusi Pemecahan
BAB
V PENUTUP................................................................................................ 12
A. Simpulan........................................................................................................
B. Saran..............................................................................................................
LAMPIRAN.......................................................................................................... 15
1. Foto Kegiatan................................................................................................
2. Hasil pengisian Format-format LK dalam
OJL…................................
3. Dokumen yang menjadi tagihan BPU .................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Pengelolaan
keuangan sekolah secara akuntabel,
transparan, dan efsien akan menciptakan suasana sekolah yang kondusif
bagi peningkatan kualitas sekolah Suasana
sekolah yang demikian, akan membuat
guru, siswa, dan orang tua dapat memberikan dukungan dengan penuh
kesungguhan yang akhirnya dapat meningkatkan prestasi peserta didik tanpa
membedakan jenis kelamin, suku, agama, atau golongan. Dengan demikian,
kepercayaan orangtua dan masyarakat pada sekolah yang Kepala sekolah pimpin
akan semakin meningkat.
Berdasarkan
alasan di atas, kompetensi pengelolaan keuangan
sekolahsangatlah pentng untuk Kepala sekolah kuasai. Dengan memahami
kompetensi ini, Kepala sekolah dapat lebih mudah mempertahankan keberlangsungan
beberapa kegiatan sekolahyang memang perlu dilakukan karena dana tersedia.
Ketersediaan dana ini sebagai dampak pengaturan dan pengelolaan keuangan sekolahsecara
efsien.
BPU
ini akan
memfasilitasi Kepala sekolah untuk
mengelola keuangan sekolah berdasarkan Rencana
Kegiatan dan Anggaran
Sekolah RKA-S) melalui identfkasi sumber-sumber pendapatan sekolah, mereview RKA-S,
melaksanakan pembelanjaan dan
pembukuan keuangan sekolah, dan membuat laporan pertangung-jawaban
keuangan sekolah.
Lokasi
sekolah pada contoh kasus tdak dinyatakan secara jelas agar memberi
persepsi sama untuk
semua wilayah Indonesia.
Nama kepala sekolah atau pejabat lain dalam berbagai
contoh tdak disebutkan.
Kegiatan ini dapat Kepala sekolah lakukan melalui beberapa strategi sepert
berpikir refektf, workshop,
tanya-jawab, studi dokumen,
studi kasus, kerjasama
tm, refeksi dan penilaian diri, diskusi kelompok, diskusi
kelas, pendampingan (mentoring), membuat
dan presentasi laporan, serta kegiatan lain yang relevan.
(dapat
dikembangkan lagi oleh kepala sekolah)
B. Tujuan
Setelah kegiatan OJL pengelolaan keuangan
ini, kepala sekolah diharapkan mampu:
1. Mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan sekolah ;
2. Mereview Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah
(RKA-S/M);
3. Melaksanakan pembelanjaan dan pembukuan
keuangan sekolah;
4. Membuat laporan pertanggungjawaban
keuangan sekolah .
C. Hasil kegiatan yang diharapkan
. Setelah
kegiatan OJL pengelolaan keuangan ini,
diharapkan kepala sekolah memiliki :
1. Dokumen identifikasi sumber-sumber pendapatan sekolah ;
2. Dokumen Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah
(RKA-S/M) yang direvisi
3. Dokumen pedoman Melaksanakan pembelanjaan
dan pembukuan keuangan sekolah ;
4. Dokumen laporan pertanggungjawaban keuangan sekolah
BAB
II
RENCANA
KEGIATAN OJL
A. Perencanaan Mengidentifikasi Sumber
Pendapatan dan Menyusun Rencana Usaha Peningkatan Sumber Pendapatan
Sekolah/Madrasah
1. Memetakan Sumber-Sumber Pendapatan SekolahBerdasarkan
Dokumen Pendapatan Sekolah/Madrasah
2. Menyusun Rencana Usaha Peningkatan
Pendapatan Sekolah/Madrasah
3. Membuat
Perkiraan Pendapatan Berdasarkan Sumber-Sumber Pendapatan
B. Perencanaan Mereview RKA-S/M dan
Menyusun RKA-S/M Perubahan
1. Menelaah Prioritas Kegiatan RKA-S/M
2. Menyusun RKA-S/M Perubahan
C. Perencanaan Melakukan Perencanaan
Pembelanjaan dan Pembukuan
1. Perencanaan dan Monev Pembelanjaan
2. Pendalaman tentang Pembukuan
Pembelanjaan
3. Menyusun dan atau Memperbaiki Pembukuan
4. Pengawasan Keuangan Sekolah/Madrasah
D. Perencanaan Membuat Laporan
Pertanggungjawaban Keuangan Sekolah/Madrasah
1. Mengkaji Laporan Keuangan
2. Membuat Laporan Keuangan
3. Membuat Publikasi Laporan Keuangan
BAB
III
PELAKSANAAN
KEGIATAN OJL
A. Mengidentifikasi Sumber Pendapatan dan
Menyusun Rencana Usaha Peningkatan Sumber Pendapatan Sekolah/Madrasah
1. Memetakan Sumber-Sumber Pendapatan SekolahBerdasarkan
Dokumen Pendapatan Sekolah/Madrasah
2. Menyusun Rencana Usaha Peningkatan
Pendapatan Sekolah/Madrasah
3. Membuat
Perkiraan Pendapatan Berdasarkan Sumber-Sumber Pendapatan
B. Mereview RKA-S/M dan Menyusun RKA-S/M
Perubahan
1.
Menelaah
Prioritas Kegiatan RKA-S/M
2.
Menyusun
RKA-S/M Perubahan
C. Melakukan Perencanaan Pembelanjaan dan
Pembukuan
1. Perencanaan dan Monev Pembelanjaan
2. Pendalaman tentang Pembukuan
Pembelanjaan
3. Menyusun dan atau Memperbaiki Pembukuan
4. Pengawasan Keuangan Sekolah/Madrasah
D. Membuat Laporan Pertanggungjawaban
Keuangan Sekolah/Madrasah
1. Mengkaji Laporan Keuangan
2. Membuat Laporan Keuangan
3. Membuat Publikasi Laporan Keuangan
BAB
IV
KENDALA
DAN SOLUSI PEMECAHAN
A. Kendala Mengidentifikasi Sumber
Pendapatan dan Menyusun Rencana Usaha Peningkatan Sumber Pendapatan Sekolahdan
solusi Pemecahan
B. Kendala Mereview RKA-S/M dan Menyusun
RKA-S/M Perubahan dan solusi pemecahan
C. Kendala Melakukan Perencanaan
Pembelanjaan dan Pembukuan dan Solusi
Pemecahan
D. Kendala Membuat Laporan
Pertanggungjawaban Keuangan Sekolahdan Solusi Pemecahan
BAB
V PENUTUP
A. Simpulan
(menyimpulkan tentang proses
kegiatan OJl ini merupakan aktivitas
yang mampu membentuk kompetensi KS dalam pengelolaan Kurikulum)
B. Saran
(menyampaikan saran-saran pemanfaatan
pengalaman penyempurnaan pengelolaan kurikulum bagi lembaga dan lembaga lain,
termasuk strategi diseminasinya ke lembaga lain)
LAMPIRAN
1. Foto Kegiatan
2. Hasil pengisian Format-format LK yang
dikerjakan selama OJL
3. Dokumen yang menjadi tagihan
Langganan:
Komentar (Atom)










