Upacara Bendera

Instilling Love for the Motherland through a Flag Ceremony at SD Negeri Ngemplak II Baureno Bojonegoro.

The creativity of SDN Ngemplak II students in the “Kriya Anyam” competition

Motto : SD Negeri Ngemplak II Cerdas, Aktif, Kreatif, Educative dan Peduli.

Sekolah Penggerak Angkatan III

Pengembangan hasil belajar siswa secara holistic, mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, yang diawali dengan SDM yang unggul.

PRAKTIK BAIK

Pengalaman baik yang diangkat dari aktivitas guru dan siswa dalam program sekolah.

KOMBEL GEN CAKEP SDN NGEMPLAK II

Sarana Belajar dan berbagi baktik Baik serta Refleksi Pembelajaran.

SISTEMATIKA LAPORAN OJL PENGKAJIAN BPU KURIKULUM (PRGRAM ProDEP)


DAFTAR ISI

COVER.................................................................................................................... i
KATA PENGANTAR............................................................................................ ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................... 1
A.    Latar belakang................................................................................................
B.     Tujuan.............................................................................................................
C.     Hasil kegiatan yang diharapkan ....................................................................
BAB II RENCANA KEGIATAN OJL.................................................................. 3
A.    Pengkajian Dokumen KTSP...........................................................................
B.    Merevisi Dokomen KTSP..............................................................................
C.    Pengkajian Dokumen RPP.............................................................................
D.    Merevisi Dokomen RPP.................................................................................
BAB III PELAKSANAAN KEGIATAN OJL...................................................... 6
A.    Kegiatan Pengkajian Dokumen KTSP...........................................................
B.    Kegiatan Merevisi Dokomen KTSP...............................................................
C.    Kegiatan Pengkajian Dokumen RPP..............................................................
D.    Kegiatan Merevisi Dokomen RPP.................................................................
BAB IV KENDALA DAN SOLUSI PEMECAHAN.......................................... 9
A.    Kendala Penyempurnaan Dokumen KTSP....................................................
B.    Kendala Penyempurnaan Dokumen RPP.......................................................
C.    Solusi Pemecahan kegiatan penyempurnaan KTSP.......................................
D.    Solusi Pemecahan kegiatan penyempurnaan RPP................................
BAB V PENUTUP................................................................................................ 12
A.    Simpulan.........................................................................................................
B.    Saran...............................................................................................................
LAMPIRAN.......................................................................................................... 15
1.      Foto Kegiatan.................................................................................................
2.      Hasil pengisian Format-format LK dalam OJL…................................
3.      Dokumen yang menjadi tagihan BPU .................................................

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Pengelolaan kurikulum akan dilakukan melalui serangkaian kegiatan mengkaji komponen dokumen KTSP dan Rencana Pelaksanaan  Pembe-lajaran  (RPP).
Kemampuan pengelolaan  kurikulum  ini pentng  agar  kepala sekolah mampu merencanakan, melaksanakan,  dan mengevaluasi  kurikulum  secara  efektf,  sehingga  dapat  dijadikan panduan bagi  guru dalam menerapkan kurikulum  untuk menciptakan proses pembelajaran yang mendidik, beragam, dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan prestasi peserta didik. Dengan demikian, visi dan misi sekolah/madrasah dapat dipahami serta diwujudkan ke dalam sikap, perilaku, kebiasaan, kinerja, dan profl lulusan  sekolah/madrasah  yang mengacu  pada  tuntutan masyarakat  Indonesia  Baru: Cerdas dan Kompettf.
BPU pengelolaan kurikulum meliput dua topik utama, yaitu: dokumen KTSP dan RPP yang mengacu pada standar yang berlaku. Setiap topik terbagi menjadi sub-sub topik yang masing-masing meliput pengenalan  komponen dokumen, pengkajian dokumen, dan revisi dokumen. Selanjutnya, pencapaian setap subtopik dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang sesuai.
Kegiatan-kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap, meliput : In-service Learning 1  (In-1), On  the  Job  Learning  (On), dan In-service Learning 2 (In-2). Pada tahap  In-1, Kepala sekolah akan melakukan kegiatan berpikir refektf, diskusi, identfkasi, curah pendapat (brainstorming), studi kasus, bermain peran, simulasi, dan lain-lain. Pada tahap On di sekolah/madrasah tempat Kepala Sekolah bertugas, kepala sekolah akan melakukan praktik mengkaji dan merevisi dokumen  KTSP dan  RPP berdasarkan kurikulum yang berlaku. Pada tahap In-2, kepala sekolah memaparkan laporan hasil kajian dan revisi terhadap dokumen KTSP dan RPP selama kegiatan On.
Pada kegiatan ON di SDN ...................... dilakukan dengan berpedoman pada RTL yang telah kami buat pad kegiatan In 1. Kegiatan On dimulai dengan mengumpulkan semua guru kemudian menjelaskan dst...... (dapat dikembangkan lagi oleh kepala sekolah)
B.     Tujuan
Kegiatan pembelajaran mengelola pengembangan kurikulum sesuai dengan arah dan Peraturan Menteri Pendidikan  Nasional  Nomor  13 Tahun 2007; maka kegiatan ini bertujuan untuk meningkakan kemampuan kepala sekolah dalam mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.
C.    Hasil kegiatan yang diharapkan          
Setelah kegiatan on the Job Learning dalam pengelolaan kurikulum diharapkan kepala sekolah memiliki :
1.  Dokumen KTSP;
2.  menyempurnakan dokumen RPP.      
BAB II
RENCANA KEGIATAN OJL

A.    Pengkajian Dokumen KTSP
Dalam rangka mengkaji dan merevisi dokumen KTSP, bersama dengan Kepala Sekolah lain dan didampingi pengawas Pembina sebelumnya  menetapkan kriteria dokumen KTSP yang baik berdasarkan panduan penyusunan KTSP sebagaimana yang tercantum dalam Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014. Untuk menetapkan kriteria tersebut,kita mengggunakan LK7.
Setelah menetapkan kriteria dokumen KTSP yang baik, selanjutnya mengkaji dokumen KTSP bersama pihak-pihak yang terlibat antara lain Kepala sekolah, guru, Komite Sekolah  dst.................. yang selanjutnya disebut dengan Tim pengembang KTSP. Dalam mengkaji dokumen ini Tim Pengembang menggunakan Instrumen Kajian Contoh Dokumen KTSP pada (LK-14 ).
Adapun rencana pelaksanaan pengkajian dokumen KTSP secara rinci seperti pada tabel berikut.
Tabel 1 : Agenda rencana pelaksanaan pengkajian
No
Hari/Tanggal
Uraian Kegiatan
Keterangan












 *  Isi sesuai kegiatan yang sudah dilakukan, usahakan sesuai dengan RTL yang telah dibuat

Berdasar hasil kajian bersama Tim Pengembang KTSP, dibuatlah rekomendasi perbaikan dokumen KTSP yang sesuai dengan kriteria yang baik. Rekomendasi tersebut antara lain :
1           .................
2           .................
3           ...........dst
B.     Merevisi Dokumen KTSP
Berdasarkan rekomendasi perbaikan dokumen KTSP yang sesuai dengan kriteria yang baik. Tim Pengembang KTSP dengan dibina pengawas selama ....kali, melakukan  revisi dokumen KTSP. Pada komponen-komponen KTSP yang direkomendasikan kemudian dilakukan perbaikan. Revisi ini dilakukan dengan menulis ulang dokumen  KTSP hasil revisi. Hal ini disebabkan karena dokumen KTSP yang dibuat belum mengacu pada regulasi baru yaitu Permendikbu Nomor 61 Tahun 2014. Dimana pada tahun Pelajaran 2014/2015 ini SD Negeri ................ masih menggunakan dua kurikulum yaitu ....................... untuk kelas .............. dan ......................... untuk kelas ................
 Dst ......................Dokumen KTSP hasil revisi ini adalah dokumen yang akan menjadi acuan pelaksanaan kurikulum di SD Negeri .................. Kecamatan ..................... Kabupaten JOMBANG
( menguraikan tentang rencana merevisi dokumen KTSP yang meliputi pokok-pokok yang direvisi sesuai hasil kajian, pihak-pihak yang dilibatkan dan agenda rencana pelakssanaan merevisi dokumen KTSP)       
    
C.    Pengkajian Dokumen RPP
( menguraikan tentang rencana pengkajian RPP yang meliputi pokok-pokok yang dikaji, guru-guru yang dilibatkan dan agenda rencana pelakssanaan pengkajian RPP)              

D.    Merevisi Dokomen RPP           
( menguraikan tentang rencana merevisi dokumen RPP yang meliputi pokok-pokok yang direvisi sesuai hasil kajian, guru-guru yang dilibatkan dan agenda rencana pelakssanaan merevisi dokumen KTSP)          

BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN OJL
A.    Kegiatan Pengkajian Dokumen KTSP
( menguraikan tentang pelaksanaan pengkajian KTSP yang meliputi langkah-langkah pengkajian mulai dari persiapan, pelaksanaan sesuai rencana yang dibuat)

B.     Kegiatan Merevisi Dokomen KTSP
( menguraikan tentang pelaksanaan merevisi KTSP yang meliputi langkah-langkah merevisi mulai dari persiapan, pelaksanaan sesuai rencana yang dibuat)
                
C.    Kegiatan Pengkajian Dokumen RPP
( menguraikan tentang pelaksanaan pengkajian RPP yang meliputi langkah-langkah pengkajian mulai dari persiapan, pelaksanaan sesuai rencana yang dibuat)

D.    Kegiatan Merevisi Dokomen RPP
(menguraikan tentang pelaksanaan merevisi KTSP yang meliputi langkah-langkah merevisi mulai dari persiapan, pelaksanaan sesuai rencana yang dibuat)
                

BAB IV
KENDALA DAN SOLUSI PEMECAHAN

A.    Kendala Penyempurnaan Dokumen KTSP
(menjelaskan kendala-kendala yang dihadapi dalam proses penyempurnaan dokumen KTSP dari sisi personal, waktu, dan sarana prasarana)
                
B.     Kendala Penyempurnaan Dokumen RPP
(menjelaskan kendala-kendala yang dihadapi dalam proses penyempurnaan dokumen RPP dari sisi personal, waktu, dan sarana prasarana)
                
C.    Solusi Pemecahan kegiatan penyempurnaan KTSP
(menjelaskan solusi pemecahannya untuk mengatasi kendala dalam penyempurnaan dokumen KTSP)           
    
D.    Solusi Pemecahan kegiatan penyempurnaan RPP
(menjelaskan solusi pemecahannya untuk mengatasi kendala dalam penyempurnaan dokumen RPP)  

BAB V
PENUTUP
A.    Simpulan
(menyimpulkan tentang proses kegiatan OJl  ini merupakan aktivitas yang mampu membentuk kompetensi KS dalam pengelolaan Kurikulum)   

B.     Saran
(menyampaikan saran-saran pemanfaatan pengalaman penyempurnaan pengelolaan kurikulum bagi lembaga dan lembaga lain, termasuk strategi diseminasinya ke lembaga lain)            

LAMPIRAN             
1.      Foto Kegiatan                 
2.      Hasil pengisian Format-format LK yang dikerjakan selama OJL                       
3.      Dokumen yang menjadi tagihan
a.       Dokumen KTSP (dijilid tersendiri)
b.      Dokumen hasil revisi RPP

FOTO GEDUNG SDN KADUNGREJO I KECAMATAN BAURENO

FOTO GEDUNG SDN KADUNGREJO I KECAMATAN BAURENO





LAPORAN OJL CAKEP LP2KS SOLO 2012



Kata Pengantar

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT. Berkat curahan rahmat dan kasih sayang-Nya, sehingga laporan akhir kegiatan On The Job Learning (OJL) pada Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah yang berjudul “Meningkatkan Kwalitas Pembelajaran Melalui Optimalisasi Supervisi akademis di SDN Karangan ini dapat diselesaikan dengan baik.
Laporan ini berisikan tentang pelaksanaan rencana tindak kepemimpinan peserta diklat Cakep, supervisi guru yunior dan bagaiman guru menyusun perangkat pembelajaran. Dalam laporan ini juga dijelaskan kondisi nyata di SDN Karangan dan SDN Sumbergede dalam menerapkan 8 standar pendidikan. Penulis banyak menjumpai kesenjangan dalam pelaksanaannya, namun penulis juga memberikan sedikit sumbangan pemikiran bagaimana alternatif pemecahannya. Dalam meninngkatkan AKPK di SDN Sumbergede penulis melakukan tindakan supervisi akademik. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi calon peserta diklat tentang supervisi akademik  
Dalam proses penyusunan hingga penyelesaian laporan ini, merupakan pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga bagi penulis. Walaupun terasa sangat melelahkan, namun berkat bantuan, bimbingan, dan dorongan dari berbagai pihak, khususnya Bapak dan Ibu pendamping Diklat, Alhamdulillah akhirnya laporan kegiatan OJL ini penulis selesaikan. Oleh karena itu, penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada :
1.      Bapak Drs. Haris, M.Pd. selaku pembimbing dari LPMP Jatim.
2.      Bapak Drs. Budi Winarsis, M.Pd. selaku pembimbing dari LPMP Jatim.
3.      Bapak Dr. Husnul Khuluq, MM selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro
4.      Bapak Drs. H. Basuki, M.Pd. selaku Kepala Bidang ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro yang menjadi penanggung jawab pelaksanaan diklat calon kepala sekolah.
5.      Bapak Drs. Kusnadi selaku Kepala Seksi Diklat Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro yang menjadi ketua pelaksana diklat.
6.      Bapak Drs. H. M. Imam  Sya'roni, MM selaku Kepala UPT Dinas Pendidikan kecamatan Kepohbaru
7.      Bapak H. Muhtadi, S.Pd. selaku Kepala SD Negeri Karangan dan Moch. Sudjai, S.Pd. Sebagai Kepala SD Negeri Sumbergede yang telah banyak membantu, memberikan masukan dan bimbingan selama pelaksanaan magang pada kegiatan OJL.
8.      Teristimewa, ucapan terima kasih penulis haturkan kepada Ibu Marni, S.Pd. sebagai guru yunior SD Negeri Karangan yang bersedia diobservasi pada kegiatan supervisi akademik peserta diklat calon kepala sekolah.
9.      Tak terlupakan, ucapan terima kasih penulis sampaikan pula kepada bapak/ibu guru dan PTT SD Negeri Karangan dan SD Negeri Sumbergede Kecamatan Kepohbaru yang telah banyak membantu memberikan data dan informasi kepada penulis dalam melakukan kajian-kajian dan pelaksanaan rencana tindak kepemimpinan calon kepala sekolah.
10.  Terakhir, ucapan terima kasih yang tak terhingga penulis sampaikan kepada semua teman peserta diklat calon kepala sekolah Kabupaten Bojonegoro tahun 2012 atas kerja sama yang terbangun selama ini mulai dari awal seleksi sampai kegiatan OJL berakhir.
Kiranya laporan kegiatan OJL ini dapat bermanfaat, dan semoga segala bantuan, bimbingan dan dorongan yang diberikan oleh berbagai pihak, mendapat balasan dari Allah SWT, Amin.



            Penulis,





DAFTAR ISI

Halaman
Halaman Judul ……………………………………………………………

i
Halaman Pengesahan……………………………………………………

ii
Kata Pengantar ……………………………………………………………

iii
Daftar Isi .........……………………………………………………………

v



BAB I
PENDAHULUAN  …………………………………………. .

1

A.    Latar Belakang  ……………....……………………….......

1

B.     Tujuan ………………………………………………….....

4

C.     Hasil Yang Diharapkan …………………………………...

5
BAB II
KONDISI NYATA SEKOLAH MAGANG …………………

7

A.    Deskripsi Singkat SD Negeri Karangan ..……..………….

7

B.     Deskripsi Singkat SD Negeri Sumbergede  …………..…..

11
BAB III
PELAKSANAAN RENCANA TINDAK KEPEMIMPINAN..

14

A.     Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Optimalisasi Supervisi Akademik di SDN Karangan …….

14

1.      Deskripsi hasil AKPK ………………….……………..

14

2.      Tahapan pelaksanaan peningkatan kompetensi supervisi ………………….……………..………….…

15

B.     Peningkatan Penyelenggaraan Pendidikan (sesuai EDS) ...

19

1.      Deskripsi hasil EDS (4 SNP) ………….……………..

19

2.      Pelaksanaan RTK 1……….……………..………….…

22

3.      Pelaksanaan RTK 2……….……………..………….…

28
BAB IV
SUPERVISI GURU JUNIOR  ………...……………………...

34

A.    Pra Observasi …………..…………………………………

34

B.     Pelaksanaan Observasi 1…………………..………………

36

C.     Pasca Observasi  1…………………..……………………

38

D.    Pelaksanaan Observasi 2 ………………..………………

41

E.     Pasca Observasi  2 …………………..……………………

42
BAB V
PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN …..……

44

A.    Silabus ..........…………..………………………………….

45

B.     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ......……………….

51

C.     Bahan Ajar ........……………………..……………………

63

D.    Instrumen Evaluasi .....………………………………….

64
BAB VI
KAJIAN HASIL ON THE JOB LEARNING ………...……

66

A.   Kajian RKS ………………………………………………

60

B.    Kajian Pengelolaan Kurikulum ……………………………

71

C.    Kajian Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan …

85

D.   Kajian Pengelola Sarana dan Prasarana Sekolah …………

90

E.    Kajian Pengelolaan Peserta Didik …………………………

97

F.     Kajian Pengelolaan Keuangan Sekolah …………………...

104

G.   Kajian Tenaga Administrasi Sekolah ……………………..

108

H.   Kajian Pemnfaatan TIK dalam Pembelajaran ……………

111

I.      Kajian Sistem Monitoring dan Evaluasi …………………

119
BAB VII
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI DI SDN SUMBERGEDE...…………………….………………….......

127
A.
Persiapan ……………………………………………………...

127
B.
Pelaksanaan …………………………………………………...

129
C.
Monitoring dan evaluasi (monev)…………………………….

129
D.
Refleksi ……………………………………………………….

130
E.
Hasil yang di peroleh ………………………………………..

131
BAB VIII
Penutup ……………………………………………………….

133
A.
Kesimpulan …………………………………………………...

127
B.
Saran-saran ……………………………………………………

127
Lampiran- lampiran


  1. Dokumen Pelaksanaan Oservasi Terhadap Guru Junior


  1. Perangkat Pembelajaran


  1. Hasil Kajian


·         Hasil Kajian Penyusunan RKS


·         Kasil Kajian Pengelolaan Kurikulum


·         Hasil Kajian Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan


·         Hasil Kajian Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah


·         Hasil Kajian Pengelolaan Peserta Didik


·         Kajian Pengelolaan Keuangan Sekolah


·         Hasil Kajian Pembinaan Tenaga Administrasi Sekolah


·         Hasil Kajian Pemanfaatan TIK Dalam Pembelajaran


·         Hasil Kajian system Monitoring dan Evaluasi


  1. Foto-foto Kegiatan


  1. Dafar Hadir dalam Kegiatan On The Job Learning (OJL)

  2.  
  3.