Upacara Bendera

Instilling Love for the Motherland through a Flag Ceremony at SD Negeri Ngemplak II Baureno Bojonegoro.

The creativity of SDN Ngemplak II students in the “Kriya Anyam” competition

Motto : SD Negeri Ngemplak II Cerdas, Aktif, Kreatif, Educative dan Peduli.

Sekolah Penggerak Angkatan III

Pengembangan hasil belajar siswa secara holistic, mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, yang diawali dengan SDM yang unggul.

PRAKTIK BAIK

Pengalaman baik yang diangkat dari aktivitas guru dan siswa dalam program sekolah.

KOMBEL GEN CAKEP SDN NGEMPLAK II

Sarana Belajar dan berbagi baktik Baik serta Refleksi Pembelajaran.

Menciptakan Waktu Membaca

Tulisan ini terinspirasi dari Leo Babauta, penulis blog Zen Habits.

Tapi saya berusaha menciptakan waktu.
Dari mana saya punya waktu?
Ciptakan waktu ....... !

Setiap orang tentu punya cita-cita besar. Ada yang ingin menulis buku, ada yang mau membuat blog. Ada yang ingin memperbaiki karir menjadi pengawai negeri, atau swasta yang sukses, adapula yang berencana membangun bisnis baru. Namun apa yang terjadi? Semuanya dibiarkan begitu saja. Rencana tinggal rencana.

Kita bercita-cita, tapi tidak berusaha mewujudkannya. Kita berharap apa yang diinginkan terjadi, tapi tak pernah menyediakan waktu mengerjakannya. Kita terus bermimpi semoga datang suatu hari di mana kita punya waktu luang yang begitu banyak sehingga bisa melakukan apa yang kita inginkan.

Percayalah bapak/ibu, waktu itu tidak akan datang. Kecuali Anda menciptakannya. Ya, ciptakan waktu untuk melakukan sesuatu yang Anda anggap penting. Ciptakan waktu agar Anda bisa mengerjakan apa yang seharusnya Anda lakukan.

Ketika Anda mengeluh sangat sibuk, lelah, banyak pekerjaan, tidak punya waktu, dan segudang alasan lain, maka yakinlah Anda tidak sedang menuju jalan yang dicita-citakan.

Ketika harus menulis di blog ini, saya memiliki pekerjaan full time, memiliki tiga orang anak kecil-kecil yang melelahkan dan butuh perhatian, belum lagi harus mengurus sebuah lembaga sekolah yang jumlah muridnya begitu besar, mengikuti berbagai organisasi, menyiapkan materi untuk sosialisasi BOS di Kecamatan, dan harus menyusun Jurnal ilmiah dll Sangat mudah mengatakan, saya sibuk. Saya tidak mungkin membuat blog dan mengisinya secara rutin.

Saya menulis halaman demi halaman sepulang kerja sehingga bisa menulis satu artikel setiap minggu dan bahkan setiap hari. Hari demi hari berlalu dan sekarang saya sudah memiliki Puluhan Artikel. Saya menulis paragraf demi paragraf, mencicilnya setiap hari, sehingga dalam sebulan jadilah sebuah referensi bahan bacaan. Saya merekam video demi video, membuat presentasi, menyiapkan buku kerja.

Sebagian saya ciptakan dari mematikan TV. Sebagian lagi saya dapatkan dengan mengurangi tidur dan bangun di tengah malam. Waktu yang berharga saya hemat dengan tidak sering-sering WA dan Facebook-an tanpa tujuan. Saya putus distraksi digital untuk membantu saya berkonsentrasi melakukan pekerjaan penting.

Saya manfaatkan waktu yang biasanya terbuang dalam perjalanan. Saya menghafalkan sesuatu yang harus aku hafalkan di atas motor ketika pulang pergi ke tempat kerja untuk mempertajam ingatan. Saya menyusun rencana dan mengumpulkan ide di atas motor, di dalam WC dan Kamar mandi. Saya menulis artikel di GASEBO saat termenung. Terkadang saya juga bisa menulis satu artikel ketika menunggu anakku yang sedang les di lembaga belajar.

Saya menciptakan waktu untuk melakukan sesuatu yang penting dan bermanfaat untuk saya lakukan. Dan saat ini, saya duduk santai di sekolah sambil menulis artikel ini agar memberi inspirasi buat Anda.

Lantas, apa yang Anda lakukan sekarang? Sudahkah bersahabat dengan waktu? Atau Anda terus menerus mengeluh tidak punya waktu?

Orang besar tidak pernah kehabisan waktu. Mereka mengelolanya. Waktu kita semua sama, punya 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Ciptakan waktu buat diri Anda. Kerjakan apa yang Anda cita-citakan. Lakukan apa yang Anda yakin memberi maslahat buat diri Anda dan orang banyak.

Lomba Budaya Mutu | Manajemen Berbasis Sekolah


LOGO 

LAPORAN KINERJA SEKOLAH DASAR
Lomba Budaya Mutu
ManajemenBerbasis Sekolah (MBS)

Disusun dalam rangka lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar
Tingkat Kabupaten Bojonegoro

Latihan Soal Kompetisi Sains Nasional Tahun 2023 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Online

Kompetisi Sains Nasional (KSN) diselanggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dan dilakukan secara rutin tiap tahunnya untuk dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta.

Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu, melalui kegiatan KSN SD ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif

Untuk menguji kemampuan kalian berikut latihan soal OSN/KSN Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.


Contoh Latihan Soal Kompetisi Sains Nasional sesuai kisi-kisi tahun 2023

Kompetisi Sains Nasional (KSN) diselanggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dan dilakukan secara rutin tiap tahunnya untuk dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu, melalui kegiatan KSN SD ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif.

Berikut Latiah soal OSN/KSN Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bisa di download DISINI

Latihan Soal OSN (KSN) Mapel IPA Tahun 2023 by sukis on Scribd

Untuk dapat mengikuti lomba KSN khususnya mata pelajaran Matematika, diperlukan persiapan yang matang. Belajar soal-soal KSN Matematika SD/MI dengan cara membeli buku soal latihan maupun dengan cara unduk kumpulan soal-soal KSN beserta pembahasannya, mulai dari latihan soal Matematika seleksi tingkat Kecamatan, Kabupaten sampai ke tingkat Nasional.

Contoh soal KSN Mata Pelajaran Matematika bisa di download DISINI
Soal Latihan Kompetisi Siswa Nasional Mapel Matematika by sukis on Scribd

Laporan Pengembangan Diri Bimbingan Teknis (Bimtek) Seri AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) 2023

Program Guru Belajar serta Berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum dirancang buat menolong para Guru/ Kepala Sekolah/ Pengawas SD, SMP, SMA/ Sekolah Menengah Kejuruan(SMK), Guru/ Kepala Sekolah SDLB, SMPLB, SMALB, serta PKBM sederajat dalam menguasai tujuan, konsep serta wujud penerapan Asesmen Nasional, dan bisa menganalisis contoh asesmen literasi membaca serta numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum.

Lomba Budaya Mutu (LBM) Pembelajaran

Budaya mutu sekolah merupakan faktor penting dalam pendidikan untuk membentuk siswa menjadi manusia yang berakhlak mulia, jujur, bertanggungjawab, optimis, berani, terampil, berperilaku kooperatif, ulet, disiplin, dan berintegritas. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa dampak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, untuk itu perlu diupayakan penguasaan serta   peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi . Sekolah yang memiliki keunggulan budaya mutu dapat dilihat dari beberapa variabel yang mempengaruhinya, yaitu manajemen sekolah, proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler,  kinerja perpustakaan, dan pelayanan kesehatan melalui usaha kesehatan sekolah. Untuk mewujudkan sekolah berbudaya  mutu, faktor penting yang perlu mendapat perhatian, adalah

1) perencanaan yang terukur,

2) pengorganisasian yang jelas,

3) pelaksanaan yang efektif dan efisien,

4) melakukan monitoring dan evaluasi kemajuan secara berkelanjutan

Pendidik dan Tenaga Kependidikan SD Negeri Banjaran Baureno Bojonegoro

SUKIS, S.Pd
Kepala SD Negeri Banjaran

We are not “Just Teachers”, we are the managers of the world’s greatest resource: children!
Siti Sumarti, S.Pd
Guru Kelas VI
Hj. Nanik Sri A, S.Pd
Guru Kelas I
Hj. Suhartatik, S.Pd
Guru Kelas IIa

Sutomo, S.Pd
Guru Kelas Va
Moch Ghofar, S.Pd.I
Guru PAI
Sumiati, S.Pd.SD
Guru Kelas IV
Ari Noviyanto, S.Pd
Guru PJOK
Cicik Dian F, S.Pd
Guru Kelas Vb & OPS
Andri Nur Utomo
Guru PAI & PKB Aisber
Siti Mu'jiyah, S.Pd.SD
Guru Kelas IIb
Abdul Wakhid
Staf Khusus KS

CARA MENGIRIM TUGAS BERUPA VIDEO DAN GAMBAR DI GOOGLE CLASSROOM

1. Buka Aplikasi Google Classroom Kalian
2. Buka Tugas pada google clasroom seperti pada gambar dibawah ini

3. Klik tanda panah ke atas seperti pada gambar


4. Klik Add Attachment

5. Pilih File,  kemudian cari vidio atau foto yang akan dikumpulkan

6. Setelah memilih vidio atau gambar yang ingin di kirim klik Mark as done

Video Senam Produktif dan Energik Bojonegoro 2020

Dalam mengisi kegiatan belajar di rumah agar menyenangkan, SD Negeri Banjaran mengajak kepada siswa siswinya untuk melakukan SENAM PRODUKTIF dan ENERGIK Bojonegoro 2020 Karya Bupati Bojonegoro (Anna Muawanah)

Dalam belajar di rumah diharapkan anak-anak SD Negeri Banjaran tetap bersemangat dan bersinergi dalam membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran COVID-19.

Mari tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat. Mari isi waktu pagi kita dengan melakukan senam PRODUKTIF dan ENERGIK Bojonegoro 2020 yang dapat di unduh di sini


Tugas Belajar Di Rumah melalui Online yang Membahagiakan Siswa

Saat ini siswa telah memasuki pekan ketiga pembelajaran dari rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Setiap sekolah memiliki teknik dan cara yang berbeda-beda dalam pelaksanaannya. Ada yang mengirim tugas melalui grup WhatsApp kelas, memanfaatkan aplikasi pembelajaran online.

Di tengah mengantisipasi penyebaran Covid-19 ini SD Negeri Banjaran berusaha memberikan tugas yang membahagiakan siswa? Langkah yang dilakukan sekolah adalah :

1. Kepala sekolah bersama guru telah mengkalkulasi sebaran tugas untuk setiap mata pelajaran di setiap kelas. Sebagai manajer kepala sekolah telah mendesain siklus tugas yang diberikan guru.
2. Tugas diberikann secara bertahap Pemberian tugas secara bertahap menjadikan pembelajaran lebih dimengerti oleh anak. Kemungkinan anak mengerti lebih dalam pada setiap bahasan yang lebih besar. Pemberian tugas secara bertahap juga membuat guru lebih mudah dalam menggorganisasi materi dan pengecekan secara rutin.
3.  Melalui pembelajaran online guru berusaha menarik empati siswa dan orangtua untuk bersma-sama mendidik dengan hati sehingga tidak menjadi beban siswanya. Guru telah memgajak siswa melakukan refleksi pembelajaran di rumah. Terutama untuk mendapat masukan dan memperbaiki proses pembelajaran di rumah melalui komentar balikan
4. Guru dan orangtua berusaha membantu pemerintah agar para siswa tetap sehat di tengah wabah Covid 19. Social distancing membuat mereka tidak bisa belajar bersama, guru harus mendesain tugas agar siswa bisa merasa sedang rekreasi di rumah sendiri. Misalnya, ganti tugas meringkas dengan membuat peta pikiran. Membuat peta pikiran akan membelajarkan siswa memaknai bacaan tanpa dipaksa. Imajinasi dan kreativitas siswa akan berkembang dan bisa membuat mereka bahagia.
Semoga layanan yang kami berikan, dapat meninkatkan kualitas guru, siswa dan orangtua.
Sebagai bahan latihan, bacaan dan soal yang telah dikerjakan siswa dapat di unduh di laman https://sukisspd.blogspot.com/