Upacara Bendera

Instilling Love for the Motherland through a Flag Ceremony at SD Negeri Ngemplak II Baureno Bojonegoro.

The creativity of SDN Ngemplak II students in the “Kriya Anyam” competition

Motto : SD Negeri Ngemplak II Cerdas, Aktif, Kreatif, Educative dan Peduli.

Sekolah Penggerak Angkatan III

Pengembangan hasil belajar siswa secara holistic, mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, yang diawali dengan SDM yang unggul.

PRAKTIK BAIK

Pengalaman baik yang diangkat dari aktivitas guru dan siswa dalam program sekolah.

KOMBEL GEN CAKEP SDN NGEMPLAK II

Sarana Belajar dan berbagi baktik Baik serta Refleksi Pembelajaran.

LAPORAN OJL CAKEP LP2KS SOLO 2012



Kata Pengantar

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT. Berkat curahan rahmat dan kasih sayang-Nya, sehingga laporan akhir kegiatan On The Job Learning (OJL) pada Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah yang berjudul “Meningkatkan Kwalitas Pembelajaran Melalui Optimalisasi Supervisi akademis di SDN Karangan ini dapat diselesaikan dengan baik.
Laporan ini berisikan tentang pelaksanaan rencana tindak kepemimpinan peserta diklat Cakep, supervisi guru yunior dan bagaiman guru menyusun perangkat pembelajaran. Dalam laporan ini juga dijelaskan kondisi nyata di SDN Karangan dan SDN Sumbergede dalam menerapkan 8 standar pendidikan. Penulis banyak menjumpai kesenjangan dalam pelaksanaannya, namun penulis juga memberikan sedikit sumbangan pemikiran bagaimana alternatif pemecahannya. Dalam meninngkatkan AKPK di SDN Sumbergede penulis melakukan tindakan supervisi akademik. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi calon peserta diklat tentang supervisi akademik  
Dalam proses penyusunan hingga penyelesaian laporan ini, merupakan pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga bagi penulis. Walaupun terasa sangat melelahkan, namun berkat bantuan, bimbingan, dan dorongan dari berbagai pihak, khususnya Bapak dan Ibu pendamping Diklat, Alhamdulillah akhirnya laporan kegiatan OJL ini penulis selesaikan. Oleh karena itu, penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada :
1.      Bapak Drs. Haris, M.Pd. selaku pembimbing dari LPMP Jatim.
2.      Bapak Drs. Budi Winarsis, M.Pd. selaku pembimbing dari LPMP Jatim.
3.      Bapak Dr. Husnul Khuluq, MM selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro
4.      Bapak Drs. H. Basuki, M.Pd. selaku Kepala Bidang ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro yang menjadi penanggung jawab pelaksanaan diklat calon kepala sekolah.
5.      Bapak Drs. Kusnadi selaku Kepala Seksi Diklat Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro yang menjadi ketua pelaksana diklat.
6.      Bapak Drs. H. M. Imam  Sya'roni, MM selaku Kepala UPT Dinas Pendidikan kecamatan Kepohbaru
7.      Bapak H. Muhtadi, S.Pd. selaku Kepala SD Negeri Karangan dan Moch. Sudjai, S.Pd. Sebagai Kepala SD Negeri Sumbergede yang telah banyak membantu, memberikan masukan dan bimbingan selama pelaksanaan magang pada kegiatan OJL.
8.      Teristimewa, ucapan terima kasih penulis haturkan kepada Ibu Marni, S.Pd. sebagai guru yunior SD Negeri Karangan yang bersedia diobservasi pada kegiatan supervisi akademik peserta diklat calon kepala sekolah.
9.      Tak terlupakan, ucapan terima kasih penulis sampaikan pula kepada bapak/ibu guru dan PTT SD Negeri Karangan dan SD Negeri Sumbergede Kecamatan Kepohbaru yang telah banyak membantu memberikan data dan informasi kepada penulis dalam melakukan kajian-kajian dan pelaksanaan rencana tindak kepemimpinan calon kepala sekolah.
10.  Terakhir, ucapan terima kasih yang tak terhingga penulis sampaikan kepada semua teman peserta diklat calon kepala sekolah Kabupaten Bojonegoro tahun 2012 atas kerja sama yang terbangun selama ini mulai dari awal seleksi sampai kegiatan OJL berakhir.
Kiranya laporan kegiatan OJL ini dapat bermanfaat, dan semoga segala bantuan, bimbingan dan dorongan yang diberikan oleh berbagai pihak, mendapat balasan dari Allah SWT, Amin.



            Penulis,





DAFTAR ISI

Halaman
Halaman Judul ……………………………………………………………

i
Halaman Pengesahan……………………………………………………

ii
Kata Pengantar ……………………………………………………………

iii
Daftar Isi .........……………………………………………………………

v



BAB I
PENDAHULUAN  …………………………………………. .

1

A.    Latar Belakang  ……………....……………………….......

1

B.     Tujuan ………………………………………………….....

4

C.     Hasil Yang Diharapkan …………………………………...

5
BAB II
KONDISI NYATA SEKOLAH MAGANG …………………

7

A.    Deskripsi Singkat SD Negeri Karangan ..……..………….

7

B.     Deskripsi Singkat SD Negeri Sumbergede  …………..…..

11
BAB III
PELAKSANAAN RENCANA TINDAK KEPEMIMPINAN..

14

A.     Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Optimalisasi Supervisi Akademik di SDN Karangan …….

14

1.      Deskripsi hasil AKPK ………………….……………..

14

2.      Tahapan pelaksanaan peningkatan kompetensi supervisi ………………….……………..………….…

15

B.     Peningkatan Penyelenggaraan Pendidikan (sesuai EDS) ...

19

1.      Deskripsi hasil EDS (4 SNP) ………….……………..

19

2.      Pelaksanaan RTK 1……….……………..………….…

22

3.      Pelaksanaan RTK 2……….……………..………….…

28
BAB IV
SUPERVISI GURU JUNIOR  ………...……………………...

34

A.    Pra Observasi …………..…………………………………

34

B.     Pelaksanaan Observasi 1…………………..………………

36

C.     Pasca Observasi  1…………………..……………………

38

D.    Pelaksanaan Observasi 2 ………………..………………

41

E.     Pasca Observasi  2 …………………..……………………

42
BAB V
PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN …..……

44

A.    Silabus ..........…………..………………………………….

45

B.     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ......……………….

51

C.     Bahan Ajar ........……………………..……………………

63

D.    Instrumen Evaluasi .....………………………………….

64
BAB VI
KAJIAN HASIL ON THE JOB LEARNING ………...……

66

A.   Kajian RKS ………………………………………………

60

B.    Kajian Pengelolaan Kurikulum ……………………………

71

C.    Kajian Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan …

85

D.   Kajian Pengelola Sarana dan Prasarana Sekolah …………

90

E.    Kajian Pengelolaan Peserta Didik …………………………

97

F.     Kajian Pengelolaan Keuangan Sekolah …………………...

104

G.   Kajian Tenaga Administrasi Sekolah ……………………..

108

H.   Kajian Pemnfaatan TIK dalam Pembelajaran ……………

111

I.      Kajian Sistem Monitoring dan Evaluasi …………………

119
BAB VII
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI DI SDN SUMBERGEDE...…………………….………………….......

127
A.
Persiapan ……………………………………………………...

127
B.
Pelaksanaan …………………………………………………...

129
C.
Monitoring dan evaluasi (monev)…………………………….

129
D.
Refleksi ……………………………………………………….

130
E.
Hasil yang di peroleh ………………………………………..

131
BAB VIII
Penutup ……………………………………………………….

133
A.
Kesimpulan …………………………………………………...

127
B.
Saran-saran ……………………………………………………

127
Lampiran- lampiran


  1. Dokumen Pelaksanaan Oservasi Terhadap Guru Junior


  1. Perangkat Pembelajaran


  1. Hasil Kajian


·         Hasil Kajian Penyusunan RKS


·         Kasil Kajian Pengelolaan Kurikulum


·         Hasil Kajian Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan


·         Hasil Kajian Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah


·         Hasil Kajian Pengelolaan Peserta Didik


·         Kajian Pengelolaan Keuangan Sekolah


·         Hasil Kajian Pembinaan Tenaga Administrasi Sekolah


·         Hasil Kajian Pemanfaatan TIK Dalam Pembelajaran


·         Hasil Kajian system Monitoring dan Evaluasi


  1. Foto-foto Kegiatan


  1. Dafar Hadir dalam Kegiatan On The Job Learning (OJL)

  2.  
  3.  


 

Cara Mengatasi Masalah Di Sekolah

Konflik dapat diartikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang dihadapkan dengan motif, keyakinan, nilai dan tujuan yang saling bertentangan. Konflik bisa dialami oleh siapapun dan di manapun, termasuk oleh komunitas di sekolah. Siswa, guru, atau pun kepala sekolah dalam waktu-waktu tertentu sangat mungkin dihadapkan dengan konflik. Konflik yang dialami individu di sekolah dapat hadir dalam berbagai bentuk, bisa dalam bentuk individu dengan individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok. Misalnya, seorang guru berhadapan seorang guru, seorang guru berhadapan dengan sekelompok guru, sekelompok guru tertentu berhadapan dengan sekelompok guru lainnya., dan sejenisnya. Konflik yang terjadi diantara mereka bisa bersifat tertutup, terbuka atau bahkan menjadi konfrontasi

RPP Kurikulum 2013 Kelas I Tema 1 Sub Tema I



RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan  Pendidikan        : Sekolah Dasar
Kelas / Semester              : I / I
Tema                                : Diriku
Subtema 1                        : Aku dan Teman Baru
Pertemuan                       : 1
Alokasi  Waktu               : 1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang di anutnya
2.      Memiliki perilaku jujur , disiplin , tanggung jawab , santun , peduli , dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga , teman , dan guru
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati ( mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin  tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang di jumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyanyikan pengetahuan  factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASARss
AGAMA
1.1  Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S Al- Fatihah
            PPKn
4.2  Melaksanakan tata tertib dirumah

            BAHASA INDONESIA
             4.4  Menyampaikan teks cerita diri / personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa    Indonesia   lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
            SBDP
            4.1  Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,warna dan,bentuk  berdasarkan hasil pengamatan dilingkungan

            PJOK
            4.3  mempraktekkan pada gerak dasar manipulative yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan permainan tradisional
C.     INDIKATOR
AGA MA
1.1.1        Mengulang bacaan do’a sebelum belajar
1.1.2        Megulang bacaan do’a sesudah belajar
1.1.3        Menyatakan dalam sikap berdo’a sebelum belajar
PPKn
                            4.2.5   Melaksanakan sikap dan perilaku patuh pada aturan / kebiasan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari disekolah
                        4.2.6   Melaksanakan  peraturan pada permainan di sekolah
            SBDP
                        4.1.3   Membedakan warna pokok dan warna sekunder
                        4.1.6   Memberi  hiasan pada  kartu nama
            PJOK
                        4.3.2   Melakukan gerakan melempar
                        4.3.3   Melakukan gerakan menangkap

D.     TUJUAN
1.      Setelah mengikuti  permaian  lempar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar
2.      Dengan melakukan  permaian siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar
3.      Setelah mendengarkan penjelasan guru ,siswa dapat menghias kartu  nama dengan rapi

E.     MATERI
1.      Berdo’a ( Sebelum dan sesudah belajar )
2.      Sikap berdo’a yang baik
3.      Sikap dan perilaku patuh pada aturan dirumah dan disekolah
4.      Memperkenalkan diri nama panggilan dan nama lengkap
5.      Menghias dan mewarnai kartu nama
6.      Melakukan gerakan melempar dan menangkap

F.      PENDEKATAN / METHODHE
a.       Ceramah
b.      Tanya Jawab
c.       Demonstrasi
d.      Penugasan

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi  Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing
2.      Melakukan komonikasi kehad iran siswa
3.      Mengajak semua siswa menyanyi  Siapa namamu
4.      Bertanya jawab tentang syair lagu
5.      Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dibelajarkan
10 menit
Inti
1.      Guru memberi  contoh cara memperkenalkan diri
2.      Guru membimbing salah satu siswa untuk memperkenalkan diri
3.      Siswa memperagakan perkenalan diri dengan temannya melalui melempar menangkap bola
4.      Guru mengajak siswa bernyanyi sambil  mengingat kembali nama-nama teman
5.      Siswa membentuk posisi melingkar   sambil bernyanyi menepuk salah satu siswa,lalu siswa menyebutkan namanya begitu seterusnya
6.      Guru membagikan kartu nama dengan nama masing-masing siswa
7.      Siswa dengan bimbingan guru menghias dan mewarnai kartu nama yang  telah dibagikan
8.      S iswa bersama guru menempelkan hasil karya menghias dan mewarnai kartu nama
150 menit
Penutup
1.      Guru memberikan pemantapan materi
2.      Memberikan tugas / PR
3.      Mengajak semua siswa untuk bernyanyi
4.      Mengajak semua siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
15  menit

H.    SUMBER DAN MEDIA
1.      Diri  Siswa
2.      Bola
3.      Kartu Nama
4.      Buku Pelajaran

I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak  dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian hasil belajar : Tes Lisan
2.      Instrumen Penilaian
a.       Penilaian proses : - Penilaian produk dan Penilaian Kinerja
b.      Penilaian hasil belajar  : Isian singkat

Mengetahui                                                                     Guru kelas I
Kepala Sekolah




SUKIS, S.Pd                                                                   NING SUCI, S.Pd
NIP. 19711006 199506 1 001                                          NIP

AYO ANDALKAN DIRI SENDIRI

Dalam memulai sesuatu pekerjaan atau hal baru, hal yang biasanya dianggap kendala bagi guru adalah tidak memiliki cukup dana, kurang tenaga PNS, tidak ada dukungan dll. Pemikiran itu tentu akan menjadi penghambat bapak ibu untuk memulai pekerjaan dan berkarya dalam rangka menuju tujuan yaitu SUKSES.