KARNAVAL HUT RI KE 69

Karnaval HUT Ke 69 Republik Indonesia SDN Kadungrejo Kecamatan Baureno I  Kabupaten Bojonegoro mengambil Tema “ Hidup Rukun Dalam Perbedaan dan Keberagaman Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara”

Karnaval dengan Tema Suku Asmad

Suku ASMAT adalah suku yang mendiami di pedalaman Papua. Suku ini adalah kaum Minoritas, karena kekuatan karakternya dapat dikenal diseluruh dunia. Selain terkenal dengan seni ukirnya, Suku Asmat juga memiliki pakaian tradisional yang khas. Seluruh bahan untuk membuat pakaian tersebut berasal dari alam. Tidak salah jika menganggap pakaian Suku Asmat merupakan representasi kedekatan mereka dengan alam.

Tidak hanya bahan, desain pakaian Suku Asmat pun terinspirasi dari alam. Pakaian laki-laki Suku Asmat, misalnya, yang dibuat menyerupai burung dan binatang lain yang dianggap melambangkan kejantanan. Sementara, rok dan penutup dada kaum perempuan menggunakan daun sagu sehingga menyerupai kecantikan burung kasuari. Secara umum, pakaian laki-laki dan perempuan Suku Asmat tidak terlalu berbeda. Pada bagian kepala, dikenakan penutup yang terbuat dari rajutan bahan dari alam

Seiring pengaruh modernisasi dan budaya dari luar, sebagian masyarakat Suku Asmat mulai meninggalkan pakaian tradisional mereka. Hanya masyarakat Suku Asmat yang tinggal di pedalaman yang masih menggunakan pakaian tradisional tersebut.


Sehingga Anak-anak SDN Kadungrejo I dalam karnafal tahun ini menggunakan pelepah pisang sebagai bahan pakaian Suku Asmat. Bahan ini dipilih karena mudah dicari disekitar lingkungan sekolah. Karena lingkungan sekitar adalah sumber belajar yang murah dan merupakan pembelajaran yang langsung dapat dipahami anak.

0 comments:

Posting Komentar