Upacara Bendera

Instilling Love for the Motherland through a Flag Ceremony at SD Negeri Ngemplak II Baureno Bojonegoro.

The creativity of SDN Ngemplak II students in the “Kriya Anyam” competition

Motto : SD Negeri Ngemplak II Cerdas, Aktif, Kreatif, Educative dan Peduli.

Sekolah Penggerak Angkatan III

Pengembangan hasil belajar siswa secara holistic, mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, yang diawali dengan SDM yang unggul.

PRAKTIK BAIK

Pengalaman baik yang diangkat dari aktivitas guru dan siswa dalam program sekolah.

KOMBEL GEN CAKEP SDN NGEMPLAK II

Sarana Belajar dan berbagi baktik Baik serta Refleksi Pembelajaran.

Pendampingan 3 KegiatanOJL PKB KS/M Kabupaten Gresik

KEGIATAN ON THE JOB LEARNING
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
KEPALA SEKOLAH/MADRASAH (PKB KS/M)
PROGRAM PRODEP
TAHUN 2014
DI KABUPATEN GRESIK
Tanggal 24 s.d 26 Nopember 2014

OJL di Kabupaten Gresik ini dilakukan untuk 2 BPU yang telah ditetapkan, yaitu BPU wajib dan BPU pilihan.Pada kunjungan ke 3 ini telah dilakukan kegiatan memantau/ monitoring Pengawas Sekolah yang sedang mendampingi Kepala Sekolah Binaan dalam melaksanakan OJL BPU Pilihan disekolah. 
Monitoring atau pendampingan oleh Widyaiswara/Pelatih terhadap pengawas yang sedang melakukan pendampingan terhadap kepala sekolah/madrasah di Kabupaten Gresik dengan menggunakan instrumen M & E yang telah tersedia. Hasil Monitoring atau pendampingan diberikan salinannya dan diarsipkan oleh Widyaiswara/Pelatih
Monitoring atau pendampingan oleh Widyaiswara/Pelatih kepada pengawas sekolah/madrasah yang sedang mendampingi Kepala sekolah/madrasah binaan di Kabupaten Gresik dilakukan oleh:2 (dua) orang Widyaiswara/Pelatih dan 1 (satu) petugas administrasi Monitoring atau pendampingan oleh Widyaiswara/Pelatih ini merupakan kegiatan OJL III tahap I
Menggunakan Instrumen M&E OJL PKB KS/M yang sudah dipersiapkan sebelumnya yang kemudian hasilnya diarsipkan oleh Widyaiswara/PelatihWaktu OJL III tahap 1  di kabupaten Gresik adalah 3 (tiga) hari terhitung mulai tanggal 24 s.d 26 Nopember 2014. Secara rinci diuraikan dalam tabel berikut. 

.No
Kegiatan
Tanggal Pelaksanaan
Ket
1
Widyaiswara /pelatih dan Admin melakukan koordinasi dengan pengawas Dinas Pendidikan /Kemenag Kab/Kota
24 -11- 2014

2
Pendampingan Terhadap PS /M ( 5 Orang ) beserta KS/M binaan ( 18 Orang ) di Wilayah kerja PS/KS
25 -11- 2014
Supak       : 9  KS
Sarpras    :  6 KS
Keuangan:  3 KS
Jumlah     :18 KS
3
Pendampingan Terhadap PS /M ( 5 Orang ) beserta KS/M binaan ( 22 Orang ) di Wilayah kerja PS/KS
26 -11- 2014
PPTK       :  8  KS
PPDB      :   7 KS
RKJM      :   7 KS
Jumlah     :22 KS
Tempat kegiatan OJL III tahap I adalah langsung di sekolah binaan Pengawas Sekolah/Madrasah Kabupaten Gresik, dengan melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan Pengawas Sekolah/Madrasah. Adapun lokasi kegiatan sebagaimana pada tabel di bawah ini.
No.
Hari / Tanggal
Tempat
Keterangan
1
Selasa,
25-11-2014
SDN Bungah Kec.Bungah Kabupaten Gresik
Supak       : 9  KS
Sarpras    :  6 KS
Keuangan:  3 KS
Jumlah     :18 KS
2
Rabu,
12-11-2014
SDN Golokan Kec.Sedayu Kabupaten Gresik
PPTK       :  8  KS
PPDB      :   7 KS
RKJM      :   7 KS
Jumlah     :22 KS

Hasil kegiatan Monitoring/Pendampingan OJL Pendampingan 3 tahap 1 PKB KS/M di kabupaten Gresik adalah :
1.   Mengetahui secara langsung perkembangan pelaksanaan tugas OJL Pengawas Sekolah/ Madrasah dalam melaksanakan pendampingan kepada Kepala Sekolah/Madrasah binaan sesuai RTL yang telah dibuat selama in 1 (dokumen RTL Pengawas dan Foto Kegiatan)
2.    Mengetahui secara langsung kegiatan OJL Kepala Sekolah/Madrasah di sekolah sesuai dengan RTL yang telah dibuat selama in 1 (dokumen RTL KS/M dan Foto Kegiatan)
3.    Pengawas Sekolah Kepala Sekolah/Madrasah telah melaksanakakan OJL BPU Pilihan
4.     Terpenuhinya berbagai tagiahan
·         RTL 5 BPU PILIHAN KS + PS
·         Instrumen monev BPU 5 KS oleh PS
·         Produk/Hasil
·         Penilaian Diri oleh KS sesuai BPU masing-masing KS

Kegiatan Monitoring/Pendampingan OJL Pendampingan 3 tahap 1 PKB KS/M di kabupaten Gresik yang dilakukan Widyaiswara/Pelatih sangat memberikan pencerahan kepada Pengawas Sekolah/Madrsasah bersama Kepala Sekolah/ Madrasah binaan dalam melaksanakan OJL PKB KS/M. Sehingga dapat memberikan alternatif pemecahan terhadap kendala-kendala yang dihadapi. Harapannya peserta mampu menyusun Laporan Kegiatan OJL yang akan dibawa ke kegiatan In 2.














SISTEMATIKA LAPORAN OJL PENGKAJIAN BPU KURIKULUM (PRGRAM ProDEP)


DAFTAR ISI

COVER.................................................................................................................... i
KATA PENGANTAR............................................................................................ ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................... 1
A.    Latar belakang................................................................................................
B.     Tujuan.............................................................................................................
C.     Hasil kegiatan yang diharapkan ....................................................................
BAB II RENCANA KEGIATAN OJL.................................................................. 3
A.    Pengkajian Dokumen KTSP...........................................................................
B.    Merevisi Dokomen KTSP..............................................................................
C.    Pengkajian Dokumen RPP.............................................................................
D.    Merevisi Dokomen RPP.................................................................................
BAB III PELAKSANAAN KEGIATAN OJL...................................................... 6
A.    Kegiatan Pengkajian Dokumen KTSP...........................................................
B.    Kegiatan Merevisi Dokomen KTSP...............................................................
C.    Kegiatan Pengkajian Dokumen RPP..............................................................
D.    Kegiatan Merevisi Dokomen RPP.................................................................
BAB IV KENDALA DAN SOLUSI PEMECAHAN.......................................... 9
A.    Kendala Penyempurnaan Dokumen KTSP....................................................
B.    Kendala Penyempurnaan Dokumen RPP.......................................................
C.    Solusi Pemecahan kegiatan penyempurnaan KTSP.......................................
D.    Solusi Pemecahan kegiatan penyempurnaan RPP................................
BAB V PENUTUP................................................................................................ 12
A.    Simpulan.........................................................................................................
B.    Saran...............................................................................................................
LAMPIRAN.......................................................................................................... 15
1.      Foto Kegiatan.................................................................................................
2.      Hasil pengisian Format-format LK dalam OJL…................................
3.      Dokumen yang menjadi tagihan BPU .................................................

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Pengelolaan kurikulum akan dilakukan melalui serangkaian kegiatan mengkaji komponen dokumen KTSP dan Rencana Pelaksanaan  Pembe-lajaran  (RPP).
Kemampuan pengelolaan  kurikulum  ini pentng  agar  kepala sekolah mampu merencanakan, melaksanakan,  dan mengevaluasi  kurikulum  secara  efektf,  sehingga  dapat  dijadikan panduan bagi  guru dalam menerapkan kurikulum  untuk menciptakan proses pembelajaran yang mendidik, beragam, dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan prestasi peserta didik. Dengan demikian, visi dan misi sekolah/madrasah dapat dipahami serta diwujudkan ke dalam sikap, perilaku, kebiasaan, kinerja, dan profl lulusan  sekolah/madrasah  yang mengacu  pada  tuntutan masyarakat  Indonesia  Baru: Cerdas dan Kompettf.
BPU pengelolaan kurikulum meliput dua topik utama, yaitu: dokumen KTSP dan RPP yang mengacu pada standar yang berlaku. Setiap topik terbagi menjadi sub-sub topik yang masing-masing meliput pengenalan  komponen dokumen, pengkajian dokumen, dan revisi dokumen. Selanjutnya, pencapaian setap subtopik dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang sesuai.
Kegiatan-kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap, meliput : In-service Learning 1  (In-1), On  the  Job  Learning  (On), dan In-service Learning 2 (In-2). Pada tahap  In-1, Kepala sekolah akan melakukan kegiatan berpikir refektf, diskusi, identfkasi, curah pendapat (brainstorming), studi kasus, bermain peran, simulasi, dan lain-lain. Pada tahap On di sekolah/madrasah tempat Kepala Sekolah bertugas, kepala sekolah akan melakukan praktik mengkaji dan merevisi dokumen  KTSP dan  RPP berdasarkan kurikulum yang berlaku. Pada tahap In-2, kepala sekolah memaparkan laporan hasil kajian dan revisi terhadap dokumen KTSP dan RPP selama kegiatan On.
Pada kegiatan ON di SDN ...................... dilakukan dengan berpedoman pada RTL yang telah kami buat pad kegiatan In 1. Kegiatan On dimulai dengan mengumpulkan semua guru kemudian menjelaskan dst...... (dapat dikembangkan lagi oleh kepala sekolah)
B.     Tujuan
Kegiatan pembelajaran mengelola pengembangan kurikulum sesuai dengan arah dan Peraturan Menteri Pendidikan  Nasional  Nomor  13 Tahun 2007; maka kegiatan ini bertujuan untuk meningkakan kemampuan kepala sekolah dalam mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.
C.    Hasil kegiatan yang diharapkan          
Setelah kegiatan on the Job Learning dalam pengelolaan kurikulum diharapkan kepala sekolah memiliki :
1.  Dokumen KTSP;
2.  menyempurnakan dokumen RPP.      
BAB II
RENCANA KEGIATAN OJL

A.    Pengkajian Dokumen KTSP
Dalam rangka mengkaji dan merevisi dokumen KTSP, bersama dengan Kepala Sekolah lain dan didampingi pengawas Pembina sebelumnya  menetapkan kriteria dokumen KTSP yang baik berdasarkan panduan penyusunan KTSP sebagaimana yang tercantum dalam Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014. Untuk menetapkan kriteria tersebut,kita mengggunakan LK7.
Setelah menetapkan kriteria dokumen KTSP yang baik, selanjutnya mengkaji dokumen KTSP bersama pihak-pihak yang terlibat antara lain Kepala sekolah, guru, Komite Sekolah  dst.................. yang selanjutnya disebut dengan Tim pengembang KTSP. Dalam mengkaji dokumen ini Tim Pengembang menggunakan Instrumen Kajian Contoh Dokumen KTSP pada (LK-14 ).
Adapun rencana pelaksanaan pengkajian dokumen KTSP secara rinci seperti pada tabel berikut.
Tabel 1 : Agenda rencana pelaksanaan pengkajian
No
Hari/Tanggal
Uraian Kegiatan
Keterangan












 *  Isi sesuai kegiatan yang sudah dilakukan, usahakan sesuai dengan RTL yang telah dibuat

Berdasar hasil kajian bersama Tim Pengembang KTSP, dibuatlah rekomendasi perbaikan dokumen KTSP yang sesuai dengan kriteria yang baik. Rekomendasi tersebut antara lain :
1           .................
2           .................
3           ...........dst
B.     Merevisi Dokumen KTSP
Berdasarkan rekomendasi perbaikan dokumen KTSP yang sesuai dengan kriteria yang baik. Tim Pengembang KTSP dengan dibina pengawas selama ....kali, melakukan  revisi dokumen KTSP. Pada komponen-komponen KTSP yang direkomendasikan kemudian dilakukan perbaikan. Revisi ini dilakukan dengan menulis ulang dokumen  KTSP hasil revisi. Hal ini disebabkan karena dokumen KTSP yang dibuat belum mengacu pada regulasi baru yaitu Permendikbu Nomor 61 Tahun 2014. Dimana pada tahun Pelajaran 2014/2015 ini SD Negeri ................ masih menggunakan dua kurikulum yaitu ....................... untuk kelas .............. dan ......................... untuk kelas ................
 Dst ......................Dokumen KTSP hasil revisi ini adalah dokumen yang akan menjadi acuan pelaksanaan kurikulum di SD Negeri .................. Kecamatan ..................... Kabupaten JOMBANG
( menguraikan tentang rencana merevisi dokumen KTSP yang meliputi pokok-pokok yang direvisi sesuai hasil kajian, pihak-pihak yang dilibatkan dan agenda rencana pelakssanaan merevisi dokumen KTSP)       
    
C.    Pengkajian Dokumen RPP
( menguraikan tentang rencana pengkajian RPP yang meliputi pokok-pokok yang dikaji, guru-guru yang dilibatkan dan agenda rencana pelakssanaan pengkajian RPP)              

D.    Merevisi Dokomen RPP           
( menguraikan tentang rencana merevisi dokumen RPP yang meliputi pokok-pokok yang direvisi sesuai hasil kajian, guru-guru yang dilibatkan dan agenda rencana pelakssanaan merevisi dokumen KTSP)          

BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN OJL
A.    Kegiatan Pengkajian Dokumen KTSP
( menguraikan tentang pelaksanaan pengkajian KTSP yang meliputi langkah-langkah pengkajian mulai dari persiapan, pelaksanaan sesuai rencana yang dibuat)

B.     Kegiatan Merevisi Dokomen KTSP
( menguraikan tentang pelaksanaan merevisi KTSP yang meliputi langkah-langkah merevisi mulai dari persiapan, pelaksanaan sesuai rencana yang dibuat)
                
C.    Kegiatan Pengkajian Dokumen RPP
( menguraikan tentang pelaksanaan pengkajian RPP yang meliputi langkah-langkah pengkajian mulai dari persiapan, pelaksanaan sesuai rencana yang dibuat)

D.    Kegiatan Merevisi Dokomen RPP
(menguraikan tentang pelaksanaan merevisi KTSP yang meliputi langkah-langkah merevisi mulai dari persiapan, pelaksanaan sesuai rencana yang dibuat)
                

BAB IV
KENDALA DAN SOLUSI PEMECAHAN

A.    Kendala Penyempurnaan Dokumen KTSP
(menjelaskan kendala-kendala yang dihadapi dalam proses penyempurnaan dokumen KTSP dari sisi personal, waktu, dan sarana prasarana)
                
B.     Kendala Penyempurnaan Dokumen RPP
(menjelaskan kendala-kendala yang dihadapi dalam proses penyempurnaan dokumen RPP dari sisi personal, waktu, dan sarana prasarana)
                
C.    Solusi Pemecahan kegiatan penyempurnaan KTSP
(menjelaskan solusi pemecahannya untuk mengatasi kendala dalam penyempurnaan dokumen KTSP)           
    
D.    Solusi Pemecahan kegiatan penyempurnaan RPP
(menjelaskan solusi pemecahannya untuk mengatasi kendala dalam penyempurnaan dokumen RPP)  

BAB V
PENUTUP
A.    Simpulan
(menyimpulkan tentang proses kegiatan OJl  ini merupakan aktivitas yang mampu membentuk kompetensi KS dalam pengelolaan Kurikulum)   

B.     Saran
(menyampaikan saran-saran pemanfaatan pengalaman penyempurnaan pengelolaan kurikulum bagi lembaga dan lembaga lain, termasuk strategi diseminasinya ke lembaga lain)            

LAMPIRAN             
1.      Foto Kegiatan                 
2.      Hasil pengisian Format-format LK yang dikerjakan selama OJL                       
3.      Dokumen yang menjadi tagihan
a.       Dokumen KTSP (dijilid tersendiri)
b.      Dokumen hasil revisi RPP

FOTO GEDUNG SDN KADUNGREJO I KECAMATAN BAURENO

FOTO GEDUNG SDN KADUNGREJO I KECAMATAN BAURENO