SISTEMATIKA LAPORAN BPU PPTK OJL PKB KS/M ProDEP Tahun 2014



LAPORAN OJL PENGELOLAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

COVER.................................................................................................................... i
KATA PENGANTAR............................................................................................ ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................... 1
A.    Latar belakang................................................................................................
B.     Tujuan............................................................................................................
C.     Hasil kegiatan yang diharapkan ....................................................................
BAB II RENCANA KEGIATAN OJL.................................................................. 3
A.    Pengelolaan  Pendidik dan Tenaga Kependidikan........................................
B.     Pemberdayaan  Pendidik dan Tenaga Kependidikan....................................
  BAB III PELAKSANAAN KEGIATAN OJL.................................................... 6
A.    Pengelolaan  Pendidik dan Tenaga Kependidikan........................................
B.     Pemberdayaan  Pendidik dan Tenaga Kependidikan....................................
BAB IV KENDALA DAN SOLUSI PEMECAHAN.......................................... 9
A.    Kendala Pengelolaan PTK dan Solusi Pemecahan........................................
B.     Kendala pemberdayaan PTK dan Solusi Pemecahan....................................
BAB V PENUTUP................................................................................................ 12
A.    Simpulan........................................................................................................
B.     Saran..............................................................................................................
LAMPIRAN.......................................................................................................... 15
1.      Foto Kegiatan................................................................................................
2.      Hasil pengisian Format-format LK dalam OJL…................................
Dokumen yang menjadi tagihan BPU            



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
 Keterampilan kepala sekolah/madrasah dalam mengelola dan memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah berdampak pada kualitas kinerja sekolah/madrasah. Kepemimpinan kepala sekolah/ madrasah dalam mendorong peningkatan kemampuan profesi pendidik dan tenaga kependidikan, membangun kolaborasi dan kerjasama antarstaf, mengkaji dan mengevaluasi kinerja staf merupakan contoh-contoh pemberdayaan pendidik  dan  tenaga  kependidikan.  Upaya memberdayakan  pendidik  sangat  penting dilakukan sebagai salah satu upaya mendukung layanan prima pendidik dan tenaga kependidikan kepada semua peserta didik agar mampu meningkatkan prestasi belajar mereka masing-masing secara signifkan.
Pada kegiatan OJL ini, Kepala sekolah akan mengkaji program Pengelolaan Pendidik  dan  Tenaga  Kependidikan  (PPTK),  memahami  permasalahan-permasalahan tentang pendidik dan tenaga kependidikan, merevisi program PPTK, memetakan kualitas dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, serta melakukan reposisi personalia dan revisi struktur organisasi sekolah/madrasah sesuai, situasi, kondisi, dan kebutuhan sekolah/madrasah dengan mempertmbangkan aspek sosial inklusi, dengan tdak bersikap diskriminatf  terhadap perbedaan  individu. Kegiatan OJL ini, diharapkan Kepala sekolah dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam mengelola pendidik dan tenaga kependidikan, memudahkan mengerjakan  tugas-tugas  sekolah/madrasah,  dan  mengem-bangkan  ide-ide  inovatif  kepada teman sejawat khususnya tentang pengelolaan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan. PPTK pentng dilakukan sebagai salah satu upaya mendukung  layanan pembelajaran yang bermutu dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bagi tap peserta didik.
(dapat dikembangkan lagi oleh kepala sekolah)

B.     Tujuan
     Setelah  kegiatan OJL  ini,  diharapkan  kepala sekolah/madrasah mampu:
1. Merencanakan program pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan.
2. Memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optmal.

C.     Hasil kegiatan yang diharapkan  
     Setelah  kegiatan OJL  ini,  diharapkan  kepala sekolah/madrasah memiliki:
1. Program perencanaan pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan.
2. Program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optmal.



BAB II
RENCANA KEGIATAN OJL
A.    Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan          
1.      Analisis Kebutuhan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
2.      Melakukan Perekrutan dan Seleksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
3.      Memetakan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
4.      Melakukan Penempatan dan Pembagian Tugas Pendidik dan Tenaga Kependidikan
5.      Melakukan Evaluasi Penilaian Kinerja
6.      Melakukan Penilaian Diri pada Pemberian Kompensasi
7.      Menyusun Program Pengembangan Karir
8.      Menyusun Program Pelatihan
9.      Mengkaji Ulang Program PPTK
10.  Menyempurnakan Program PPTK
    
B.     Pemberdayaan  Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1.      Mengidentfkasi Diskripsi Tugas Pendidik dan  Tenaga Kependidikan
2.      Mengkaji Struktur Organisasi
3.      Menyusun Struktur Organisasi


BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN OJL
A.    Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan          
1.      Analisis Kebutuhan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
2.      Melakukan Perekrutan dan Seleksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
3.      Memetakan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
4.      Melakukan Penempatan dan Pembagian Tugas Pendidik dan Tenaga Kependidikan
5.      Melakukan Evaluasi Penilaian Kinerja
6.      Melakukan Penilaian Diri pada Pemberian Kompensasi
7.      Menyusun Program Pengembangan Karir
8.      Menyusun Program Pelatihan
9.      Mengkaji Ulang Program PPTK
10.  Menyempurnakan Program PPTK
    
B.     Pemberdayaan  Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1.      Mengidentfkasi Diskripsi Tugas Pendidik dan  Tenaga Kependidikan
2.      Mengkaji Struktur Organisasi
3.      Menyusun Struktur Organisasi



BAB IV
KENDALA DAN SOLUSI PEMECAHAN
A.    Kendala Pengelolaan PTK dan Solusi Pemecahan
  B. Kendala pemberdayaan PTK dan Solusi Pemecahan

0 comments:

Posting Komentar