Progran Kegiatan MOS SD/MI

COP SEKOLAH

PROGRAM KEGIATAN MOS
SDN ........................... KECAMATAN ...........................
TAHUN PELAJARAN 20..... /20......

A.    LATAR BELAKANG

Pendidikan adalah proses yang berlangsung seumur hidup di lingkungan pendidikan formal (sekolah) dikenal adanya jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan dan Perguruan Tinggi.

Memasuki awal sekolah, merupakan bagian dari hari efektif yang perlu diarahkan dan diisi dengan kegiatan yang bermanfaat, namun penuh nuansa gembira dan menyenangkan, serta bernilai positif bagi segenap warga sekolah. Kegiatan hari pertama masuk sekolah ini diberi nama Masa Orientasi Siswa (MOS) yang berlangsung selama tiga hari. Masa orientasi siswa ini diadakan sebagai upaya untuk menjembatani siswa baru mengenai hal-hal baru, baik yang berupa lingkungan fisik, lingkungan sosial, maupun isi cara belajar yang berbeda dengan lingkungan pada jenjang pendidikan sebelumnya.

Tema kegiatan MOS pada tahun ini adalah SEKOLAH RAMAH LINGKUNGAN (ECO FRIENDLY SCHOOL), dimana kami ingin lingkungan sekolah dipenuhi oleh berbagai macam tumbuhan hidup yang serba hijau dan enak dipandang mata. Lingkungan yang bersih dan alami. Suasana manusia yang penuh dengan kerahamah-tamahan terhadap lingkungannya. Aman dan nyaman. Segar dan alami, sehingga setiap jiwa yang berada di sekolah itu merasa enjoy menikmati suasana itu. Ketika sebuah sekolah terasa aman dan nyaman, maka akan diperoleh suasana pembelajaran yang menyenangkan. Ketika suasana telah menyenangkan, maka segudang prestasi akan muncul. Prestasi akan mencuat ke permukaan ketika para siswa telah mengenal budaya sekolahnya. Oleh karena itu para guru dan stage holder yang ada di dalam sekolah jangan lupa untuk mengenalkan budaya sekolah yang unik, dan hampir setiap sekolah tidak sama. Marilah kita mengenalkannya melalui MOS yang rutin tiap tahun kita laksanakan.
B.  LANDASAN
1.  Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.  Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang pendanaan Pendidikan.
3.  Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
4.  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan;
5.  Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Nomor : 420/2217/103.02/202..  tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2014/2015.
C.  TUJUAN
Tujuan Masa Orinetasi Siswa (MOS) adalah mendorong para siswa bersikap antara lain:
1.   Mengenal lingkungan sekolah
2.   Memahami arti penting kejujuran, diiplin dan ketertiban
3.   Memahami cara belajar efektif dan menyenangkan
4.   Melaksanakan tata krama dan membangun kerjasama
5.   Membiasakan berkompetisi serta menghindari kecurangan
6.   Membangkitkan pemahaman bela Negara dan wawasan kebangsaan
D.  SASARAN

Sasaran Masa Orientasi Siswa adalah siswa kelas I baru dengan jumlah : ... Siswa.


PROGRAM KEGIATAN

A.  MATERI KEGIATAN
Untuk mencapai tujuan tersebut, kepada siswa disajikan materi kegiatan yang terdiri dari :
1.   Upacara
2.   Peraturan Baris Berbaris (PBB)
3.   Tata tertib sekolah
4.   Tata krama
5.   Perkenalan sesama teman, kakak kelas, guru dan karyawan
6.   Kejujuran, disiplin dan ketertiban
7.  Berbagai Permainan Dinamika Kelompok
B.  BENTUK KEGIATAN

Kegiatan dikemas menyenangkan, ceria, khidmat dan menghindari unsur kekerasan.

C.  WAKTU PELAKSANAAN

Pelaksanaan MOS selama 3 (tiga) hari pertama dimulai hari Senin tanggal ... Juli 20... sampai dengan hari Rabu tanggal ... Juli 20....

D.  TEMPAT PELAKSANAAN

Tempat pelaksanaan MOS adalah lingkungan sekolah SD Negeri ...... yaitu ruang kelas I yang dibimbing oleh fasilitator guru.

E.   PELAKSANA / PENYELENGGARA

Penyelenggara MOS siswa baru SD Negeri ...... dipimpin oleh Kepala Sekolah selaku penanggung jawab dengan melibatkan guru.  MOS dilaksanakan pada hari Senin tanggal .. Juli 20... mulai pukul 07.00 WIB.

F.   PENILAIAN
Aspek yang dinilai :
a.    Penguasaan materi kegiatan yang diberikan selama masa orientasi.
b.   Sikap dan perilaku siswa
c.   Peran serta siswa dalam kegiatan orientasi meliputi : kerajinan siswa dalam mengikuti kegiatan dan keaktifan siswa dalam kegiatan.
G.  PRINSIP PENYELENGGARA

Pelaksanaan MOS berdasar pada prinsip mudah, murah, menyenangkan, masal, meriah dan menarik serta disesuaikan dengan kondisi sekolah.

STRUKTUR ORGANISASI PENYELENGGARA MASA ORIENTASI SISWA

Mengingat jumlah siswa yang mengikuti Masa Orientasi Siswa kelas I cukup banyak, maka perlu diatur organisasi penyelenggara MOS, sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan tertib, teratur dan terarah.

Adapun susunan penyelenggara MOS sebagai berikut :
1.     Kepala Sekolah           : Penanggung jawab kegiatan MOS
2.     Guru/fasilitator           : Pelaksana teknis kegiatan MOS
4.     Komite Sekolah          : Membantu penyelenggara MOS

Adapun masing-masing pelaksana Masa Orientasi Siswa dapat melaksanakan tugas dengan baik, mudah dan terarah maka perlu dibentuk susunan panitia. Tim penyaji materi dan jadual pelaksanaan MOS siswa baru SD Negeri Kadungrejo I Tahun Pelajaran 20.../20...

POLA PELAKSANAAN MASA ORIENTASI SISWA BARU

Pola penyelenggaraan Masa Orientasi Siswa Baru SD Negeri ... merupakan pola terpadu, maksudnya bahwa orientasi ini sekaligus dikaitkan dengan kegiatan siswa sehari-hari. Siswa menyadari kedudukannya sebagai salah satu unsur yang terkait dengan unsur-unsur lain dalam melaksanakan berbagai kegiatan siswa dan tahu bagaimana cara bersikap dan bertingkah laku dalam berbagai segi kehidupan. Untuk mencapai maksud tersebut maka komponen yang terlibat dalam kegiatan perlu disiapkan langkah-langkah sebagai berikut :

1.    Persiapan materi secara matang oleh guru penyaji sehingga dapat mengaktualisasikan berbagai hal baru yang timbul maupun yang sedang dihadapi siswa.
2.   Guru penyaji materi adalah guru pembimbing bagi siswa baik di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah, sehingga terjadi interaksi timbal balik positif dengan nuansa gembira dan menyenangkan bagi segenap warga sekolah.

0 comments:

Posting Komentar